Berita Wisata

5 Desa Wisata di Bondowoso dengan Potensi Kearifan Lokal

Setiap daerah pasti memiliki potensi kearifan lokal yang dapat menarik kunjungan wisatawan, salah satunya Kabupaten Bondowoso.

Dengan mengunjungi desa wisata di Bondowoso, Anda akan belajar banyak tentang pertanian organik, menikmati pertunjukan seni, kuliner lokal dan wisata alam yang dimiliki desa tersebut.

Berikut 5 desa wisata di Bondowoso dengan potensi kearifan lokal yang perlu Anda ketahui.

1. Desa Wisata Lombok Kulon

5 Desa Wisata di Bondowoso dengan Potensi Kearifan LokalWisata beras organik di Bondowoso/Instagram.com @wisataorganiklombokkulon

Desa wisata Lombok Kulon merupakan salah satu penghasil beras organik yang tersertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman (Lessos). Anda akan belajar bagaimana, pada awalnya, para petani mulai kembali menggunakan pupuk organik.

Desa Lombok Kulon terletak di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso, sekitar 13 kilometer dari pusat kota. Selain menikmati pola makan sehat sambil belajar pertanian, Anda juga bisa melakukan arung jeram di sini, karena kawasan ini masih terjaga sumber mata airnya.

Tak hanya beras organik, tapi juga puluhan ikan Gurami, ikan Nila dan ikan Patin. Kolam ikan air tawar ini juga dibudidayakan dengan sistem organik.

Tidak hanya nasi, Anda juga bisa belajar cara menanam sayuran organik. Bahkan ada perjalanan terorganisir yang menawarkan panen sayuran organik.

Desa Wisata Lombok Kulon melayani wisatawan pada hari Senin hingga Jumat mulai pukul 07:00 hingga 16:00 WIB

Sabtu – Minggu 07.00 – 17.00 WIB

Baca Juga : 6 Oleh-Oleh Makanan Khas Bondowoso Paling Banyak Diincar Wisatawan

2. Desa Wisata Rengganis

5 Desa Wisata di Bondowoso dengan Potensi Kearifan LokalSuasana pedesaan di wisata Rengganis/Instagram.com @dewirengganis.bondowoso

Desa Wisata Rengganis, tak kalah menarik. Desa ini memiliki potensi pemandian mata air alami yang memiliki nilai kearifan lokal. Dipercaya bahwa musim semi ini membuat orang awet muda dan sehat.

Berbeda dengan namanya, wisata ini berlokasi di Desa Glingseran di Kecamatan Wringin, sekitar 19 kilometer dari pusat kota. Selain itu, sumber mata air desa ini erat kaitannya dengan kisah keturunan Dewi Rengganis. Cerita rakyat ini juga diekspresikan dalam bentuk seni pertunjukan.

Selain kolam pemandian, desa wisata Rengganis juga menawarkan tempat pemandian.

Jam buka – tutup: 06h00 – 17h30 WIB

Harga Tiket: Rp 2.000

3. Desa Wisata Alas Sumur

5 Desa Wisata di Bondowoso dengan Potensi Kearifan LokalDesa Wisata Alas Sumur/Instagram.com @leylanana

Sayangnya, desa wisata Sumur menawarkan berbagai potensi wisata keindahan alam seperti flying fox, wahana bebek air dan berbagai permainan anak.

Bagi yang ingin menginap di desa asri ini, warga setempat juga menawarkan homestay.

Sayangnya, desa wisata Sumur sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Wisata ini berlokasi di
Desa Alas Sumur, Kecamatan Pujer, berjarak sekitar 14 kilometer dari pusat kota.

Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 17:00 WIB.

Tiket masuk dikenai biaya Rp 5.000 per orang.

Parkir kendaraan roda dua Rp 2.000 dan parkir kendaraan roda empat Rp 4.000.

4. Padepokan Seni Gema Buana

5 Desa Wisata di Bondowoso dengan Potensi Kearifan LokalSeni Pertunjukan di Bondowoso/Bondowosotourism.com

Kali ini, bagi Anda yang ingin merasakan seni pertunjukan lokal Bondowoso, Anda bisa mengunjungi Padepokan Seni Gema Buana. Padepokan ini terletak di Desa Prajekan Kidul, Kecamatan Prajekan, sekitar 30 kilometer dari pusat kota.

Padepokan aktif menggelar berbagai atraksi seni di Bondowoso, seperti Singo Ulung, Topeng Konah, dan Pojian. Wisatawan dapat memesan pertunjukan seni sebelum pergi ke sana.

Desa wisata ini melayani wisatawan setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 21:00 WIB.

5 Desa Wisata Tirta Agung

5 Desa Wisata di Bondowoso dengan Potensi Kearifan LokalWisata Tirta Agung/Instagram.com @Sandra.ardhiansyah

Desa wisata Tirta Agung merupakan tempat yang lengkap jika ingin menikmati suasana desa, pertunjukan seni dan berbagai oleh-oleh Bondowoso.

Wisata ini berlokasi di Desa Sukosari Kidul, Kecamatan Sumberwringin.

Berbagai suvenir diproduksi di sana, seperti permen susu rosella, pisau buatan tangan, minuman rosella dan terong, batik, dan lumpur.

Berbagai potensi lokal yang dikelola oleh pemerintah desa dan warga setempat bahkan berhasil meraih juara 2 Desa Wisata Pelopor dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022.

Hal yang menarik dari desa cantik ini adalah dulunya merupakan pusat pembuangan sampah.

Nah itulah 5 wisata desa di bondowoso yang wajib anda kunjungi. Bondowoso memang surganya wisata alam, namun kurang lengkap jika tidak memahami potensi kearifan lokalnya.

Baca Juga : 7 Wisata Gunung dan Bukit di Bondowoso

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button