Berita Wisata

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Kolaka Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Kolaka- Bagi anda yang berada di Kabupaten Kolaka bingung memilih tempat wisata dan ingin mengisi liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), ini bisa menjadi pilihan.

Kolaka memiliki berbagai wisata alam yang menakjubkan seperti pantai dan sungai. Selain menikmati pantai, masih banyak tempat wisata yang indah dan wajib dikunjungi di Kolaka.

Berikut rekomendasi tempat wisata untuk mengisi liburan Natal dan Tahun Baru di Kolaka yang dirangkum timurterkini.com.

1. Drum

Tamborsi sangat dikenal masyarakat dari Sulawesi Tenggara hingga ke Indonesia, karena Tamborasi merupakan sungai terpendek di dunia. Sungai ini panjangnya hanya 20 meter, lebarnya 15 meter dan mengalir ke Teluk Bone.

Sungai Tamborasi terletak di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka dan merupakan salah satu objek wisata karena memiliki tepian bebatuan dan air yang sangat jernih serta terletak persis di tepi pantai dan hutan.

Keunikan Sungai Tamborasi adalah suhu air di hulu dan di hilir berbeda. Di hulu suhu airnya sedikit lebih dingin, sedangkan di hilir suhunya sedikit lebih hangat karena mengalir langsung ke Pantai Tamborasi yang berada tepat di sebelahnya.

2. Pulau Padamarang

Indah dan eksotik, itulah kalimat pertama yang terucap saat pengunjung menginjakkan kaki di lokasi objek wisata Pulau Padamarang.

Keunikan pulau ini terletak pada pasirnya yang putih bersih, serta ombak laut yang begitu tenang.

Pulau Padamarang telah ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam Laut (TWAL). Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keunggulan spot lain di Pulau Padamarang seperti: snorkeling, diving, budidaya ikan dengan keramba.

3. Pantai Kajuangin (Kayu Angin)

Tempat wisata berikutnya adalah Pantai Kajuangin atau Windwood. Pantai Kayu angin terletak di Desa Sani-sani, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka.

Pantai ini memiliki pasir yang sangat lembut dan birunya air laut saat pasang menambah nuansa keindahan pantai Kayu Angin.

4. Kea-Kea

Juga rekomendasi tempat wisata alam di Kolaka yaitu Taman Wisata Alam Kea-Kea. Taman Wisata Kea-Kea terletak di Desa Ulunggolaka, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka.

Sejumlah fasilitas penunjang wisata juga telah dilengkapi dengan pengelola. antara lain kabin akomodasi, aula, gazebo, tempat ibadah, kamar kecil dan area parkir.

Wisata alam Kea-kea juga merupakan salah satu bumi perkemahan yang ada di Kolaka, keadaan jalan menuju tempat wisata sudah beraspal. Tarif masuk ke taman wisata yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) ini juga sangat terjangkau.

Di kawasan wisata ini Anda bisa menemukan sungai air panas, taman bermain, air terjun, sumur kembar, dll.

5. Pantai Kalomang

Pantai Kalomang merupakan destinasi wisata pantai yang terletak di Kolaka Selatan, tepatnya di Desa Watubangga, Kecamatan Watubangga, Kabupaten Kolaka.

Beberapa atraksi favorit tempat ini adalah spot foto yang terletak di pantai pasir putih dan deburan ombak yang tiada henti serta fasilitas banana boat yang dapat memacu adrenalin.

Selain dua fasilitas tersebut, wisatawan juga bisa bermain ayunan di atas laut saat air pasang. Tentunya ada keseruan yang berbeda dan lebih menyenangkan.

Tempat wisata ini unik dari segi denominasi. Kalomang dalam bahasa setempat adalah hewan laut bercangkang yang dapat ditemukan di sepanjang pantai hingga muara.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button