Tempat Wisata

5 Pantai Terindah di Pulau Natuna yang Layak Dikunjungi

5 Pantai Terindah di Pulau Natuna yang Layak Dikunjungi

Inilah rekomendasi wisata pantai terindah di Pulau Natuna, Kepulauan Riau. Objek wisata bahari terindah, eksotik dan populer yang pasti menarik untuk Anda kunjungi untuk liburan seru dan tak terlupakan.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia terkenal dengan wisata baharinya yang sangat beragam. Ada banyak sekali tempat wisata berupa pantai yang bisa ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Dan masing-masing menawarkan pemandangan yang indah. Salah satu wilayah Indonesia dengan wisata pantai terbaiknya adalah Pulau Natuna di Kepulauan Riau.

Diketahui Pulau Natuna mempunyai sumber daya alam yang sangat kaya. Oleh karena itu, tidak heran jika kawasan ini menjadi sengketa banyak negara. Namun selain kekayaan alamnya, pulau ini juga dianggap sebagai salah satu kawasan dengan destinasi wisata pantai terbaik di Indonesia.

Setidaknya selain tempat wisata populer tersebut, ada sederet pantai eksotik yang wajib Anda ketahui dan kunjungi saat berkunjung ke Pulau Natuna. Untuk lebih jelasnya lihat daftar wisata pantai dibawah ini.

1. Tanjung Datuk

Tanjung DatukFoto: Twitter/Cantik

Pantai menarik pertama di pulau ini adalah Tanjung Datuk. Terletak di ujung timur laut Natuna dan memiliki luas sekitar 7 hektar. Inilah tempat wisata tepi pantai unik yang mungkin tidak akan Anda temukan di tempat lain. Hal inilah yang menjadikan tempat wisata ini memiliki keunikan tersendiri.

Pantai ini memiliki pasir putih yang didominasi bebatuan. Pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang menakjubkan menanti Anda di Tanjung Datuk. Untuk menuju tempat wisata ini, Anda harus berkendara sekitar satu jam jika berangkat dari Kota Ranai.

Anda bisa mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat karena akses menuju tempat ini cukup mudah. Namun untuk lebih mudah mencapai tempat wisata tersebut, disarankan untuk mengendarai kendaraan roda empat segala medan atau mungkin menggunakan sepeda motor karena kondisi jalan yang cukup menanjak.

Sesampainya di puncak, ikuti jalan setapak hingga mencapai pantai berpasir putih. Terletak di salah satu pantai terindah di Pulau Natuna, cenderung sulit diakses karena kondisinya yang berbukit dan menurun. Anda mungkin harus sedikit lelah untuk mencapai pantai, namun pemandangan indah mengimbanginya.

Anda akan melihat deburan ombak yang menghantam tebing pantai dengan begitu dahsyatnya hingga terlihat ombaknya membubar ke udara. Hal ini tentu akan sangat menarik jika Anda bisa mengabadikannya melalui foto atau video. Ada pula kolam-kolam kecil yang terbentuk secara alami akibat erosi ombak pada bebatuan.

Air di pantai ini sangat jernih sehingga Anda bisa melihat ikan-ikan laut berenang. Kadang ikannya malah tertangkap di kolam kecil. Namun di sisi paling ujung yang menjorok ke laut, Anda akan menemukan susunan bebatuan yang lebih unik lagi.

Di sini terdapat sebuah balok batu yang berbentuk persegi dan sekilas menyerupai wajah manusia. Karena bentuknya yang mirip manusia, kawasan wisata ini dinamakan Tanjung Datuk karena jika dilihat dari dekat batunya mirip Datuk.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Tanjung, Kec. Bunguran Timur Laut, Kab.Natuna, Kepulauan Riau.

