Tempat Wisata

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya Murah dan Asyik

Surabaya dikenal sebagai kota metropolitan. Karena ini adalah kota besar, sebagian orang lebih memilih hiburan di pusat perbelanjaan dan kafe modern. Namun, banyak juga wisatawan yang mencari tempat penyembuhan di Surabaya dengan mengunjungi tempat wisata alam.

Selain menyegarkan pikiran, mengunjungi tempat wisata alam juga menawarkan pengalaman yang berbeda dibandingkan jalan-jalan di mall atau duduk di kafe. Di Surabaya sendiri, ada banyak tempat wisata alam yang bisa dikunjungi.

Istilah penyembuhan dipopulerkan oleh anak-anak zaman sekarang. Istilah ini digunakan untuk orang yang membutuhkan refreshing di tengah kesibukan sehari-hari. Penyembuhan sendiri diidentikkan dengan perjalanan ke tempat-tempat wisata.

Nah itulah 5 rekomendasi tempat penyembuhan di Surabaya yang bisa kamu kunjungi. Tempat-tempat ini tidak hanya murah, tetapi juga bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan.

1. Hutan kota Pakal

Hutan kota Pakal

Surabaya sebenarnya memiliki hutan kota seluas 6 hektar. Hutan ini disebut Hutan Kota Pakal. Hutan ini memiliki kelebihan sebagai penyaring udara dan juga memberikan udara bersih bagi masyarakat Surabaya.

lokasi dan rute

Hutan Kota Pakal terletak di ujung barat Surabaya. Jarak tempat wisata ini dari Balai Kota atau Stasiun Kereta Api Surabaya Gubeng sekitar 19 km. Situs tersebut berada di kawasan Sidorejo, Kelurahan dan Kecamatan Pakal, Kota Surabaya.

Ancer-ancer Hutan Kota Pakal itu sebelum Bung Tomos Gelora. Sayangnya, belum ada petunjuk arah menuju destinasi wisata hijau tersebut. Sebaiknya pengunjung menggunakan Gmaps sebagai navigator.

HTM dan jam buka

Orang yang berkunjung ke tempat wisata di surabaya ini tidak dipungut biaya alias gratis. Hutan Kota Pakal buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00.

atraksi dan fasilitas

Saat memasuki kawasan hutan kota, Anda langsung merasakan suasana asri. Pepohonan yang rimbun dan rindang membuat pengunjung betah sambil menikmati semilir angin. Kegiatan yang tersedia di sana meliputi hiking, piknik, dan olahraga.

2. Taman Cahaya

taman cahaya

Bagi warga Surabaya Barat, Taman Cahaya merupakan tempat penyembuhan di Surabaya yang populer di berbagai demografi. Baik orang dewasa, lansia, maupun anak-anak, berwisata ke sana dapat menyegarkan kembali semangat Anda.

lokasi dan rute

Surabaya Light Park terletak di Jalan Pakal, Surabaya. Sedangkan untuk akses menuju Taman Cahaya dapat dikatakan mudah dan nyaman untuk kendaraan bermotor. Dari Bandara Juanda, perjalanan menuju Taman Cahaya dapat dilakukan melalui Jalan Raya Bandara Juanda.

Setelah itu ambil rute Jalan Raya Surabaya – Malang dan lanjut ke Jalan Raya Babat Jerawat. Taman Cahaya ada di kiri jalan setelah melewati Warkop 99 Cups.

HTM dan jam buka

Tidak ada HTM untuk masuk ke tempat wisata ini atau gratis untuk semua pengunjung. Biaya yang dikenakan hanya biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Taman Cahaya bisa dikunjungi setiap hari dengan jam buka mulai pukul 06:00 WIB hingga 22:00 WIB.

atraksi dan fasilitas

Ada banyak permainan anak yang memudahkan orang tua untuk mengajak anaknya jalan-jalan ke sana. Sambal mengawasi anak-anak bermain, orang tuanya bisa memanfaatkan berbagai tawaran, seperti B. Jalan-jalan di jogging track, jalan di refleksi track atau main basket dan futsal.

Fasilitas disana cukup memadai sebagai destinasi keluarga dengan toilet dan mushola yang nyaman.

3. Taman Harmoni

Taman Harmoni

Tempat penyembuhan murah dan menyenangkan lainnya di Surabaya adalah Taman Harmoni. Tempat ini sangat cocok untuk rehat sejenak dari padatnya kota Surabaya dan berwisata bersama keluarga.

lokasi dan rute

Lokasi Taman Harmoni adalah Jalan Keputih Tegal Timur No. 249, Keputih, Sukolilo. Lokasi Taman Harmoni berada tepat di belakang Terminal Angkot Keputih Surabaya. Dari pusat kota Surabaya, jarak menuju tempat wisata modern ini adalah 9,8 km.

