Tempat Wisata

5 Tempat Wisata di Nusa Lembongan Bali : Tempat dan Atraksi

Bali merupakan tujuan wisata internasional yang menawarkan berbagai wisata alam. Sebagian besar objek wisata selalu penuh dengan wisatawan. Jika mencari ketenangan, Anda bisa menyeberang ke Nusa Lembongan, sebuah pulau kecil dengan panorama yang eksotis.

Hamparan pasir putih, tebing tinggi, hutan bakau dan terumbu karang yang indah dapat disaksikan di kawasan pulau kecil ini. Tidak ada kebisingan dan polusi, sehingga udara terasa sangat menyegarkan. Berkat alam yang tak tersentuh, wisatawan merasa betah dan menghabiskan banyak waktu di lokasi.

Tempat wisata di Nusa Lembongan Bali

Nusa Lembongan adalah pulau kecil dengan sejuta pesona yang mempesona. Suasana di sekitar Lembongan yang tenang dan tentram sangat cocok bagi wisatawan yang mencari kenyamanan atau ingin menyendiri.

Meski wilayahnya tidak terlalu luas, namun terdapat banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Inilah beberapa di antaranya.

1. Teluk Jamur

Keunikan tempat ini adalah memiliki tebing yang tinggi. Ada beberapa penginapan di kawasan perbukitan yang menawarkan pemandangan eksotis. Anda sudah bisa menikmati segarnya udara laut di kamar Anda. Pantai ini adalah tempat yang paling indah untuk berenang.

Ombaknya yang tenang dan pasir putihnya menjadikannya tempat bermain yang menyenangkan. Air lautnya yang sangat indah dengan nuansa hijau dan biru menjadikannya tempat snorkeling yang bagus.

2. Jembatan Kuning

Jembatan Kuning Nusa Lembongan adalah objek wisata lain yang tidak boleh dilewatkan. Jembatan ini menghubungkan Nusa Ceningan dan Lembongan. Perasaan menyeberang akan terasa berbeda karena Anda berjalan di atas laut.

Angin segar dan suara ombak sangat menyenangkan untuk dinikmati. Jembatan dengan panjang 138 meter dan lebar 1,8 meter ini sudah ada sejak tahun 1995.

Di tengah perjalanan, panorama yang tersaji begitu indah sehingga kerap dijadikan sebagai lokasi foto.

3. Pantai Jungut Batu

Jika Anda memulai perjalanan dari Sanur, Anda bisa mendarat di Pantai Jungutbatu yang menawarkan panorama pasir putih dengan karang dan tebing yang menantang. Keindahannya tersaji dengan jelas, membuat mata dan pikiran terasa segar kembali.

Pantai pasir putihnya terlihat sangat panjang. Di tempat wisata ini Anda juga bisa mengagumi keindahan perahu yang berjejer di pinggir pantai. Kawasan ini merupakan pintu masuk yang dilalui wisatawan saat menyeberang dari Sanur.

Lokasinya dekat dengan rumah warga, rumah makan, penginapan, dan fasilitas umum lainnya, sehingga Anda bisa langsung tracking aktivitas warga.

Restoran hotel menawarkan kursi pantai sehingga Anda dapat menikmati makanan lezat sambil menikmati keindahan laut.

4. Hutan bakau

Ada hutan bakau yang luas di sisi utara hingga timur pulau eksotis ini. Hutan bakau ini tidak hanya untuk konservasi alam, tetapi juga dapat dijadikan tujuan wisata.

Menjelajahi hutan mangrove, wisatawan dipandu oleh masyarakat setempat dengan menggunakan perahu tradisional. Pemandangan yang bisa dinikmati sangat menarik, antara lain perairan hijau, akar bakau yang luas dan lain sebagainya.

Kondisi alamnya sangat asri dan bebas kebisingan, sehingga sangat menenangkan. Asyiknya jalan-jalan karena udaranya menyegarkan.

5. Air Mata Iblis

Obyek wisata yang menakjubkan ini menawarkan pesona tebing terjal dengan ombak yang deras di sisi barat daya Lembongan. Nuansa yang disajikan akan sangat berbeda dengan tempat lain.

Di sana, wisatawan bisa menikmati suara deburan ombak yang menerjang tebing hingga airnya meluap. Percikan air laut ini disebut “Devil’s Tears”.