2. Pantai Cemaga

Pantai CemagaFoto: Google Maps/Isfa Rinaldo

Rekomendasi pantai terindah selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah pantai Cemaga. Ini adalah salah satu pantai terbaik yang wajib Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan Pulau Natuna. Pantai ini terletak di kecamatan Bunguran Selatan. Nantinya Anda akan melewati tiga desa antara lain: Cemaga Selatan, Cemaga Tengah dan Kota Cemaga.

Pantai ini terbentang radius 5 km hingga ke tepi perairan. Namun saat air pasang kedalamannya mencapai 10 hingga 15 meter. Kesan alami yang dimiliki pantai ini terlihat jelas. Airnya juga jernih sehingga membuat Anda ingin berenang di pantai ini. Selain itu, ombak di laut ini juga tenang.

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan seperti berenang, bermain voli pantai, snorkeling dan berbagai olah raga pantai lainnya. Panorama yang ditawarkan Cemaga benar-benar bisa memanjakan mata Anda.

Batu-batu besar ada yang bisa anda temukan di tempat ini, ada yang berukuran besar, ada yang berukuran kecil, namun ada juga yang berukuran sangat besar. Ada empat daerah yang mempunyai nama berbeda. Batu-batu yang ada di kawasan Se Bintang disebut batu Kaun oleh penduduk setempat.

Kemudian berturut-turut disebut Batu Setapung, Batu Madu, dan Batu Kasah. Ada pemandangan menarik dari bongkahan batu besar tersebut. Bahkan beberapa bongkahannya tampak mengambang di permukaan laut. Pantai Cemaga sudah lama dikenal sebagai surganya para pecinta memancing.

Tempat ini merupakan kawasan yang nyaman bagi mereka yang ingin memancing. Oleh karena itu bagi anda yang kebetulan berkunjung ke Pantai Cemaga jangan lupa membawa perlengkapan memancing agar aktivitas liburan anda semakin seru. Anda juga bisa menyewa perahu motor milik nelayan setempat dan harganya bisa dinegosiasikan.

Lokasi Pantai Cemaga relatif mudah dijangkau. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit atau jarak tempuh sekitar 23 km. Jika menggunakan sepeda motor, perjalanan akan semakin cepat.

Jika Anda memutuskan untuk berkunjung ke Pantai Cemaga, pastikan membawa bekal yang cukup karena belum ada restoran atau warung yang menyediakan makanan untuk wisatawan di tempat ini.

Harga tiket: Rp2.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Cemaga Utara, Kecamatan. Bunguran Selatan, Kab.Natuna, Kepulauan Riau.

3. Tanjung Senubing

Tanjung SenubingFoto: Twitter/Tanjung Senubing

Pantai terindah selanjutnya adalah Tanjung Senubing. Tanjung Senubing terletak di pesisir timur Kota Ranai, Kabupaten Natuna. Di titik ini Anda dapat melihat sejumlah batu dengan berbagai bentuk dan ukuran. Tentunya jika dilihat dari sudut pandang di puncak Bukit Seubing, pemandangan bebatuannya semakin indah.

Panorama yang menakjubkan ini merupakan anugerah Sang Pencipta yang menjadikan kawasan ini semakin eksotis. Bagian-bagian batuannya tersebar dalam susunan yang dinamis dan harmonis sehingga sangat indah untuk dipandang. Jika dilihat dari pinggir pantai, Anda bisa melihat beberapa bebatuan yang bertumpuk dan tersebar.

Di tengah bebatuan yang oleh penduduk setempat disebut Batu Sindu ini terdapat sebuah gua. Keberadaan batu Sindu ini juga menjadi legenda yang diceritakan secara turun temurun oleh penduduk setempat.

Pemandangan alam Tanjung Senubing sangat beragam, mulai dari pantai hingga perbukitan dengan ketinggian berkisar antara 0 hingga sekitar 100 meter di atas permukaan laut. Batu-batu yang tersebar di sana merupakan batu alam yang keras dan dapat dijadikan bahan bangunan oleh masyarakat setempat.

