Berita Wisata

5 Rekomendasi Wisata Pendidikan Satwa di Jawa Timur

Libur Natal dan Tahun Baru 2023 tak lama lagi tiba. Berkumpul dan jalan-jalan sekeluarga bisa menjadi program untuk merayakannya. Selain menghibur Anda, wisata edukasi juga akan menambah wawasan dan pengalaman. Di tempat ini selain untuk hiburan, juga sebagai tempat belajar. Contohnya adalah belajar tentang dunia binatang.

Biasanya belajar tentang dunia binatang dilakukan dengan mengunjungi kebun binatang. Namun, ada tempat lain lho yang tak kalah seru dan menarik. Yuk, simak rekomendasi tempat wisata edukasi satwa di Jawa Timur berikut ini!

1. Taman Hutan Mojosemi

5 Rekomendasi Wisata Edukasi Satwa di Jawa Timur, Cocok untuk Nataru!Ilustrasi suasana Mojosemi Dinosaurus Park (instagram.com/Mojosemi Dinosaurus Park)

Berlokasi di Kabupaten Magetan, wisata edukasi ini mengusung konsep alam terbuka. Anda dan keluarga akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan udara yang bersih. Dilaporkan mojosemi-hutan-park.business.site, Wahana yang tersedia antara lain Glamping (Glamorous Camping), Outbound, dan Dinosaurus Park.

Wahana paling menarik untuk berwisata sambil menjelajahi dunia binatang adalah taman Dinosaurus. Wahana Dinosaurus Park menampilkan 20 replika dinosaurus seukuran aslinya.

Wahana Dinosaurus Park sendiri terbagi menjadi tiga area, antara lain Dino Park, Dino Hunter, dan Dino Show. Dino Show hanya tersedia pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Di Wahana Dinosaurus Park, Anda akan merasakan sensasi kehadiran dinosaurus di alam terbuka. Anda juga bisa belajar tentang jenis-jenis dinosaurus. Anda dan keluarga juga bisa berinteraksi dan berfoto dengan replika dinosaurus.

Lokasi Taman Hutan Mojosemi: Raya Sarangan Cemorosewu Km.5 Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Taman Hutan Mojosemi Jam buka: 08.00 WIB – 16.00 WIB

Harga tiket masuk Mojosemi Forest Park: Rp35.000

Harga tiket Dino Show: Rp 20.000

2. Museum Satwa

5 Rekomendasi Wisata Edukasi Satwa di Jawa Timur, Cocok untuk Nataru!ilustrasi suasana di Museum Satwa (instagram.com/explore_batu)

Museum satwa ini terletak di kawasan taman Jatim 2. Anda bahkan bisa membeli tiket dengan membeli tiket masuk taman Jatim 2. Museum ini merupakan museum satwa liar terbesar di Indonesia.

Museum satwa ini memiliki tidak kurang dari 1.000 spesies satwa liar dan 10.000 serangga. Hewan dan serangga liar ini berasal dari berbagai belahan dunia. Hewan ini telah diawetkan, dimana sebelumnya hewan ini mati dengan sendirinya. Artinya hewan-hewan yang diawetkan ini mati secara wajar, bukan karena diburu lalu dibunuh dan diawetkan. Jadi anda tidak perlu khawatir dari mana hewan ini berasal karena hewan ini datang secara legal.

Tidak hanya hewan, di museum satwa ini juga dibuat miniatur habitat asli satwa yang diawetkan tersebut. Jadi, hewan-hewan ini diatur sedemikian rupa dengan miniatur habitatnya. Selain hewan dari berbagai belahan dunia, museum ini juga memamerkan fosil dan replika tulang dinosaurus, serta evolusi mamalia selama ratusan tahun. Tidak hanya secara visual, setiap hewan diberikan deskripsi khusus sehingga Anda dapat dengan mudah memahaminya.

Lokasi museum hewan: Jl.Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur

Jam buka Museum Margasatwa: 09.30 – 17.30 WIB

Harga Tiket Masuk Museum Satwa Hari Biasa : Rp 140.000

Harga tiket pada hari libur nasional Museum Margasatwa: Rp 160.000

Baca Juga: Dua Hewan Ikonik Kaltim Dievakuasi Warga Jatim

3. Wisata susu desa

5 Rekomendasi Wisata Edukasi Satwa di Jawa Timur, Cocok untuk Nataru!ilustrasi suasana di Kampung Susu Dinasty (instagram.com/Kampung Susu Dinasty)

Berada di Kabupaten Tulungagung, Kampung Susu Dinasty merupakan objek wisata edukasi yang berwawasan lingkungan. Menghadirkan konsep perangkat pembelajaran dunia pertanian yang disajikan secara kreatif, inovatif dan menarik.

Dilaporkan kampungsusudinasty Diketahui, pada awal tahun 2008 objek wisata ini hanyalah sebuah peternakan sapi perah biasa. Pada tahun 2013 dikembangkan menjadi produk susu pasteurisasi. Namun pada tahun 2008 dan 2013 pendapatan yang diperoleh masih sama, tidak terlalu besar. Tidak ada peningkatan pendapatan karena distribusi mahal.