Meski terdengar menyeramkan, tempat eksotis ini justru menawarkan suasana yang menyenangkan. Keindahan ombaknya terlihat semakin mempesona jika dipadukan dengan momen matahari terbenam. Saat berkunjung, usahakan jangan terlalu dekat dengan tebing karena berbahaya.

Tujuan dan Rute

Nusa Lembongan terletak di bagian tenggara pulau Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Untuk berkunjung ke wisata indah ini, Anda harus terlebih dahulu ke Sanur untuk bisa menyeberangi Selat Badung.

Ada berbagai macam transportasi perahu, dari perahu kayu hingga speedboat. Waktu tempuh dengan speedboat sekitar 30-45 menit. Sebaliknya, jika menggunakan perahu kayu, perjalanan memakan waktu sekitar 60-90 menit.

Biaya penyeberangan dengan perahu sangat bervariasi, sehingga Anda dapat memilihnya sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga bisa menggunakan pelabuhan alternatif lain yaitu Serangan Bali.

Ada speedboat harian ke Lembongan. Titik kedatangan juga memiliki dua pelabuhan yaitu Mushroom Bay dan Jungut Batu.

Biaya masuk

Untuk memasuki wilayah Nusa Lembongan, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk. Berbagai kegiatan dapat dilakukan secara langsung sesuai dengan selera masing-masing.

Untuk mengenal kawasan tersebut, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar kawasan tersebut. Namun jika ingin menikmati wisata hutan mangrove, wisatawan perlu menyewa perahu sekitar Rp 100.000.

aktivitas yang menyenangkan

Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan saat mengunjungi Lembongan karena banyak tempat menarik untuk dijelajahi. Wisatawan bisa melakukan aktivitas sesuai selera, mulai dari duduk santai hingga olahraga ekstrim.

Keseruan menikmati keindahan alam tentunya akan terasa lebih nikmat saat Anda melakukan aktivitas yang Anda sukai. Ini adalah kegiatan yang menarik jika Anda pergi ke Lembongan.

1. Seberangi Jembatan Kuning

Wisata paling populer dengan spot foto Instagramable adalah Yellow Bridge. Wisatawan bisa berjalan melintasi jembatan menuju Nusa Ceningan sambil menikmati berbagai spot foto yang menarik.

Pemandangan yang disajikan begitu mengesankan sehingga Anda bisa leluasa mengambil foto dengan latar belakang pepohonan hijau dan laut.

2. Di sekitar pulau

Jika Anda suka menjelajah dengan santai, Anda bisa menyewa sepeda atau sepeda motor untuk menjelajahi pulau. Tapi kalau tidak mau bayar juga bisa jalan kaki. Anda dapat menghubungi penduduk setempat untuk mengetahui aktivitas sehari-hari yang terjadi.

Penduduk setempat dikenal sangat ramah, jadi jangan ragu untuk bertanya apa pun yang ingin Anda ketahui. Sambil berjalan-jalan, sesekali Anda bisa berhenti untuk mengambil foto untuk mengabadikan momen liburan.

3. Olahraga air

Snorkeling di Nusa Lembongan merupakan kegiatan yang menarik. Anda bisa menikmati keindahan alam bawah laut sambil bermain. Airnya sangat jernih dan telah melestarikan terumbu karang yang menawarkan keajaiban bawah laut yang menakjubkan.

Jika beruntung Anda bisa melihat ikan mola mola atau pari manta. Untuk memesan kegiatan snorkeling, Anda dapat menghubungi perwakilan setempat. Ada juga olahraga air lainnya seperti scuba diving atau selancar yang bisa Anda coba.

4. Menjelajahi hutan mangrove

Untuk merasakan suasana hutan bakau yang asri, Anda bisa menyewa perahu dan menjelajahi kawasan tersebut. Sesampainya di lokasi, Anda akan melihat banyak pohon bakau di kawasan pantai.

Wisatawan bisa menggunakan jasa warga sekitar untuk berkeliling sambil mengagumi keindahan mangrove. Sepanjang jalan, Anda bebas berfoto dan menikmati keindahan panorama hijau yang sejuk.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Nusa Lembongan adalah pada bulan April, Mei dan September. Saat ini kawasan ini tidak terlalu ramai, sehingga Anda bisa menikmati keindahan alam yang eksotik dengan lebih leluasa dan bahagia. Rasakan pesona alam dengan keunikannya yang beragam.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button