Berita Wisata

5 Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaik untuk Dikunjungi Tahun 2023

Banyuwangi

Terletak di ujung pulau Jawa dan berbatasan dengan pulau Bali, Banyuwangi sayang jika dilewatkan. Ada banyak pemandangan menarik!

Banyuwangi memiliki daya tarik tersendiri baik bagi orang yang ingin ke Bali maupun yang hanya fokus ke kota ini. Tak heran karena kawasan ini memiliki segudang objek wisata yang bisa memanjakan siapa saja yang berkunjung ke sini. Dari pegunungan, savana, pantai hingga laut, semuanya indah di Banyuwangi.

Berikut adalah 5 Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaik :

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Situbondo BaluranTaman Nasional Situbondo Baluran. Foto: Taman Nasional Baluran Situbondo (Foto: Chuck Shatu Widarsa/ detikJawa Timur)

Ingin melihat hamparan padang rumput yang luas dan memanjakan mata? Mengunjungi Taman Nasional Baluran adalah langkah yang tepat untuk Anda. Memang, di taman nasional ini, Anda akan dimanjakan dengan hamparan sabana berumput yang luas seperti di Afrika.

Keindahannya tak kalah dengan Afrika karena juga dihiasi pemandangan pegunungan sebagai latar belakang. Selain itu, terdapat juga beberapa hewan liar yang hidup di savana ini, seperti rusa, kerbau, dll.

Tur ini pun menjadi viral setelah Raisa Andriana menjadikan tempat ini sebagai lokasi video klip lagunya yang berjudul Falling Hearts.

Meski secara geografis Taman Nasional Baluran masuk dalam wilayah Kabupaten Situbondo, namun wisata ini juga dekat dijangkau dari Banyuwangi dan menjadi objek wisata yang sulit dilalui oleh wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi.

Lokasi: Pintu Gerbang Taman Nasional Baluran, Randu Agung, Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo

2. Taman Nasional Helas Purwo

Banteng jawa (bos javanicus) berada di sabana Sadengan, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021).  Hasil penampakan petugas selama beberapa bulan terakhir terlihat 128 ekor kerbau Jawa setiap hari di sabana Sadengan yang populasinya meningkat dari sebelumnya hanya 70 ekor.  ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/aww.Taman Nasional Alas Purwo. Foto: ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA

Selain Baluran yang secara geografis terletak di Situbondo, Banyuwangi juga memiliki taman nasional sendiri yaitu Taman Nasional Alas Purwo. Berbeda dengan Baluran yang berada di utara, wisata ini terletak di selatan Banyuwangi.

Meski terkenal dengan kesan mistis dan mitos yang menyelimuti kunjungan ini, taman nasional ini tetap asri untuk dinikmati. Anda juga akan disuguhkan perjalanan melewati hutan yang sangat rimbun dan rindang hingga akhirnya tiba di padang savana yang juga memperlihatkan kesejukannya.

Di savana ini anda akan bisa melihat hamparan rumput hijau yang luas dan juga terdapat beberapa hewan seperti rusa dan burung yang cantik.

Lokasi: Kutorejo, Kalipait, Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi

3. Kawah Ijen

Kawah Ijen BanyuwangiKawah Ijen Banyuwangi. Foto: Ardian Fanani/ detikJawa Timur

Wisata ini sangat mirip bahkan menjadi maskot untuk wisata Banyuwangi. Bagaimana tidak, karena Kawah Ijen menyuguhkan keindahan yang sulit ditemukan di tempat lain.

Berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Kawah Ijen menawarkan pemandangan kawah hijau yang mempesona. Selain itu yang ikonik adalah adanya tambang belerang di wisata ini.

Dan yang menjadi tujuan sebagian besar traveler saat datang ke sini adalah untuk menyaksikan blue fire yang hanya bisa ditemukan di Kawah Ijen dan Gunung Dallol, Ethiopia. Bahkan diklaim api biru yang dimiliki Kawah Ijen merupakan yang terbesar di dunia.

Api biru ini muncul akibat pembakaran gas belerang yang keluar dari rekahan Gunung Ijen dan bersuhu hingga 600 derajat Celcius.

Untuk menuju Kawah Ijen sendiri diperlukan trek yang menempuh jarak 3 km dan waktu tempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam. Karena untuk berkunjung ke sini harus mendaki dan tercium bau belerang yang menyengat di sekitar kawah, kegiatan ini tidak disarankan untuk lansia, ibu hamil, penyandang disabilitas, gangguan fungsi hati, mata sensitif, penderita disfungsi tulang belakang, orang dengan gangguan fungsi pernapasan dan yang memiliki riwayat penyakit serius lainnya.

Namun, kondisi Gunung Ijen saat ini dalam status siaga tinggi akibat peningkatan aktivitas vulkanik sejak awal Januari.

4. Teluk Hijau

Keindahan alam Pantai Rajegwesi, Teluk Hijau dan Pantai Pulau Merah di Banyuwangi cukup memukau jika dilihat dari udara.  Keindahan pantai ini diabadikan dari helikopter Bell 412 milik Skadron Udara 400 Wing-1 Puspenerbal bersama Pilot Marine (P) V. Oktomiawan dan Co-pilot Marine (P) Tri Yudha.  Spesial/Sertu Mar Kuwadi.Green Bay. Foto: Istimewa/Sertu Mar Kuwadi.

Berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Teluk Hijau atau Green Bay, seperti namanya, merupakan sebuah teluk yang memiliki air berwarna hijau toska yang sangat indah. Ditambah pasir putihnya yang lembut sangat cocok untuk memanjakan mata dan cantik untuk berfoto.

Teluk ini diapit oleh ruang hijau yang semakin menambah keindahan panorama wisata ini. Karena terletak di taman nasional, Anda juga bisa menjumpai hewan seperti monyet di sekitar pantai. Jadi, kamu harus merawat barang bawaanmu dengan baik dan tidak memberinya makan, ya!

Lokasi: Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi

5. Pantai Sukamade

Penyu yang baru lahir dilepasliarkan di pantai SukamadePenyu yang baru lahir dilepasliarkan di pantai Sukamade. Foto: Deny Prastyo Utomo/detikTravel

Selain Green Bay, kawasan Taman Nasional Meru Betiri juga menawarkan wisata indah lainnya yaitu Pantai Sukamade yang terkenal sebagai kawasan konservasi penyu. Pantai ini menjadi tempat persinggahan penyu dewasa hampir setiap malam untuk mengubur telurnya.

Sementara itu, pada pagi hari bayi penyu biasanya mulai keluar dari telurnya yang terkubur dan berjuang untuk mencapai lautan. Melihat proses alami ini tentu membuat Anda tercengang dan mensyukuri indahnya hidup.

Walaupun lokasinya cukup jauh dari kota banyuwangi yaitu sekitar 97 km, namun jangan khawatir tidak jauh dari pantai sukamade terdapat homestay dan penginapan.

Simak video “Mengunjungi Terompet Maker Center di Banyuwangi”
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button