Tak Berkategori

4 Trip Unik di TAMAN INDONESIA KAYA Januari 2024

Taman Kaya Indonesia

  • Biaya masuk: Bebas
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Jl. Menteri Supeno No.11 A, Mugassari, Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50249

Taman Kaya Indonesia Yang ada di Semarang seolah menjadi pelengkap wisata murah di pusat kota. Objek wisata ini merupakan ruang terbuka untuk rekreasi. Isi waktu luang Anda dengan bersantai dan menikmati pemandangan kota. Bahkan, sesekali ada hiburan di panggung terbuka, yang sangat bagus di taman ini.

Selain itu, wisatawan juga bisa mencari kuliner di sekitar kawasan wisata. Berbagai jajanan kaki lima mulai dari jajanan berat hingga jajanan ringan tersedia. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Yang terpenting, toiletnya bersih dan memiliki bangunan bawah tanah yang unik.

Biaya masuk Taman Indonesia Kaya

Untuk menikmati objek wisata ini, wisatawan tidak dipungut biaya apapun. Jadi bisa dibilang tempat wisata ini sangat murah.

Baca: Tempat Wisata di Semarang: 39 Rekomendasi Lengkap

Jam buka Taman Kaya Indonesia

Wisatawan bisa mengunjungi objek wisata ini kapan saja. Namun acara hiburan biasanya hanya berlangsung hingga sekitar jam 10 malam. Jika tidak, wisatawan masih bisa menikmati tempat ini namun sepi di malam hari.

Nikmati keindahan dan kehijauan Taman Kaya Indonesia

Taman Indonesia Kaya resmi dibuka pada 10 Oktober 2018. Bekerjasama antara Pemerintah Kota Semarang dan Yayasan Bakti Budaya Djarum. Pendirian taman ini tentunya menjadi ruang rekreasi bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Selain itu, ini adalah tempat para seniman menunjukkan kreativitasnya.

Begitu memasuki area taman Anda akan disambut panggung hiburan yang megah dan taman yang asri. Area taman dengan tanaman dan berbagai ornamen memenuhi seluruh area. Berkelok-kelok, mengikuti naik turunnya kontur tanah. Indah dipisahkan oleh jalan setapak berwarna putih.

Tempat ini dulunya disebut “Taman Menteri Supeno” atau lebih dikenal dengan nama “Taman Menteri Supeno”. Taman KB. Saat masih menjadi taman KB, tidak banyak orang atau wisatawan yang datang ke sana kecuali untuk acara-acara tertentu. Namun kini, setelah bertransformasi menjadi Taman Indonesia Kaya, pengunjung yang datang semakin banyak. Bahkan sering menjadi tempat berkumpulnya anak muda Semarang siang dan malam.

Baca: Wisata Murah Era Kolonial Kota Tua Semarang

Panggung hiburan terbuka pertama di Jawa Tengah

Panggung hiburan taman Indonesia yang kaya di malam hariPanggung hiburan taman Indonesia yang kaya di malam hariPanggung hiburan di malam hari. Foto: Gmap/Noveri Tahalea

Keistimewaan Taman Indonesia Kaya adalah adanya panggung hiburan terbuka. Mengusung konsep panggung terbuka dan merupakan yang pertama di Jawa Tengah. Bentuknya semegah panggung konser mahal, meski wisatawan bisa menikmatinya di sini secara gratis. Jangan lupa di depan panggung terdapat plang bertuliskan “Taman Indonesia Kaya”.

Atapnya melengkung, rangkanya masih terlihat. Pada malam hari atapnya menyala dengan lampu yang membuat panggung semakin semarak. Jangan lupa tulisan di bagian depan juga menyala. Menjadikan penampilan panggung semakin semarak.

Biasanya ada pertunjukan pada Minggu malam atau hari-hari tertentu. Mulai dari menyanyi solo, band, tari, paduan suara, orkestra, teater dan pertunjukan seni lainnya. Di depan panggung terdapat halaman dalam yang luas sebagai arena pengunjung yang ingin menonton. Terkadang tersedia kursi agar penonton dapat menikmati pertunjukan dengan lebih nyaman.

