Berita Wisata

5 Tempat Penyembuhan Murah Yang Ampuh Menuju Gunung Merapi Yogyakarta

TEMPO.CO, Yogyakarta – Melewatkan liburan pendek seperti akhir pekan biasa di Yogyakarta, bisa dilakukan dengan mengunjungi objek-objek yang berdekatan, tidak membutuhkan banyak biaya dan menghabiskan waktu di perjalanan. Salah satu kawasan wisata yang bisa dijangkau dalam satu arah tidak lain adalah Yogyakarta bagian utara yang searah dengan kawasan Gunung Merapi dari Kabupaten Sleman.

Rekomendasi untuk 5 titik objek wisata sekali jalan

Wisatawan dapat mengambil akses jalan dari Kaliurang. Setidaknya ada lima titik objek wisata yang bisa dikunjungi dalam sekali perjalanan melalui akses Jalan Kaliurang.

1. Kebun Binatang Interaktif Suraloka

Lokasinya ada di Jalan Boyong nomor 97, Kaliurang, Hargobinangun Pakem Sleman atau Jalan Kaliurang Km 26.

Destinasi yang baru berdiri kurang dari tiga tahun ini menawarkan konsep kebun binatang mini yang dilengkapi taman anggrek dan area bermain anak yang diakses di perempatan Jalan Kaliurang Km 26 Sleman.

Dengan tiket masuk sekitar Rp30.000 per orang, pengunjung bisa melihat koleksi aneka reptil, ikan predator air tawar dan air asin, di mini-farm. Disini juga menawarkan penginapan atau homestay serta kafe-kafe nyaman yang langsung menghadap ke kawasan tujuan.

Wahana keluarga Kebun Binatang Suraloka di Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta. Tempo Pribadi/Wicaksono

2. Desa Wisata Ledok Sambi

Aksesnya dari Jalan Kaliurang Km.19 Sleman Yogyakarta.

Desa ini merupakan salah satu desa wisata yang ramai di lereng Gunung Merapi. Wisatawan tidak hanya berhak menikmati pemandangan desa yang indah yang menyegarkan mata.

Yang menjadi andalan desa wisata gratis ini tentu saja sungai kecil, dangkal, dan jernih dengan aliran yang tidak terlalu deras. Hal ini membuat pengunjung, terutama anak-anak, langsung mengapresiasi karena bisa bermain air sepuasnya.

Jika Anda lapar, ada restoran mini di dekat sungai yang dikelola oleh penduduk desa setempat dengan harga yang terjangkau dan higienis. Ya, syarat utama untuk memasuki kawasan ini adalah tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar karena aksesnya gratis.

Jika ingin lebih memacu adrenalin, pengunjung bisa mencoba wahana flying fox yang menawarkan tantangan meluncur di atas tali menyeberangi sungai.

Desa Wisata Ledok Sambi di Sleman Yogyakarta, staf Tempo/Wicaksono

3. Taman Merapi

Letaknya di Jalan Kaliurang Km.22 Sleman Yogyakarta.

Kawasan ini merupakan arena bermain yang bagus untuk memanjakan anak-anak dengan sejumlah wahana menarik. Dengan tiket masuk seharga Rp 35.000, pengunjung bisa mengakses tiga wahana seperti Dino Park, taman air untuk anak-anak, dan Taman Merapi.

daerah taman dinosaurus menjadi salah satu yang paling banyak diserang. Di kawasan ini terdapat berbagai replika dinosaurus yang dapat bergerak sendiri dan mengeluarkan suara berdasarkan sensor yang ditanamkan. Marah taman dinosaurusada juga daerah Monumen dunia yang berisi miniatur bangunan-bangunan terkenal dunia, seperti Patung Liberty, Menara Pisa, dan lain-lain.

Wahana Merapi dan Dino Park di Sleman Yogyakarta. Tempo Pribadi/Wicaksono

4. Museum Gunung Merapi

Museum ini terletak di sebelah Kebun Binatang Suraloka dan Taman Merapi di Jalan Kaliurang Km 26.

Di museum ini pengunjung bisa belajar banyak tentang gunung berapi, khususnya Merapi. Terdapat replika Gunung Merapi berukuran besar di dalam museum yang dilengkapi dengan diorama kegiatan yang berkaitan dengan Gunung Merapi.

5. Tlogo Putri Kaliurang.

Kawasan ini merupakan objek pangkalan destinasi Kaliurang di kaki Taman Nasional Gunung Merapi. Di kawasan Tlogo Putri, pengunjung dimanjakan dengan suasana hutan pinus yang terkadang diselimuti kabut tipis.

Jika ingin menikmati air terjun dan melihat monyet dari dekat, ada sebuah kawasan bernama Tlogo Muncar di kawasan Tlogo Putri yang letaknya agak tersembunyi di balik warung penjual jadah tempe yang bertebaran di sana.

Kawasan Tlogo Muncar, Tlogi Putri Kaliurang, Yogyakarta. Tempo Pribadi/Wicaksono

WICAKSONO PRIBADI

Baca juga : 5 acara menarik akhir pekan ini di Yogyakarta, mulai dari festival musik hingga pacuan kuda

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button