Dari pengalaman inilah lahir ide pembukaan “Wisata Pendidikan Kampung Susu Dinasti”. Tempat wisata ini sangat menarik untuk dijadikan sebagai objek pembelajaran dan memungkinkan Anda untuk mencicipi susu pasteurisasi yang diolah langsung di tempat produksi. Kegiatan paket edukasi yang bisa Anda manfaatkan antara lain:

  • Susu sapi
  • Pengenalan biogas dan manfaatnya
  • Kenali dan beri makan sapi
  • Belajar memasak susu
  • Pertanian dengan media pupuk kandang
  • Belajar menjadi dokter hewan kecil
  • Kewiraswastaan

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

Pilihan Editor

Melalui kegiatan yang diusulkan, Anda akan memperoleh banyak pengetahuan tentang dunia sapi perah. Apalagi pemandangan alam yang ditawarkan juga cantik untuk selfie.

Lokasi dinasti Kampung Susu: Jalan Raya Gondang, Bakalan, Sidem, Tulungagung, Jawa Timur

Harga Tiket Reguler Kampung Susu Dynasty: Rp5.000

Harga Paket Pendidikan TK dan SD di Dinasty Kampung Susu : Rp35 ribu-Rp45 ribu (minimal 30 siswa)

Jam operasional Village Milk Dynasty: 08.00 – 16.30 WIB

4. Taman Ikan Blitar

5 Rekomendasi Wisata Edukasi Satwa di Jawa Timur, Cocok untuk Nataru!ilustrasi suasana di Fish Garden Blitar (Website/fishgardenblitar.com)

Berada di Kota Blitar, tempat wisata Taman Ikan Blitar ini menawarkan berbagai macam koleksi spesies ikan air tawar. Ikan ini berasal dari Indonesia dan luar negeri.

Dilaporkan fishgardenblitar.com, Jenis ikan yang dimiliki beragam mulai dari ikan yang hidup di perairan dangkal hingga ikan terbesar di dunia. Ikan terbesar di dunia yaitu Arapaima gigas dari Sungai Amazon di Amerika Serikat. Sedangkan ikan lokal antara lain Arwana/Siluk (Scleropages formosus), tapah (Wallago Leeri), koi dan masih banyak lagi.

Anda dapat memberi makan dan memegang ikan secara langsung. Pemandu juga disiapkan untuk memberikan pengetahuan ikan kepada pengunjung, khususnya pengunjung paket edukasi. Selain menjelajahi dunia ikan, Anda bisa mencoba fasilitas lain seperti:

  • spa ikan
  • Kebun sayur
  • taman kelinci
  • tempat bermain
  • Kolam renang anak-anak

Selain senang, pengetahuan dan wawasan Anda tentang dunia hewan, terutama ikan, akan bertambah.

Lokasi Fish Garden Blitar: Jalan Bengawan Solo 101, Kota Blitar, Jawa Timur

Harga tiket reguler Fish Garden Blitar: Rp 13.000

Harga Paket Edukasi Fish Garden Blitar Per Orang : Rp 15.000 (minimal 10 orang)

Jam buka Fish Garden Blitar: 08.00 – 17.00 WIB

5. Peternakan Kuda Megastar

5 Rekomendasi Wisata Edukasi Satwa di Jawa Timur, Cocok untuk Nataru!ilustrasi suasana di Pt Peternakan Megastar Indonesia (facebook.com/Pt Peternakan Megastar Indonesia)

Terletak di Kota Batu, perkebunan ini awalnya adalah peternakan kuda. Seiring waktu, ia melebarkan sayapnya menjadi tujuan wisata, namun peternakannya masih beroperasi. Di tempat wisata ini Anda bisa melihat kuda-kuda berlarian bebas di lanskap alam yang indah. Ada juga taman bunga matahari tempat Anda bisa berfoto selfie.

Selain melihat kuda, Anda juga bisa mempelajari seluk beluk perawatan kuda. Ditemani pemandu wisata, Anda bisa menikmati sensasi menunggang kuda atau sekadar berswafoto.

Lokasi Peternakan Kuda Megastar: Jl. Lingkar Barat, Dusun Dresel, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu

Jam buka peternakan kuda Megastar: 08.00 – 16.30 WIB

Harga Tiket Masuk Megastar Horse Ranch: Rp 25.000

Harga Tiket Naik Kuda Peternakan Kuda Megastar: Rp 50.000 per 30 menit

Harga untuk pelajaran berkuda di Megastar Horse Ranch: Rp 500.000 per bulan

Menarik untuk dikunjungi, bukan? Hati terhibur, kelelahan hilang, dan pengetahuan tentang dunia hewan berkembang. Cocok untuk mengisi liburan natal dan tahun baru 2023 bersama keluarga.

Baca Juga : 9 Rekomendasi Wisata di Pacitan Jawa Timur yang Cocok untuk Pengisi Liburan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button