Penduduk sekitar biasanya mengolah kerikil tersebut menjadi pecahan atau bongkahan dengan ukuran tertentu dan kemudian menjualnya ke toko material. Dari sinilah warga memperoleh penghasilan. Pendapatan yang mereka terima sebenarnya mampu membiayai kehidupan mereka sehari-hari.

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Tanjung Senubing, Kecamatan. Bunguran Timur, Cab.Natuna, Kepulauan Riau.

4. Taman Batu Alif

Taman Batu AlifFoto: Google Maps/Muhammad Baihaqi Lubis

Ali Stone Garden merupakan sebuah tempat yang menyerupai taman surga di Pulau Natuna. Lebih spesifiknya, Alif Rock Garden terletak di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran, Natuna. Jika Anda mengunjungi pantai ini Anda bisa menemukan jutaan jenis batuan di sana. Anda akan menemukan berbagai macam bentuk, ukuran dan warna batu yang unik dan indah.

Saat Anda sampai di pantai indah ini, mata Anda pasti akan terkesima dengan panorama yang ditawarkan Alif Rock Garden. Tempat wisata ini memiliki luas hingga 3 hektar yang di dalamnya terdapat ribuan blok megalitikum.

Selain itu, Anda juga bisa mengagumi keindahan dan kejernihan air pantai yang tentunya akan membuat Anda semakin betah berada di tempat ini. Permukaan bebatuan yang ada di tempat wisata bisa Anda manfaatkan sebagai background foto yang menarik.

Batu-batu besar yang oleh penduduk setempat disebut Alif Rock Garden menawarkan panorama yang sungguh mempesona dan mempesona. Saat pertama kali memasuki tempat ini, Anda akan melewati celah-celah bebatuan selebar sekitar 1 meter.

Nantinya kamu juga akan menemukan sebuah pintu masuk yang juga berbentuk sebuah batu besar. Setelah melewati pintu masuk, Anda akan disambut oleh bongkahan bebatuan. Batuan ini terdapat dimana-mana mulai dari pantai hingga laut. Ada juga jembatan kecil di antara bebatuan yang bisa dilintasi.

Bagi sebagian orang, Alif Rock Park mungkin merupakan tempat wisata yang masih belum banyak diketahui orang. Namun perlu anda ketahui bahwa banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Taman Batu Alif.

Panorama pantai yang sangat eksotik, berpadu dengan bebatuan granit yang tersebar di pinggir pantai serta air laut yang jernih dengan kekayaan biota, menjadi perpaduan yang menarik dan sungguh membuat takjub setiap orang yang melihatnya.

Harga tiket: -; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Sepempang, Kec. Bunguran Timur, Cab.Natuna, Kepulauan Riau.

5. Pulau Senua

Pulau SenuaFoto: Google Maps/Misuro Anwari

Tempat terindah selanjutnya adalah Pulau Senua. Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar di Kabupaten Natuna. Jika diperhatikan, pulau ini tampak seperti wanita hamil yang sedang berbaring. Terlihat kepala dan perutnya menonjol.

Menurut legenda urban, pernah ada seorang wanita hamil di sana yang kemudian berubah menjadi sebuah pulau. Namun tentu saja bukan keunikan bentuk pulaunya yang membuat tempat wisata ini layak untuk dikunjungi.

Pasalnya, panorama yang ditawarkan benar-benar mampu memanjakan mata Anda. Pantai ini memiliki air laut yang sangat jernih, pasir putih yang sangat halus dan ketenangan yang membuat wisatawan merasa rileks selama berkunjung.

Harga tiket: -; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Desa Sepempang, Kecamatan. Bunguran Timur, Cab.Natuna, Kepulauan Riau.

Inilah daftar pantai terindah di Pulau Natuna Kepulauan Riau. Bagi Anda yang kebetulan berada di Kepulauan Riau, berkunjung ke kabupaten Natuna tidak ada salahnya. Pasalnya, kabupaten ini menawarkan wisata bahari yang unik dan berbeda dibandingkan pantai lainnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button