Tempat Wisata

5 wisata bahari terpopuler di Pulau Bintan

5 wisata bahari terpopuler di Pulau Bintan

Tertarik berlibur ke pesisir? Inilah daftar objek wisata bahari di Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Destinasi wisata alam terindah, eksotik dan populer yang patut dijelajahi saat musim liburan.

Ada banyak daerah di Kepulauan Riau. Provinsi yang menghubungkan Indonesia dengan dua negara tetangga yakni Singapura dan Malaysia ini memang terkenal punya banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Pulau Bintan adalah daratan terluas di wilayah ini. Ada beberapa kota besar di sana.

Dengan luas lebih dari 60.000 kilometer persegi, pulau ini memiliki beberapa destinasi indah yang wajib Anda kunjungi selama berada di sana. Dari sekian banyak destinasi wisata, sebagian besar menjadi saksi keanggunan bahari di tempat tersebut. Tak heran, karena laut seakan berpadu indah dengan daratan hijau.

Pusat provinsinya, Kota Tanjung Pinang, juga terletak di pulau di samping Kota Bintan. Masih ada beberapa kawasan kecil di kawasan tersebut yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pepohonan tumbuh dengan baik dan memberikan suasana yang menyenangkan pada area tersebut. Akses menuju tempat wisata juga sangat mudah. Berikut rekomendasi wisata bahari yang menarik di Pulau Bintan.

1. Pantai Lagoi

Pantai LagoiFoto: Google Maps/Gunawan Azhar

Inilah salah satu tempat wisata terpopuler di Pulau Bintan. Bagaimana tidak, tempat ini menawarkan berbagai hal untuk dinikmati para pengunjungnya. Penampakan yang tersaji di sana begitu indah sehingga siapapun yang melihatnya akan terkagum-kagum dan terpesona dengan keindahannya.

Tak heran jika objek wisata ini menjadi tujuan wisata utama di wilayah tersebut. Dengan pantainya yang berpasir putih, tempat ini akan memikat hati siapapun yang berkunjung ke kawasan Batam. Pantainya juga cukup luas sehingga wisatawan bisa menjelajah lebih jauh tanpa alas kaki dan langsung merasakan lembutnya pasir pantai.

Pantai Lagoi juga terkenal di kalangan wisatawan, tidak hanya wisatawan lokal namun juga mancanegara. Keindahannya bisa disejajarkan dengan pantai Lombok dan Pulau Dewata. Hal ini tidak berlebihan, karena dengan hamparan pasir pantai yang bersih seolah menyatu anggun dengan air laut yang mengelilinginya.

Pemandangan semakin indah dengan tumbuhnya vegetasi alami di kawasan setelah pasir pantai. Banyaknya pepohonan yang tumbuh di tempat ini membuat tampilan yang bisa dinikmati masyarakat semakin indah. Deretan pohon kelapa yang begitu cantik membuat suasana semakin tenang seiring hembusan angin yang menerpa kulit.

Tak perlu khawatir saat berkunjung ke sana karena fasilitas yang tersedia sudah sangat lengkap. Wisatawan yang singgah di sana bisa bermalam karena terdapat beberapa penginapan dan resort di dekat pantai. Bahkan, beberapa resor telah dibangun di seberang pantai, menawarkan pemandangan menakjubkan saat menginap di sana.

Pengunjung juga bisa menikmati pantai dengan berbagai cara. Mulai dari hal sederhana seperti berjalan-jalan menikmati segarnya udara laut hingga berenang merasakan sejuknya air objek wisata ini. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas menyelam.

Pesona destinasi wisata ini tidak hanya terlihat di permukaan lautnya saja. Namun dasar lautnya juga sangat indah dan bisa dinikmati dengan mata kepala sendiri. Untuk itu pihak pengelola menawarkan aktivitas snorkeling bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman lain selain berkunjung ke tempat ini.

Harga tiket: Rp 25.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Sebong Lagoi, Kecamatan. Teluk. Sebong, Cab.Bintan, Kepulauan Riau.

