Berita Wisata

5 Tempat Wisata Di Sawahlunto Sumbar Cocok Bagi Yang Ingin Tahu Sejarah Pertambangan Batu Bara

TRIBUNPADANG.COM, SAWAHLUNTO – Ada berbagai tempat wisata di Sumbar di Sawahlunto mulai dari museum hingga tambang.

Bagi yang ingin mengetahui sejarah pertambangan batu bara di Sawalunto, tempat wisata ini bisa dijadikan tujuan.

Berikut tempat wisata di Sumatera Barat di Sawahlunto :

1. Lubang Mbah Suro

Wisata Sumbar: Lubang Tambang Mbah Suro di Kota SawahluntoWisata di Sumbar: Lubang Tambang Mbah Suro di Kota Sawahlunto (TribunPadang.com/Mona Triana)

Lubang Mbah Suro terletak di Jalan Abdurrahman Hakim, Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Lubang Mbah Suro memiliki panjang 1,5 kilometer.

Pengunjung yang ingin mengetahui cara kerja para penambang batu bara bisa melihat langsung ke lubang Mbah Suro ini.

Sebelum memasuki lubang Mbah Suro, pengunjung akan dipandu dan harus menggunakan sepatu khusus serta helm yang telah disediakan.

Bahkan nantinya pengunjung akan mendapat sertifikat setelah mengunjungi Lubang Mbah Suro.

2. Museum Goedang Ransoem

Wisata Sumatera Barat: Museum Jatah Goedang di Kota SawahluntoWisata di Sumbar: Museum Goedang Ransoem di kota Sawahlunto (TribunPadang.com/Mona Triana)

Museum Goedang Ransoem terletak di Jalan Abdurrahman Hakim, Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Museum ini banyak menyimpan sejarah tentang kota Sawahlunto yang dulunya merupakan kota pertambangan.

Museum Goedang Ransoem masih kokoh berdiri hingga saat ini. Di dalam, pengunjung dapat melihat segala sesuatu mulai dari peralatan dapur untuk penambang hingga peralatan yang digunakan para pekerja untuk mengekstraksi batu bara.

Wisata di Sumbar: Peralatan dapur di Museum Goedang Ransum digunakan untuk memasak air dan nasi bagi para penambangWisata Sumbar: Peralatan dapur di Museum Goedang Ransum digunakan untuk memasak air dan nasi bagi para penambang (TribunPadang.com/Mona Triana)

3. Museum Kereta Api

Wisata di Sumatera Barat : Museum Kereta Api di kota SawahluntoWisata di Sumbar: Museum Kereta Api di kota Sawahlunto (TribunPadang.com/Mona Triana)

Museum Kereta Api Sawahlunto terletak di Jalan Ahmad Yani, Teleng, Pasar, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Museum Kereta Api dulunya adalah stasiun kereta api dan sejak tahun 2005 telah dihapus dan kemudian digunakan sebagai museum.

Di dalam Museum Kereta Api pengunjung dapat melihat peninggalan purbakala berupa peralatan kereta api, mesin hitung, mesin tik hingga bentuk dokumentasi yang berisi tentang sejarah perkeretaapian di Sumatera Barat.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button