Baca: DUSUN SEMILIR Semarang: Tiket dan 5 Wahana Seru

Lukisan dinding di pintu masuk

Mural wisata kota semarang di pintu masukMural wisata kota semarang di pintu masukMural wisata kota semarang di pintu masuk. Foto: Gmap/Arya si Bajak Laut Sneakerhead

Sebelum memasuki kawasan taman, wisatawan melewati pintu masuk yang unik. Keunikan gapura ini terletak pada keindahan mural hasil kreativitas anak muda. Mural di gerbang tersebut menggambarkan tempat wisata di Semarang. Ada Masjid Agung Jawa Tengah, Gereja Blenduk, Gua Kreo, kawasan Kota Lama dan masih banyak lagi.

Wisatawan bisa berhenti sejenak dan mengambil foto di gerbang tembok ini. Baik siang maupun malam, tempat ini selalu menarik. Pada siang hari gambar pasti akan terlihat jelas, begitu pula warna-warna pada mural.

Pada malam hari pun tak kalah uniknya karena area sekitar mural ini dihiasi dengan lampu-lampu yang sangat terang. Wisatawan bisa mengambil foto indah mural ini bahkan di malam hari.

Baca: Tiket SALOKA PARK Semarang dan 7 Wahana Seru

Air mancur menari berwarna-warni

Air mancur menari di depan panggung Taman Indonesia KayaAir mancur menari di depan panggung Taman Indonesia KayaAir mancur menari di depan panggung. Foto: Gmap/Noveri Tahalea

Terdapat air mancur berwarna-warni tepat di depan panggung. Air mancur ini pun seakan menari mengikuti alunan musik. Warna air ini berubah-ubah tergantung pergerakan air. Warna hijau, merah, kuning dan ungu silih berganti mencerahkan suasana.

Air mancur menari berwarna-warni ini dapat dilihat saat kunjungan malam hari. Selain itu, kawasan ini menjadi semakin ramai dengan lampu-lampu yang digantung sepanjang waktu. Rasanya seperti pesta kebun ketika Anda berada di sini pada malam hari. Mengambil foto pun tidak menjadi masalah karena lampu warna-warni juga menerangi suasana.

Lampu-lampu ini membentuk ornamen unik yang menghiasi taman. Bahkan ada patung yang terbuat dari lampu. Sungguh unik dan tentunya sangat menarik untuk diabadikan.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI: Tiket dan Berbagai Kegiatan

Pengenalan budaya melalui patung wayang

Patung Pandawa Wayang di tamanPatung Pandawa Wayang di tamanPatung Pandawa Wayang di taman. Foto: Gmap/Wargama Sastra

Karena taman ini mengusung tema budaya, tentunya tidak lepas dari unsur pengenalan budaya Indonesia. Salah satunya adalah keberadaan patung wayang yang berada di tengah taman. Patung boneka ini adalah patung Pandawa lima. Diantaranya adalah Puntadewa, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa.

Patung ini terbuat dari besi sehingga konstruksinya stabil dan dapat berbentuk ramping seperti wayang kulit. Area tersebut diterangi lampu sehingga bersinar di malam hari.

Baca: Tiket PRPP Semarang dan Berbagai Paviliun Uniknya

Fasilitas di Taman Indonesia Kaya Semarang

Di sini, wisatawan akan menemukan beragam kuliner di sekitar taman yang tertata rapi dan menawarkan banyak pilihan. Wisatawan juga diperbolehkan menikmati makanan di area taman asalkan kebersihannya tetap terjaga. Terdapat juga ruang ganti dan persiapan bagi para artis sebelum tampil di atas panggung. Dan toiletnya sangat bersih berkat bangunan bawah tanah modern.

Lokasi Taman Indonesia Kaya Semarang

Taman kota cantik ini terletak di pusat kota, tepatnya di Jalan Menteri Supeno No. 11 A, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang. Jarak ke tempat wisata andalan semarang lainnya seperti Lawang Sewu tidaklah jauh.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button