Berita Wisata

5 tempat wisata indah di sekitar Gunung Merapi no 3 dekat rumah api Mbah Maridjan

Memuat…

Gunung Merapi kini menjelma menjadi destinasi wisata favorit. Foto/Instagram oleh Nawang Jagad

YOGYAKARTA – Merapi merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Namun, keindahan pemandangan Gunung Merapi tak pernah gagal memukau para wisatawan.

Gunung Merapi terbagi menjadi empat wilayah, yaitu Kabupaten Magelang di utara, Kabupaten Sleman di selatan, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Klaten di timur.

Sejak erupsi besar tahun 2010 lalu, Gunung Merapi justru berubah menjadi destinasi wisata favorit. Ya, saat ini banyak sekali tempat wisata alam terbuka di lereng Merapi yang tentunya tidak boleh dilewatkan.

Baca juga: Nara Butterfly Jogya, Wisata Edukasi Baru di Kaki Gunung Merapi

Berikut lima tempat wisata di sekitar Gunung Merapi yang bisa menjadi pilihan liburan akhir pekan Anda.

1. Taman Alam Tankaman

5 tempat wisata indah di sekitar Gunung Merapi no 3 dekat rumah api Mbah Maridjan
Foto/Instagram @tankaman.kaliurang

Taman Wisata Alam Tankaman merupakan salah satu tempat wisata terbaru yang menampilkan lanskap Gunung Merapi. Lokasinya yang masih rimbun membuat suasana menjadi lebih sejuk, sehingga cocok sebagai destinasi untuk melepas penat dari aktivitas rutin yang melelahkan. Dari sini pengunjung bisa melihat keindahan Gunung Merapi yang diapit dua bukit.

Taman Wisata Alam Tankaman berada di kawasan Kaliurang dan dapat digunakan untuk kegiatan seperti berkemah, bersepeda, berkumpul bersama keluarga atau teman dekat. Lokasi Taman Wisata Alam Tankaman cukup mudah ditemukan, berjarak sekitar 800 meter dari icon Kaliurang yaitu Tugu Udang.

Untuk masuk ke lokasi wisata, pengunjung hanya perlu membayar dengan ikhlas. Sedangkan untuk biaya camping, pihak pengelola mengenakan biaya Rp 25.000 per malam. Makanan dan minuman yang disediakan oleh para pedagang cukup murah, hanya sekitar Rp15-Rp. 20 ribu.

Taman Alam Tankaman memiliki waktu tutup setiap hari Selasa. Sedangkan jam bukanya mulai pukul 08:00 WIB hingga 16:00 WIB.

2. Jembatan Plunyon Kalikuning

5 tempat wisata indah di sekitar Gunung Merapi no 3 dekat rumah api Mbah Maridjan
Foto/Instagram @pesonajogja.id

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button