Berita Wisata

5 Pilihan Tempat Wisata di Pulau Nias Sumatera Utara

CELEBESMEDIA.ID: Makassar – Nias adalah sebuah kepulauan yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera. Secara administratif, pulau ini masih menjadi bagian dari provinsi Sumatera Utara.

Layaknya kepulauan di Indonesia, pulau Nias juga memiliki potensi wisata yang menarik. Berikut beberapa rekomendasi wisata Pulau Nias:

1. Pulau Asu

Foto: Pulau Asu Nias (Superlive.id)

Jangan keliru dengan penyebutan nama pulau ini. Asu diambil dari singkatan kata nikmat yang memiliki arti terakhir dalam bahasa Nias. Untuk menuju pulau ini membutuhkan perjalanan yang cukup panjang.

Lokasi Pulau Asu sendiri berada di sebelah barat kabupaten Nias dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tepatnya di Bawosaloo, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat.

Tidak ada alasan untuk meragukan pemandangan di Pulau Asu. Air laut sejauh mata memandang sangat jernih, serta butiran pasir putih yang membuat mata betah saat melihat lukisan karya sang pencipta ini.

2. Pantai Karang Falaete

Pantai ini terletak di Desa Lahusa, Kecamatan Sirombu, Nias Barat. Terdapat susunan bebatuan besar yang berjajar sempurna di sepanjang tepian pantai, struktur bebatuan tersebut seakan membuat pemandangan pantai ini sayang untuk dilewatkan.

Mendaki salah satu batu besar, Anda akan melihat pemandangan alam Samudera Hindia yang luar biasa indahnya. Saat matahari terbenam adalah waktu terbaik yang bisa Anda dapatkan di sini.

Ombak pantai Karang Falaete merupakan ombak yang bagus untuk anda yang ingin berselancar. Merasakan gulungan ombak yang tak henti-hentinya di sini akan memacu adrenalin Anda, para pecinta selancar sejati.

3. Pantai Turelloto yang indah

Foto: Indahnya Pantai Turelotto (Wisata Sumut)

Pantai ini terletak di Desa Turelotto, Balefadoro, Tuho, Lahewa, Kabupaten Nias Utara. Jika Anda ingin melihat pantai dengan pemandangan air yang tenang dan jernih untuk berenang atau sekedar bermain air, Pantai Indah Turelotto adalah pilihan yang tepat.

Pantai ini memiliki air yang jernih di tepi pantainya, Anda bisa melihat kedalaman airnya meski dengan mata telanjang.

4. Desa Adat Bawomataluo

Foto: Desa Adat Bawomataluo (Phinemo)

Luangkan waktu sejenak untuk mengunjungi desa adat yang menjadi daya tarik wisata utama masyarakat Nias. Desa yang terletak di Kecamatan Fanayama, sebelah selatan Kabupaten Nias ini, saat ini Desa Bawomataluo telah menjadi ikon wisata di Pulau Nias.

Di desa ini Anda bisa mendapatkan wisata budaya asli Indonesia seperti tari Fataele atau yang sering disebut tari perang.

Tentu saja, jangan lewatkan pertunjukan Homo Batu. Pertunjukan ini merupakan bagian dari desa Bawomaluo dan telah dipentaskan selama beberapa generasi. Tes lompat batu ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedewasaan pria asli Nias.

5. Air Terjun Humogo

Foto: Air Terjun Humogo (Travelling Medan)

Siapa yang tidak menyukai wisata air terjun? Pastinya hampir semua orang tidak bisa menolak wisata ini. Di Nias sendiri terdapat air terjun yang siap menyajikan panorama menarik. Air Terjun Humogo terletak di Jalan Tola Maera, Desa Fadoro. Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dan menyegarkan, sayang sekali jika kita melewatkan kesempatan untuk berenang di bawah air terjun.

Air terjun ini tidak terlalu tinggi, curah hujannya juga tidak terlalu deras, cocok untuk tempat bermain air sambil bersenang-senang bersama teman atau keluarga.

Lokasi: Fadoro, Kec. Gunungsitoli Idanoi, kota Gunungsitoli.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button