Berita Wisata

5 tempat menarik untuk menikmati gerhana bulan total malam ini

INDONESIA akan mengalami fenomena gerhana bulan total pada hari ini, 8 November 2022. Apalagi diketahui fenomena astronomis ini dapat dengan mudah diamati dari sejumlah wilayah di Indonesia kecuali Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu.

Data Pusat Penelitian Antariksa Badan Penelitian dan Inovasi Antariksa Badan Nasional Riset dan Inovasi (BRIN) menyebutkan, gerhana bulan total akan berlangsung selama satu jam 24 menit 58 detik. Sedangkan durasi umbra yaitu gerhana bulan sebagian dan total berlangsung 3 jam 39 menit 50 detik.

Tentu saja, sangat sayang untuk melewatkan kesempatan ini. redwhite.com akan merekomendasikan beberapa tempat yang cocok untuk menyaksikan fenomena gerhana total. Jadi bersiaplah. Dan jangan lupa berdoa agar langit tetap cerah agar gerhana dapat terlihat dengan jelas.

Baca juga: Gerhana Matahari Total Tahun Depan Momen Istimewa Observatorium Bosscha ITB

1. Restoran atau hotel di atap


atap restoran atau hotel tempat Anda menginap mungkin merupakan lokasi yang tepat untuk melihat gerhana bulan total. (Foto: Pexels/Taryn Elliot)

Karena gerhana ini bisa dilihat dengan mata telanjang, fenomena gerhana bulan total ini bisa Anda amati di atap-atap restoran atau hotel di ibu kota dan Jabodetabek. Tanpa perlu alat khusus, Anda bisa menikmati momen ini bersama keluarga atau pasangan.

2. Taman Mini Indonesia yang Indah


Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi tempat yang tak kalah menarik untuk menyaksikan fenomena alam yang sangat langka ini. Tempat ini juga umumnya dijadikan titik terbaik di ibu kota untuk mengamati gerhana bulan total.

3. Pantai Ancol


Lokasi di Jakarta Utara ini merupakan tempat yang menarik untuk melihat gerhana bulan total. Di sini Anda akan ditemani semilir angin laut yang sangat lembut untuk menemani Anda menyaksikan fenomena ini.

Baca juga:

Gerhana bulan total bisa disaksikan di Indonesia, catat tanggalnya

4. Situ Babakan

Situ Babakan tidak jauh dari Jakarta dan Kota Depok. (Foto/docdolanyuk.com)

Lokasi selanjutnya berada di pinggiran selatan Jakarta, dekat Kota Depok. Lokasi ini adalah Situ Babakan yang terletak di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sebelumnya pada tahun 2018, tempat ini dijadikan sebagai tempat untuk mengamati bersama (nobar) fenomena gerhana bulan.

5. Di rumah

Untuk berada di rumah tempat alternatif untuk menikmati gerhana bulan total. (Foto/Pexels: Stuart Pritchards)

Tempat terakhir bagi anda yang ingin menghemat uang dan tenaga untuk memanfaatkan fenomena ini. Tanpa harus khawatir menghabiskan uang untuk biaya, parkir, makan, dan lainnya. Jadikan hunian Anda sebagai tempat ternyaman untuk menikmati gerhana bulan total ini. (jauh)

Baca juga: Hari ini Gerhana Matahari Total Terjadi, Bisa Terpantau di Belahan Bumi Selatan

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button