Berita Wisata

5 Tempat Wisata Indah di Sekitar Gunung Merapi 0 : Infografis Foto Okezone

Rabu, 14 Desember 2022 21:27 WIB

Merapi merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Namun, keindahan pemandangan Gunung Merapi tak pernah gagal memukau para wisatawan.

Baca juga: Gunung Merapi kembali menyemburkan awan panas

Gunung Merapi terbagi menjadi empat wilayah, yaitu Kabupaten Magelang di utara, Kabupaten Sleman di selatan, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Klaten di timur.

Sejak erupsi besar tahun 2010 lalu, Gunung Merapi justru berubah menjadi destinasi wisata favorit. Ya, saat ini banyak sekali tempat wisata alam terbuka di lereng Merapi yang tentunya tidak boleh dilewatkan.

1. Taman Alam Tankaman

Taman Wisata Alam Tankaman merupakan salah satu tempat wisata terbaru yang menampilkan lanskap Gunung Merapi. Lokasinya yang masih rimbun membuat suasana menjadi lebih sejuk, sehingga cocok sebagai destinasi untuk melepas penat dari aktivitas rutin yang melelahkan. Dari sini pengunjung bisa melihat keindahan Gunung Merapi yang diapit dua bukit.

Baca Juga: 7 Spot Estetika Paling Favorit di Gunung Semeru

2. Jembatan Plunyon Kalikuning

Lalu ada Jembatan Plunyon Kalikuning yang tidak boleh dilewatkan. Jembatan Plunyon sangat cocok sebagai tempat berburu foto estetik sebagai bahan media sosial. Jernihnya aliran air sungai di bawahnya juga sangat cocok bagi wisatawan yang ingin bermain air.

3. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem merupakan salah satu tempat wisata di lereng Merapi yang unik dan penuh cerita. Seperti namanya, kawasan ini awalnya berfungsi sebagai tempat berlindung bagi warga saat terjadi erupsi Merapi.

Dari sini pengunjung bisa melihat lebih dekat keindahan dan kemegahan Gunung Merapi. Daerah berbatu, gersang tapi dingin, sangat cocok dinikmati sambil menyeruput secangkir kopi.

4.Nawang Jagad

Berada di kawasan Kaliurang, Nawang Jagad menawarkan pemandangan langsung Gunung Merapi yang diapit perbukitan Turgo di sebelah barat dan perbukitan Plawangan di sebelah timur. Tempat ini sangat cocok untuk berkemah bersama teman dan keluarga.

5. Ekowisata Kalitalang

Bagi Anda yang tidak ingin lelah mendaki untuk melihat kekuatan Gunung Merapi, Ekowisata Kalitalang adalah tempat yang tepat untuk dipilih saat liburan akhir pekan Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button