Berita Wisata

5 Tempat Wisata Palembang Populer yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

CELEBESMEDIA.ID: Makassar – Kota Palembang memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini menawarkan berbagai hal menarik. Wisatawan dapat melihat warisan budaya dengan sejarah yang menarik untuk menambah wawasan.

Jika Anda sedang berlibur di Palembang, berikut tempat wisata yang wajib Anda kunjungi:

1. Jembatan Ampera

Foto: Jembatan Ampera (kanvas)

Jembatan Ampera terletak di Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, dan merupakan ikon kebanggaan kota Palembang yang paling terkenal.

Berkunjung ke Palembang akan terasa kurang jika belum mengunjungi jembatan ikonik ini.

Jembatan yang pernah menjadi jembatan terpanjang di Asia Tenggara ini memiliki panjang lebih dari 1000 meter, lebar 22 meter dan tinggi 63 meter.

Jembatan Ampera dirombak untuk Asian Games 2018 dengan memasang dua jam analog besar di kedua menara, sehingga jembatan terlihat keren dan modern.

Pada malam hari, Jembatan Ampera semakin indah dengan lampu-lampu yang menghiasinya.

2. Benteng Kuto Besak

Foto: Benteng Kuto Besak (adat Indonesia)

Benteng Kuto Besak terletak di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang.

Benteng ini merupakan tempat wisata dengan bangunan bersejarah yang terletak di tepi Sungai Musi.

Benteng yang dibangun pada tahun 1780 ini ditata oleh pemerintah kota Palembang sebagai alun-alun di halaman depan benteng, dilengkapi dengan bangku-bangku, penjual makanan dan fasilitas penyewaan perahu untuk snorkeling, pariwisata di Sungai Musi.

Untuk mengunjungi Benteng Kuto Besak, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Terletak cukup dekat dengan pusat kota Palembang, dengan jarak tempuh sekitar 4 km dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit.

3. Masjid Cheng Ho

Foto: Masjid Cheng Ho (Kompas)

Masjid Cheng Ho yang terletak di Jalan Pangeran Ratu, Perumahan Atlet TOP, Desa 15 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, merupakan masjid dengan arsitektur yang memadukan budaya Palembang, Cina, dan Arab.

Masjid dengan nama lengkap Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho ini, menjadi simbol multikulturalisme di Palembang, masjid ini didominasi warna khas hijau dan merah.

Pengunjung bisa menikmati masjid dengan konsep unik dan berfoto di sini, tanpa harus membayar biaya masuk.

Untuk mencapai Masjid Cheng Ho dari pusat kota Palembang, dibutuhkan waktu sekitar 8 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit dengan kendaraan roda dua atau empat.

4. Taman Alam Punti Kayu

Foto: Taman Alam Punti Kayu (Virtual Tour di Indonesia)

adalah kawasan hutan kota yang terletak di Jalan Kolonel Burlian Km 6.5, Karya Baru, Alang-alang Lebar, Palembang.

Taman ini memiliki luas sekitar 50 hektar yang sangat cocok untuk wisata keluarga, karena sering dijadikan tempat piknik dengan menggelar tikar dan makan.

Taman Wisata Alam Punti Kayu menawarkan wahana yang bisa dinikmati pengunjung, seperti replika keajaiban dunia, areal pertanian, flying fox dan lain-lain.

Untuk mengunjungi Punti Kayu, pengunjung harus membayar tiket masuk yang berbeda pada hari biasa dan hari libur.

Pada hari kerja, Rp 25.000 per orang dewasa, Rp 20.000 per anak. Pada hari libur umum adalah Rp 30.000 per orang dewasa, Rp 25.000 per anak.

Kendaraan yang dibawa pengunjung juga dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

5. Trotoar

Foto: Sekanak Trotoar (iTrip)

terletak di Talang Semut, Bukit Kecil, Palembang. Tempat wisata ini tergolong baru karena dibangun dalam rangka persiapan Asian Games 2018 di Palembang.

Terletak di Sungai Sekanak, trotoar Sekanak yang dihiasi lukisan warna-warni menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung.

Dengan konsep cerah dan penuh warna, tempat ini sangat cocok untuk berburu foto-foto Instagrammable.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button