2. Pantai Trikora

Pantai TrikoraFoto: Google Maps/Hana Christina

Destinasi wisata bahari di Pulau Bintan ini merupakan pantai terpanjang di sana. Diukur dari satu ujung pantai ke ujung lainnya, panjangnya bisa sekitar 25 kilometer. Tempat ini juga mempunyai keistimewaan tersendiri yaitu bebatuan granit yang berjejer indah menyuguhkan pemandangan indah tempat yang luar biasa ini.

Pantai Trikora memang menjadi salah satu landmark kawasan Tanjung Pinang. Letaknya tidak jauh dari ibu kota Provinsi Kepulauan Riau. Jaraknya hanya sekitar 45 kilometer. Untuk mendatangkan pengunjung ke lokasi, berbagai akomodasi dapat dipesan.

Ketinggian air di pantai ini juga tergolong dangkal sehingga sangat aman untuk dijelajahi oleh berbagai kalangan. Tak perlu khawatir jika Anda membawa anak kecil ke tempat ini. Namun perlu diingat bahwa bebatuan di sana sewaktu-waktu bisa berbahaya. Oleh karena itu, pengawasan tambahan tetap diperlukan pada si Kecil.

Selain bebatuan granit yang mempercantik pemandangan, pepohonan kelapa yang hidup di sana juga semakin memukau pengunjung. Destinasi ini sepertinya merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu berlibur. Beristirahat di tempat ini memang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Ada beberapa resor di sekitar Trikora. Inilah jawaban bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu di tempat luar biasa ini. Ragam fasilitasnya pun bisa dikatakan lengkap, dengan beberapa fasilitas seperti bilik toilet dan beberapa mushola tersedia bagi pengunjung.

Agar masyarakat bisa menikmati tempat itu dengan lebih santai, pemerintah juga menyediakan beberapa paviliun. Gemerisik angin yang bertiup disertai deburan ombak yang menghantam bebatuan yang seolah melindungi pantai merupakan fenomena yang cantik dan bisa dijadikan latar foto untuk mengabadikan momen liburan.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Trikora, Kecamatan Kawal. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

3. Pantai Sgigi

Pantai SgigiFoto: Google Maps/Leonardo (Grounde)

Tempat wisata ini terletak di tempat yang cukup tersembunyi sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Kebanyakan pengunjung yang datang ke sana adalah para pelancong yang mencari suasana berbeda dibandingkan berlibur di tempat yang luar biasa tersebut.

Pasir di tempat eksotik ini memiliki struktur yang padat. Bahkan, beberapa pengunjung yang membawa mobil sendiri ke sana pernah mengendarai kendaraannya melintasi hamparan pasir putih. Dengan begitu, variasi foto kunjungan ke tempat wisata tersebut bisa lebih tercipta.

Beberapa pengunjung mendirikan tenda di sini untuk berkemah. Merupakan kegiatan yang menarik untuk bermalam di objek wisata ini. Destinasi ini memang menawarkan nuansa berbeda dibandingkan liburan di kawasan Batam. Angin dan ombak yang menyapu kawasan pantai menambah suasana tenang.

Deburan ombak yang menghantam bibir pantai cukup aman bagi wisatawan dalam beraktivitas. Apalagi saat musim kemarau, pengunjung bisa menikmati pantai tanpa hambatan karena angin bertiup dari sisi selatan. Karena tempat ini berada di sisi utara Pulau Bintan, maka angin secara alami menerpa ombak yang datang dari sisi utara.

Tidak mudah untuk mencapai lokasi tersebut. Wisatawan yang baru pertama kali datang ke sana disarankan untuk menyewa pemandu wisata yang bisa memimpin perjalanan. Selain itu, Anda juga diharapkan membawa perbekalan sendiri karena fasilitas di lokasi ini minim dengan bebatuan dan pepohonan di pinggir pantai.

Harga tiket: Rp8.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Sebong Lagoi, Kecamatan. Teluk Sebong, Cab.Bintan, Kepulauan Riau.

