Berita Wisata

5 Destinasi Wisata Terpopuler di Gorontalo 2022, Bikin Liburanmu Makin Seru!

Pulo Cinta (@skyjourneys)

SIGIJATENG.ID – Gorontalo merupakan salah satu kota yang terletak di semenanjung utara pulau Sulawesi yang menawarkan berbagai destinasi wisata.

Kota yang berjuluk Serambi Madinah ini menawarkan beragam destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi selama liburan.

Penasaran dengan wisata di Gorontalo? SIGIJATENG berikut rangkuman 5 destinasi wisata di Gorontalo yang populer saat ini, cocok untuk tempat liburan Anda.

Pulo Cinta Gorontalo

Tempat wisata rekomendasi pertama yang wajib kamu kunjungi di Gorontalo adalah Pulo Cinta. Seperti namanya, tempat ini memiliki pemandangan yang romantis dan dilatarbelakangi oleh pasir putih serta kondisi alam yang menakjubkan. Tempat ini juga berkembang menjadi tempat wisata yang indah dan menarik.

Di tempat ini terdapat stasiun yang bisa Anda gunakan untuk menginap dan menikmati tempat ini lebih jauh lagi. Selain keindahan pemandangan alamnya, Anda akan dapat menikmati beberapa penawaran kuliner yang ditawarkan di tempat ini. Bayangkan ketika Anda bangun di pagi hari melihat langsung ke pantai yang indah.

Wisata Hiu Paus Botubarani Gorontalo

Wisata Hiu Paus Botubarani Gorontalo (@ayu_anissa)

Salah satu objek wisata terbaru Gorontalo berjarak sekitar 40 menit dari pusat kota. Objek wisata yang jarang ditemui di tempat lain adalah menyaksikan hiu paus dari dekat, bahkan Anda bisa memberi mereka makan secara langsung.

Anda bisa menemukannya di Desa Botubarani yang terletak di Kabupaten Bone Bolango. Cari saja postingan yang bertuliskan Obyek Wisata Hiu Paus yang digunakan sebagai penanda untuk memasuki kawasan tersebut. Objek wisata ini menampilkan sekitar 14 hiu paus. Anda bisa snorkeling dan menyelam untuk melihat hiu paus. Namun jika tidak ingin basah-basahan, Anda juga bisa sekedar berfoto sambil memberi makan dengan menaiki perahu kayu yang tersedia.

Cukup merogoh kocek sebesar Rp 25.000 untuk membayar tiket masuk, namun jika ingin snorkeling atau menyelam harus mengeluarkan biaya ekstra untuk perlengkapannya, sekitar Rp 250.000 untuk perlengkapan selam dan Rp 450.000 untuk perlengkapan menyelam.

Namun perlu diingat bahwa Anda harus mengikuti berbagai aturan dan larangan seperti tidak menyentuh ekor yang berbahaya dan tidak menggunakan flash atau flash saat mengambil foto.

Air Terjun Tenilo.

Air terjun ini terletak di kecamatan Tilamuta, tepatnya di desa Tenilo, Kabupaten Boalemo. Jaraknya sekitar 200 meter dari pemukiman penduduk. Keadaan pariwisata cukup mengkhawatirkan, hal ini disebabkan perluasan areal perkebunan. Dampak dari kegiatan penanaman ini menyebabkan cadangan air berkurang, sehingga debit air terjun menjadi rendah.

Meski ekosistemnya mulai memburuk, keindahan air terjunnya tidak berubah. Anda akan menemukan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Pemandangan di sekitarnya sangat asri didukung oleh udara yang segar, serta suasana alam yang nyaman untuk bersantai. Di sekitar bebatuan, terdapat bebatuan yang bertumpuk membuat air terjun ini terlihat gagah.

Ada kolam retensi tepat di bawah air terjun, jadi Anda bisa bebas bermain air di sini. Debit airnya cenderung rendah, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat berenang di kolam tersebut. Anda dapat menggunakan beberapa tempat pengamatan di sekitar air terjun untuk istirahat sejenak. Perpaduan rimbunnya pepohonan dan bebatuan loncatan akan menjadi backdrop foto yang instagramable.

Pulau Saronde

Pulau Saronde (@like_gorontalo)

Pulau Saronde yang merupakan pulau cantik yang memiliki pasir putih yang indah di setiap sisinya. Selain keindahan daratan yang dimiliki pulau ini, Anda juga bisa menikmati keindahan dasar lautnya.

Hamparan karang yang selalu terawat dan indah membuat mata Anda akan dimanjakan oleh ikan-ikan kecil yang bermain di antara karang. Tidak lengkap rasanya menikmati keindahan tempat-tempat tersebut tanpa ditemani oleh jajanan. Jangan khawatir, di tempat ini sudah ada beberapa warung yang khusus menyajikan hidangan spesial untuk Anda.

Benteng Otanaha

Benteng Otonaha (@affandirh_photo)

Salah satu peninggalan sejarah yang menjadi saksi bisu sejarah di Indonesia saat itu adalah Benteng Otanaha. Ini adalah benteng pertahanan yang sengaja dirancang untuk dapat melihat sekeliling hingga semua titik mata angin. Benteng ini didesain tinggi untuk bisa bertahan dari serangan musuh saat itu.

Maka sekarang, ketika Indonesia sudah merdeka beberapa tahun, benteng tersebut telah menjadi tempat wisata. Benteng ini menawarkan pemandangan lingkungan yang indah. Lokasinya yang asri dan menawan pasti membuat Anda betah untuk menenangkan pikiran di tempat ini.

Demikian informasi tempat wisata populer di gorontalo yang cocok untuk tempat liburan anda bersama sahabat, kekasih, sahabat dan keluarga. Semoga bermanfaat!! (dimas)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button