Berita Wisata

5 Tempat Wisata di Surabaya Terkenal dan Terpopuler

Lambang kota Surabaya

murianews – Surabaya adalah salah satu kota paling bersejarah di Indonesia, yang menjadikan Surabaya tujuan wisata yang terkait dengan sejarah. Tak heran jika Surabaya dijuluki sebagai kota pahlawan karena banyak pahlawan kemerdekaan yang memperjuangkan kemerdekaan dari negara Indonesia.

Selain meriset destinasi wisata yang akan kamu kunjungi di Surabaya, kamu juga perlu mencari transportasi untuk menuju ke sana, bukan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan pesawat dan memilih tiket pesawat murah ke Surabaya melalui Traveloka!

Meski terkenal dengan suhunya yang tinggi, Surabaya memiliki segudang tempat wisata yang memberikan edukasi dan hiburan menarik. Tak heran jika Surabaya selalu menjadi tempat liburan favorit bagi puluhan ribu masyarakat Indonesia.

Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di surabaya yang populer dan terkenal dan selalu menjadi prioritas para pengunjung yang berlibur di surabaya.

1. Kampung Arab

Lokasi: Jalan Ampel Kejeron I Nomor 4, RT 006/RW 02, Ampel, Kecamatan Semampir, Kota SBY, Jawa Timur 60151
Harga Tiket: Gratis

Keberagaman Indonesia tercermin dari banyaknya suku dan budaya, hal ini tercermin dari keberadaan Kampung Arab Surabaya. Permukiman ini banyak dihuni oleh penduduk Arab yang mayoritas beragama Islam, sehingga perkampungan ini dijadikan tempat wisata religi.

Kampung Arab merupakan salah satu kampung yang dijadikan tujuan wisata dan menarik perhatian banyak wisatawan karena banyaknya pedagang. Anda bisa mencari oleh-oleh berupa pakaian, parfum dan pernak-pernik yang dijual di sebuah desa di kawasan Ampel.

2.KePura Sanggar Agung

Lokasi : Jalan Sukolilo Nomor 100, Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur 60122
Harga tiket: Rp5.000 – Rp10.000

Pura Sanggar Agung terletak di kawasan pantai Ria Kenjeran, pura ini memiliki pesona tersendiri bagi para wisatawan. Ada berbagai patung di sini, seperti patung dewi “Kwan Im”, patung “Sha Na” dan “Tong Nu”, serta patung naga.

Klenteng ini cocok untuk wisata religi, dan jika ingin mendapatkan suasana yang lebih sakral, Anda bisa datang saat imlek. Karena saat Imlek, ada perayaan kelenteng ini yang ramai dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan lokal maupun mancanegara.

3. Museum Rumah Sampoerna

Lokasi : Sampoerna Park Nomor 6, Krembangan Utara, Kelurahan Cantian Bea Cukai, Kota Surabaya, Jawa Timur 60163
Harga Tiket: Gratis

Surabaya juga dikenal dengan artefak wisata sejarah berupa museum, salah satunya adalah Museum Rumah Sampoerna. Museum Kretek di Taman Sampoerna 6 ini awalnya merupakan tempat produksi rokok Sampoerna pertama di Indonesia.

Di sini Anda bisa belajar tentang sejarah kretek atau rokok di Indonesia, serta berbagai jenisnya. Anda juga bisa mempelajari jenis-jenis korek api, dan tentunya berkesempatan melihat langsung proses pembuatan rokok.

Selain itu, museum ini juga menawarkan pengunjung untuk berkeliling Surabaya gratis dengan menggunakan bus khusus. Ada juga kafe dan toko suvenir di lantai dua, jadi Anda bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

4. Monumen Pahlawan

Lokasi: Jalan Pahlawan, Alun-Alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60174
Harga Tiket: Gratis

Salah satu tempat wisata Surabaya yang wajib dikunjungi adalah Monumen Pahlawan yang merupakan ikon kota Surabaya. Dikelilingi tanaman hijau yang rindang, Tugu Pahlawan adalah tempat yang tepat untuk bersantai setelah menjelajahi kota Surabaya.

Monumen megah ini sudah ada sejak zaman kolonial, jadi Anda bisa mengabadikan tempat bersejarah ini dengan berfoto. Jangan khawatir, Anda tidak perlu membayar untuk mengunjungi tempat ini karena Monumen Pahlawan gratis untuk umum.

5. Museum 10 November

Lokasi: Jalan Pahlawan, Alun-Alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60174
Harga tiket: Rp 5.000

Jika Anda penasaran dengan sejarah perjuangan rakyat Surabaya melawan penjajah pada 10 November 1945, museum ini cocok untuk Anda. Pasalnya, museum ini merupakan tempat yang berisi kumpulan cerita dan bukti sejarah perjuangan para pahlawan tersebut.

Lokasi museum ini tidak jauh dari lokasi Tugu Pahlawan, sehingga Anda bisa mendekati kedua tempat tersebut sekaligus. Anda bisa menelusuri foto dan lukisan situasi perang serta koleksi bukti perang dari Bung Tomo dan peralatan militer dari Suroboyo.

Sudah siap mengunjungi berbagai destinasi wisata unik dan populer di kota Surabaya? Selain mengunjungi tempat wisata, Anda juga bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman.

Oleh-oleh yang direkomendasikan dari Surabaya

Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang wajib kamu beli untuk keluarga di rumah!

1.Lapis Surabaya

Lapis Surabaya ini memiliki tiga lapisan yang diisi dengan rasa selai yang berbeda. Lapis Surabaya memiliki rasa yang legit dan manis dengan ciri khas warna kuning dan coklat serta tekstur yang lembut.

2.Spikoe Surabaya

Spikoe Surabaya terbuat dari resep Spikoe kuno yang dikemas secara modern. Spikoe Surabaya memiliki dua lapis dengan isian dan varian rasa seperti original, kismis dan plum.

Setelah mendapatkan rekomendasi tempat wisata populer di Surabaya, apakah Anda sudah siap untuk berlibur? Jangan lupa pesan tiket pesawat murah ke Surabaya di Traveloka!

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button