Berita Wisata

5 Rekomendasi Tempat Wisata Karimunjawa Paling Eksotis

CELEBESMEDIA.ID: Makassar – Kepulauan Karimunjawa adalah gugusan pulau yang merupakan bagian dari Kabupaten Jepara di Jawa Tengah. Tempat ini sangat terkenal dengan pesona taman lautnya yang memiliki banyak pilihan destinasi wisata.

Tidak hanya taman laut, pulau-pulau ini juga memiliki pantai, hutan bakau dan tradisi masyarakat yang menjadi andalan pariwisata di kawasan ini. Maka tidak heran jika Kepulauan Karimunjawa dinobatkan sebagai “The Paradise of Java”.

1. Pantai Tanjung Gelam

Foto: Pantai Tanjung Gelam (kanvas)

Kunjungan pertama Karimunjawa adalah Pantai Tanjung Gelam. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Karimunjawa. Pantai ini memiliki ribuan pemandangan untuk Anda nikmati.

Anda bisa menikmati suasana pantai dengan semilir angin laut yang sejuk dan juga terumbu karang yang terlihat dari atas kapal. Pasir di Pantai Tanjung Gelam cukup halus dan bersih dan juga cukup luas.

Di sekitar pantai juga terdapat pohon kelapa yang tertata rapi. Lagi-lagi di pantai Tanjung Gelam terdapat beberapa pohon kelapa yang condong ke arah laut seperti mau tumbang atau tumbang, sehingga sangat cocok sebagai background foto bagi anda yang suka berfoto.

2. Pantai Batu Topeng

Foto: Pantai Batu Topeng (Inibaru.id)

Kunjungan kedua Karimunjawa adalah Pantai Batu Topeng. Pantai ini dapat diakses baik melalui laut maupun darat. Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Batu Topeng dengan akses darat, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Alun-Alun Karimunjawa.

Di Pantai Batu Topeng juga terdapat beberapa warung yang menawarkan menu makanan dan minuman seperti mie instan, es krim kelapa, kopi, teh, dan lainnya. Jadi kamu bisa menikmati suasana pantai tanpa khawatir kehabisan perbekalan disini.

3. Pulau Besar Menjangan

Wisata Karimunjawa yang ketiga adalah Pulau Menjangan Besar. Pulau Menjangan Besar merupakan pulau terbesar kedua setelah Pulau Karimunjawa. Pulau ini juga merupakan pulau yang paling dekat dengan pelabuhan dan dermaga Karimunjawa.

Untuk menuju pulau ini, anda bisa mengunjungi pulau besar ini menggunakan kapal wisata atau kapal nelayan dengan waktu tempuh sekitar 5 sampai 10 menit.

4. Pulau kecil Menjangan

Foto: Pulau Menjangan Kecil (TripAdvisor)

Wisata Karimunjawa yang keempat adalah Pulau Menjangan Kecil. Waktu yang Anda tempuh untuk sampai ke Pulau Menjangan Kecil adalah sekitar 5 jam. Namun di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah di sekitar Anda.

Pulau Menjangan Kecil menawarkan pemandangan bawah laut yang luar biasa. Selain berenang dan menyelam, aktivitas wisata lain yang bisa dilakukan di Pulau Menjangan Kecil adalah snorkeling. Oleh karena itu, pulau ini juga disebut sebagai “surga” untuk aktivitas snorkeling dan diving.

5. Pulau Gosong Tengah

Kunjungan Karimunjawa selanjutnya adalah Pulau Gosong Tengah. Di Karimunjawa juga ada tempat wisata unik bernama Pulau Gosong Tengah. Pulau ini merupakan endapan pasir di tengah lautan. Penduduk setempat menyebutnya gosongan. Jadi apa yang membuatnya unik?

Selain disebut Pulau Gosongan, pulau ini juga disebut Pulau Timbul Tenggelam. Memang pulau ini hanya bisa ditemukan di permukaan sekitar pukul 09.00 hingga 17.00, dan selebihnya pulau akan tertutup air laut atau tenggelam.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button