4. Pantai Sakera

Pantai SakeraFoto: Google Maps/Su Yono

Setidaknya ada satu pantai pasir putih lainnya di Pulau Bintan. Sakera merupakan pantai dengan luas pasir yang cukup luas dan menjadi salah satu destinasi wisata populer disana. Lokasinya juga tidak jauh dari Batam. Tersedia pula berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh siapapun yang berkunjung ke tempat ini.

Pantai dengan kontur landai ini menawarkan pemandangan alam yang mempesona karena terlihat seperti tempat yang luas dan luas di tepi laut. Sama seperti tempat wisata sebelumnya, tempat ini juga memiliki perairan jernih yang bisa dijelajahi lebih jauh. Bahkan, wisatawan juga bisa mencari siput atau kerang di pinggir pantai.

Beberapa pohon hidup di sekitar kawasan berpasir. Hal ini menciptakan suasana tenang. Ada beberapa paviliun yang ditawarkan pemerintah. Pasir yang terhampar juga terasa cukup lembut. Dengan cara ini, orang tidak perlu khawatir menjelajahinya tanpa alas kaki.

Untuk memuaskan pengunjung yang lapar, beberapa warung makan juga tersedia. Sajian seafood khas pinggir pantai ini memang menjadi sajian yang nikmat. Aktivitas bermain air juga bisa dilakukan tanpa ragu. Banyak juga orang yang mencoba menikmati suasana dengan berenang di laut yang mengelilinginya.

Tersedia juga beberapa pilihan akomodasi yang nyaman bagi wisatawan yang ingin bermalam di objek wisata ini. Mulai dari hotel minimalis dengan tarif sewa per malam yang murah hingga tempat-tempat yang cukup mewah untuk disewa oleh wisatawan.

Harga tiket: Rp8.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Kecamatan Tanjung Uban Utara. Bintan Utara, Cab.Bintan, Kepulauan Riau.

5. Pulau Pasir Putih

Pulau pasir putihFoto: Elements Envato/Garakta Studio

Tempat ini terpisah dari Pulau Bintan, namun jaraknya tidak terlalu jauh. Untuk menuju ke sana, wisatawan harus naik speedboat dari desa mangrove. Dibutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit berkendara ke sana dari tempat yang bercirikan hutan bakau alami yang rindang.

Sesampainya di sana, mata Anda akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa dari pulau mungil ini. Pasir pantainya berwarna putih sangat bersih dan berpadu anggun dengan air laut yang jernih berwarna biru kehijauan. Banyak pula pepohonan yang tumbuh di kawasan pantai sehingga membentuk perpaduan daya tarik wisata yang indah.

Ada wisata lain yang bisa dilakukan di tempat ini selain menikmati pantai. Ada tempat penangkaran penyu di tengahnya. Tempat ini memang merupakan tempat pelestarian penyu melalui penangkaran. Bayi penyu dirawat di sini dan setelah dewasa akan dilepasliarkan ke laut lepas menuju habitat aslinya.

Setelah pengunjung puas melihat anak-anak hewan lucu tersebut, pengunjung bisa menikmati pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Tempat ini menawarkan pengalaman wisata bawah laut melalui snorkeling di laut sekitarnya. Terumbu karang di sana terjaga dengan baik sehingga ekosistem di sekitarnya tetap alami dan terawat.

Terdapat beberapa paviliun dimana pengunjung dapat menikmati objek wisata ini dengan lebih privat. Tempat ini akan membuat Anda serasa berlibur di pulau tak berpenghuni yang mampu menenangkan hati dan pikiran Anda kembali.

Harga tiket: Rp52.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Teluk Bakau, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

Inilah daftar tempat yang bisa dikunjungi dalam perjalanan laut ke Pulau Bintan. Kawasan yang terletak tak jauh dari Singapura ini memiliki banyak pantai eksotis yang memberikan pengalaman tak terlupakan. Menginap di tempat ini bisa membuat liburanmu semakin indah dan pikiranmu lebih segar.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button