Jika kondisi jalan licin, waktu tempuh sekitar 20 menit. Rute melalui Jl. Arief Rahman Hakim. Ikuti jalan menuju Princess Maternity Hospital. Lanjutkan perjalanan menuju Perumahan Araya. Dari sana, ikuti jalan sejauh 2 km lagi hingga Anda menemukan pertigaan.

Belok kanan di pertigaan dan pengunjung bisa melihat Harmony Park di sisi kanan jalan.

HTM dan jam buka

Tidak ada HTM untuk masuk ke tempat wisata. Biaya yang dikenakan hanya biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Taman Harmoni dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 06:00 hingga 18:00.

atraksi dan fasilitas

Layaknya Garden of Light, Taman Harmoni banyak dikunjungi keluarga bersama anak-anaknya. Ada taman bermain yang cukup luas untuk anak-anak bermain. Taman Harmoni juga menjadi rumah bagi banyak spot foto kekinian yang populer di kalangan milenial.

Fasilitas yang tersedia juga lengkap, mulai dari tempat parkir mobil yang luas hingga musala dan toilet.

4. Wisata Mangrove Gunung Anyar

Wisata Mangrove Gunung Anyar

Wisata keren dan modern lainnya yang menarik bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya adalah Wisata Mangrove Gunung Anyar. Destinasi ini menawarkan pemandangan hutan mangrove yang indah.

lokasi dan rute

Tempat berkonsep ekowisata ini terletak di Jl. Medokan Sawah, Kel. Medokan Ayu, Kec. Rungkut, Gunung Anyar. Agar wisatawan tidak menggunakan angkutan umum, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi jika berencana berwisata ke sana.

Rute dengan kendaraan pribadi cukup mudah. Pengunjung berkendara dari tol Waru – Juanda hingga pintu keluar Tambak Sumur. Lakukan putar balik untuk melewati Jl. Raya Taman Asri. Jalan lurus sampai menemukan Jl. Raya Rungkut.

Akan ada petunjuk arah ke Wisata Mangrove Gunung Anyar.

HTM dan jam buka

Murah, biaya masuk ke tempat wisata ini hanya Rp 3.000 per orang. Pengunjung juga harus membayar parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Ekowisata ini buka setiap hari. Jam operasionalnya sama setiap hari, yaitu pukul 10.00 WIB – 17.00 WIB.

atraksi dan fasilitas

Pemandangan hutan bakau yang menyejukkan menjadi daya tarik tempat wisata ini. Tempat ini cocok untuk orang yang ingin sejenak melupakan hiruk pikuk kehidupan di tengah kota Surabaya. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan disana.

Salah satu kegiatan yang paling populer adalah naik perahu melalui hutan bakau. Destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menawarkan kenyamanan bagi pengunjung.

5. TK Wonorejo

Pembibitan Wonorejo

Rekomendasi selanjutnya sekaligus menutup sanatorium murah dan asyik di Surabaya adalah Wonorejo Nursery. Taman ini merupakan tempat rekreasi yang selalu ramai pengunjung, terutama pada hari libur nasional.

Kebun Bibit Wonorejo menawarkan berbagai kegiatan mulai dari olahraga ringan, permainan, piknik hingga berkemah. Pengunjung juga bisa belajar membuat kompos di Unit Pengolahan Sampah Pembibitan Wonorejo.

lokasi dan rute

Ditujukan ke Jl. Wonorejo, Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur tempat wisata ini sangat mudah dijangkau. Pengunjung dapat membawa kendaraan sendiri, menggunakan angkutan umum atau ojol.

Saat wisatawan berangkat dari Terminal Bungurasih, mereka mengambil rute Jl. Long Jiwo, Kali Jagir, Jl. Sukarno, Jl. Baruk Utara XI dan terakhir melalui Jl. kendalsari

HTM dan jam buka

Tiket masuk ke Wonorejo Daycare gratis atau gratis. Jam buka tempat wisata ini adalah dari pukul 08.00 – 16.00 WIB.

atraksi dan fasilitas

Meski gratis, banyak fasilitas yang bisa digunakan dan aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung. Anak-anak dapat berinteraksi dengan hewan di kebun binatang mini atau bermain sepuasnya di taman bermain.

Kini terdapat danau, taman bunga, bumi perkemahan dan areal pembibitan yang dapat menambah khazanah dan pengetahuan pengunjung. Seolah belum cukup, ada juga BLC atau Broadband Learning Center.

Tempat tersebut adalah tempat untuk belajar menggunakan komputer yang tersedia dan mengakses internet secara gratis. Pengunjung yang mendaftar pelatihan didampingi oleh pelatih berpengalaman.

Ini dia 5 rekomendasi tempat penyembuhan di Surabaya yang murah tapi tetap asyik. Ternyata penyembuhan tidak harus ke tempat yang mewah dan mahal!

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button