Berita Wisata

5 Gunung Favorit Para Pendaki di Jawa Barat

Jakarta: Selain sebagai kegiatan olahraga, mendaki gunung juga bisa dianggap sebagai hobi. Ini bukan sembarang hobi. Mendaki gunung merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi Anda dan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Hiking dapat membantu meningkatkan hubungan Anda dan membersihkan paru-paru Anda, dan bahkan menjaga otak dan daya ingat Anda tetap tajam. Pendakian bisa dilakukan sendiri atau bersama teman.

Jawa Barat juga dikenal memiliki potensi alam yang kuat, dengan banyaknya desa, perbukitan, air terjun dan gunung yang bisa dikunjungi. Berdasarkan DisParBud Jabar, Provinsi Jabar memiliki 5 gunung yang menjadi favorit para pendaki. Berikut adalah beberapa:

 

1. Gunung Salak

Gunung Salak terletak di Kabupaten Sukabumi dan Bogor di Jawa Barat pada ketinggian sekitar 2211 mdpl.Gunung ini memiliki jalur pendakian yang terbilang cukup mudah namun sangat melelahkan. Gunung Salak dapat didaki dengan beberapa jalur.

Puncak yang paling sering didaki adalah Puncak Salak II dan Salak I. Gunung Salak juga memiliki kawah cantik yang mengandung belerang aktif bernama Kawah Ratu. Jalur pendakian Gunung Salak melewati Cidahu dimana nantinya anda akan menemukan jalur sungai yang membuat sepatu anda basah!

 

2. Gunung Putri

Bagi pemula, Gunung Putri merupakan gunung yang tepat untuk didaki. Gunung yang terletak di Kabupaten Bandung Barat ini berada pada ketinggian 1.580 mdpl. Untuk menuju puncak, jalurnya cukup mudah, terutama bagi para pecinta gunung.

Anda bisa masuk melalui jalan pasar Lembang, kemudian mengambil arah Tangkuban Perahu. Nanti Anda akan melewati Masjid Agung Lembang, tidak jauh dari situ terdapat sebuah gang yang akan terlihat papan penunjuk arah Gunung Putri. Dari jalan masuk, Anda hanya perlu mengikuti jalan sekitar 15-20 menit hingga akhirnya menemukan gerbang menuju kawasan Gunung Putri.

 

3. Gunung Burangrang

Gunung pemula lainnya di daerah Bandung. Gunung Burangrang dengan ketinggian 2.064 meter di atas permukaan laut (mdpl) bisa dijadikan tempat latihan pendakian bagi pemula untuk mendaki gunung yang lebih tinggi.

Gunung ini terletak di daerah Cisarua, kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, berbatasan dengan kabupaten Purwakarta dan Subang. Jarak dari base camp ke puncak hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Namun sayang, gunung ini sudah terlihat gundul.

 

4. Gunung Papandayan

Selain Gunung Salak, Papandayan memiliki kawah yang memiliki pesona kawah mati yang indah. Gunung ini sudah dikelola oleh pihak swasta dan bukan lagi taman nasional, sudah banyak dibangun situs seperti kolam dan sumber air panas.

Saat ini untuk mendaki Papandayan juga terdapat tangga menuju beberapa daerah, dan jalurnya sedikit landai. Saking banyaknya, gunung ini kini banyak dijadikan spot foto prewedding dan day hiking alias tanpa bermalam di sana.

 

5. Gunung Cikuray

Negeri di atas awan adalah julukan yang diberikan para pendaki kepada Gunung Cikuray. Bagaimana tidak, jika Anda beruntung ketika sampai di puncak pada hari yang cerah maka Anda akan berada di ketinggian di atas awan sehingga Anda akan merasa seperti berada di negeri di atas awan. Dari sini kamu juga bisa melihat keindahan Gunung Papandayan!

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.821 mdpl. Namun anda harus menyiapkan fisik dan mental untuk mendaki gunung ini, karena treknya bisa dibilang sulit, terjal dan sulit air.

Jalur Pemancar merupakan jalur paling populer dimulai dari Stasiun Pemancar TV Garut. Pilihan kedua adalah jalur puncak melalui Kiara Janggot. Untuk pilihan trek yang lebih pendek ada trek Pamalayan.

Nandhita Nour Fadjriah
(POHON CEMARA)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button