Berita Wisata

5 Fakta Gunung Sepikul, Wisata Legenda Roro Jonggrang

Mendaki gunung membawa adrenalin yang tidak biasa wisatawan. Tidak harus gunung yang tinggi, Anda bisa mulai mendaki dengan mendaki gunung yang lebih mudah diakses. Salah satunya adalah Gunung Sepikul.

Gunung Sepikul merupakan gunung yang terletak di Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Gunung ini menawarkan panorama alam yang menyegarkan.

Jika Anda sedang merencanakan liburan ke sini, berikut lima fakta Gunung Sepikul yang pasti berkaitan erat dengan legenda Roro Jonggrang. Pendaki pemula bisa banget ke sini!

1. Ketinggiannya mencapai 350 meter di atas permukaan laut

5 Fakta Gunung Sepikul yang Dekat dengan Legenda Roro JonggrangGunung Sepikul (instagram.com/noviandhimasy)

Bagi pecinta wisata alam, Gunung Sepikul mungkin sudah tidak asing lagi. Meski disebut gunung, nyatanya ketinggian tempat ini cukup rendah dibandingkan gunung pada umumnya yang hanya sekitar 350 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Bahkan, kawasan pegunungan yang terdiri dari dua bukit batu purba ini sering dijadikan tempat latihan para pendaki pemula. Sebelum mendaki gunung yang lebih tinggi, biasanya mereka mendaki Gunung Sepikul terlebih dahulu.

Untuk sampai ke puncak, hanya membutuhkan waktu 10-15 menit untuk mendaki. Jalur pendakiannya cukup mudah. Menanjak bagus, tapi tidak terlalu curam.

2. Pemandangan alamnya nggak main-main, pol cantik!

5 Fakta Gunung Sepikul yang Dekat dengan Legenda Roro JonggrangGunung Sepikul (instagram.com/zeny_acill)

Panorama alam yang dihadirkan Gunung Pikul memang sangat mempesona. Pengunjung akan dibuat takjub karena setiap sisi menampilkan keindahan yang berbeda.

Dari sisi selatan, pengunjung bisa menikmati pemandangan pegunungan memanjang yang terlihat seperti tembok hijau raksasa. Gunung ini memiliki puncak tertinggi yang umumnya disebut Gunung Gajah Mungkur, titik tertinggi di Kabupaten Sukoharjo.

Sedangkan di sisi timur, Anda bisa melihat pemandangan Gunung Lawu yang megah. Di bagian barat terdapat pegunungan Merapi dan Merbabu yang berjejer dan membuat pemandangan semakin indah.

Pemandangan di bawah Gunung Sepikul tak kalah mempesona. Ada deretan sawah yang siap menyegarkan mata.

3. Legenda Gunung Sepikul

5 Fakta Gunung Sepikul yang Dekat dengan Legenda Roro JonggrangGunung Sepikul (instagram.com/pungkas_pamungkas)

Tak hanya pemandangannya yang indah, Gunung Sepikul juga memiliki legenda. Keberadaan gunung ini diyakini ada kaitannya dengan sejarah Bandung Bondowoso, yaitu sejarah pembangunan candi Prambanan yang terletak di perbatasan Klaten dan Yogyakarta.

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

Pilihan Editor

Saat itu, Roro Jonggrang meminta syarat untuk membangun 1.000 candi jika Bandung Bandowoso ingin menikah dengannya. Sesampainya di candi yang ke 999 selesai, Roro Jonggrang menginstruksikan seluruh warga untuk menjalankan urusannya seolah-olah hari sudah subuh.

Singkat cerita, Bandung Bondowoso yang merasa ditipu pun geram. Batu karang yang kini dikenal sebagai Gunung Sepikul ini awalnya dimaksudkan untuk dijadikan candi ke-1.000.

Karena Roro Jonggrang telah menjelma menjadi candi ke-1000, akhirnya batu karang ini dibiarkan begitu saja. Karena itulah gunung ini berbentuk batu karang yang siap dipikul dan menyandang nama Gunung Sepikul yang dalam bahasa Jawa berarti batu karang yang siap dipikul.

Baca Juga: Wisata Gunung Sepikul: Informasi Rute, Lokasi, Harga dan Tips Liburan

4. Tempat sempurna untuk berburu matahari terbit

5 Fakta Gunung Sepikul yang Dekat dengan Legenda Roro JonggrangGunung Sepikul (instagram.com/kimpoelllllllllllll_)

Salah satu pesona Gunung Sepikul yang wajib dilihat adalah saat matahari terbit. Banyak pengunjung yang siap datang sejak pukul 05.00 untuk menyaksikan momen ini.

Dari puncaknya, Anda bisa melihat warna keemasan muncul dari ufuk timur. Ditambah dengan kicauan burung dan hembusan angin, suasananya sangat menyegarkan. Pemandangan ini bisa dilihat saat cuaca cerah.

Namun, tidak perlu khawatir jika cuaca mendung. Pengunjung juga bisa melihat pemandangan yang tak kalah memukau. Seluruh area di bawah Gunung Sepikul akan diselimuti kabut sehingga terlihat seperti daratan di atas awan.

5. Rute Menuju Gunung Sepikul

5 Fakta Gunung Sepikul yang Dekat dengan Legenda Roro JonggrangGunung Sepikul (instagram.com/ajisasongko81)

Dari pusat kota Sukoharjo, Gunung Sepikul berjarak sekitar 20 km. Perjalanan dapat ditempuh sekitar setengah jam dengan kendaraan bermotor.

Jalan termudah untuk dilintasi adalah jalan utama Sukoharjo-Wonogiri. Sesampainya di traffic light Tugu Peninggalan Selogiri, belok kendaraan ke arah kanan menuju kecamatan Bulu Sukoharjo. Ikuti saja jalan utama yang terbuat dari besi cor.

Setelah menemukan perempatan Lapangan Desa Pule, lurus terus kurang lebih 2,5 km ke arah barat dan masuk ke Jalan Wonogiri-Klaten. Anda akan melihat petunjuk arah menuju Gunung Sepikul dan tempat wisata lainnya, seperti Seribu Batu.

Dari arah tersebut belok kanan keluar dari jalan utama Wonogiri-Klaten. Setelah itu, akan ada pertigaan tepat di depan sawah. Belok kiri di pertigaan, lalu ikuti jalan desa lurus dan Anda akan sampai di tempat parkir Gunung Sepikul.

Panorama megah yang disuguhkan oleh Gunung Sepikul berhasil memikat hati siapa saja yang datang. Kalau kamu sedang berada di Jawa Tengah khususnya di Sukoharjo, pastikan untuk mampir ke tempat wisata ini ya.

Baca Juga: 10 Pesona Alam Gunung Sepikul, Cocok Untuk Pendaki Pemula

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button