Berita Wisata

5 Destinasi Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi Saat Imlek

Ritual barongsai menyucikan kampung di Kampung Pecinan perintis desa wisata Kapasan Dalam, Surabaya.

Kita sudah tahu bahwa tanggal 22 Januari 2023 besok adalah Tahun Baru Imlek sekaligus akhir pekan yang panjang? Jadi, meski akhir pekan panjang, sayang sekali menghabiskannya di rumah.

Apalagi setiap tahun baru Imlek, sejumlah destinasi wisata selalu merayakannya dengan meriah. Nah, jika Anda tinggal di Surabaya dan sekitarnya, berikut 5 destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat liburan Imlek.



1.Kya Kya

Setelah bertahun-tahun tidak aktif, pada September 2022 Pemerintah Kota Surabaya meresmikan Wisata Pecinan Kya-Kya di Jalan Kembang Jepun Surabaya. Kawasan ini juga harus menjadi ikon baru Kota Pahlawan.

Di kawasan ini, pengunjung bisa naik becak untuk berjalan-jalan di Chinatown kuno, mengamati pagoda dan tempat ibadah. Anda juga bisa menikmati berbagai makanan khas Chinatown saat berkunjung ke kawasan ini.

2. Desa Tambak Bayan

Tidak hanya di Jalan Kembang Jepun, Kampung Tambak Bayan juga bisa Anda kunjungi. Distrik Pecinan sebagian besar dihuni oleh etnis Tionghoa. Kampung yang terletak di desa Contong Alun-alun, Bubutan ini merupakan salah satu kampung kuno di Surabaya.

Dengan mengunjungi kabupaten ini, Anda akan disuguhi arsitektur kuno yang masih kental. Ornamen khas Tionghoa seperti lukisan dan lampion menghiasi sejumlah spot di Kampung Tambak Bayan.

3. Pagoda Tian Ti

Destinasi wisata lain yang wajib dikunjungi saat Imlek adalah Pagoda Tian Ti. Berada di kawasan wisata Taman Kenjeran, Anda akan merasakan suasana Negeri Tirai Bambu saat berkunjung ke tempat ini.

Meski menyandang nama yang mirip dengan bangunan aslinya di China, bangunan tersebut memiliki bentuk Sky Dome Ini tidak digunakan sebagai tempat ibadah. Dengan demikian, wisatawan bisa masuk dan keluar gedung ini dengan bebas. Selain itu, ada banyak spot foto instagramable yang bisa kamu gunakan untuk selfie.

4. Pura Sanggar Agung

Berbeda dengan Klenteng Tian Ti, Pagoda Sanggar Agung merupakan tempat ibadah yang masih digunakan sampai sekarang. Jadi kalau liburan Imlek kalian datang ke sana, bersamaan dengan orang-orang sembahyang.

Tempat wisata yang berada di kawasan wisata Taman Kenjeran Surabaya ini terkenal dengan patung Dewi Kuan Im yang dijaga oleh sepasang naga langit. Patung ini tingginya 20 meter, yang membuat pagoda ini semakin megah.

5. Tur Pecinan Deep Peel (Desa Kungfu)

Berlokasi di Kapasan Dalam, Desa Kapasan, Kecamatan Simokerto, Kampung Pecinan Kupasan Dalam awalnya merupakan kampung Kung Fu. Saat berkunjung ke desa ini, Anda akan disuguhi pemandangan yang sarat akan budaya Tionghoa.

Selain menikmati arsitektur bangunan bersejarah, Anda juga bisa sekaligus berwisata kuliner China di desa belakang Kelenteng Boen Bio Kapasan. Menurut situs Kemenparekraf, di desa percontohan ini juga terdapat berbagai atraksi wisata seperti ritual sedekah bumi, ritual barongsai untuk menyucikan desa, dan pertunjukan musik tradisional Tionghoa.

Destinasi apa yang akan kamu kunjungi?

Foto: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button