Tempat Wisata

5 wisata bahari terpopuler di Pulau Buru

5 wisata bahari terpopuler di Pulau Buru

Apakah Anda memerlukan liburan yang canggih? Inilah daftar wisata bahari di Pulau Buru, Provinsi Maluku. Tempat wisata alam terindah, eksotik dan populer yang akan mengajak anda menjelajah untuk liburan seru.

Pulau Buru merupakan sebuah pulau besar yang dikelilingi perbukitan hijau dan masih berada di wilayah Kepulauan Maluku. Potensi wisata di pulau ini tidak perlu diragukan lagi, banyak destinasi menarik terutama yang berada di tepi laut. Dikunjungi.

Pantai berpasir putih dengan air laut berwarna hijau semu yang luas menjadi tujuan wisata pengunjung pulau ini. Baik pengunjung domestik maupun mancanegara menghabiskan liburannya di pantai Pulau Buru.

Berikut daftar rekomendasi wisata bahari di Pulau Buru. Anda dapat mengunjungi wisata ini kapan saja karena sebagian besar wisata menawarkan pemandangan yang mempesona.

1. Pantai Jikumerasa

Pantai JikumerasaFoto: Google Maps/Dulleh “Renyah Asli”

Wisata bahari pertama yang banyak digemari pengunjung adalah Pantai Jikumerasa. Karena dekat dengan pusat kota, pengunjung yang ingin berkunjung ke pantai ini dapat dengan mudah menjangkaunya. Bisa menggunakan angkutan pribadi atau umum.

Karena jaraknya 27 km dari kota terdekat, perjalanan hanya memakan waktu sekitar 40 menit. Jika ingin menggunakan angkutan umum, Anda bisa menyewa perahu untuk menyeberangi lautan dengan harga yang terjangkau.

Tentunya setelah memasuki pantai ini Anda akan disambut dengan keindahan pantai dengan lautnya yang biru. Deretan perbukitan hijau yang tampak asri seolah membingkai sebagian laut. Oleh karena itu, pantai ini masuk dalam rekomendasi wisata bahari di Pulau Buru yang wajib dikunjungi.

Kontras warna laut dan hijaunya pepohonan akan memikat mata setiap orang yang melihatnya. Banyak pengunjung yang menjadikan pemandangan ini sebagai latar belakang fotonya. Lokasi ini sering dijadikan lokasi foto prewedding.

Selain menjelajahi pemandangan alam yang indah, Anda juga bisa menjelajahi pesona alam bawah laut yang penuh dengan ikan-ikan kecil. Snorkeling atau sejenisnya menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu bersama ikan-ikan yang berenang di tepian laut.

Banyaknya ikan-ikan kecil yang ada di sekitar Anda bisa diabadikan melalui foto bawah air yang indah. Jangan lupa untuk menggunakan perlengkapan keselamatan seperti jaket pelampung dan kacamata air. Peralatan ini bisa Anda sewa dari warga sekitar pantai.

Setelah pengunjung lelah menjelajahi keindahan alam bawah laut, pengunjung dapat beristirahat dan mencicipi masakan khas maluku. Rujak pedas khas kepulauan bagian timur ini bisa menemani Anda sambil melihat keindahan laut lepas.

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Desa Jikumerasa, Kecamatan. Lilialy, Kab. Buruan, Maluku.

2. Pantai Baikole

Pantai BaikoleFoto: Twitter/Tonihar 44437691

Rekomendasi wisata bahari selanjutnya adalah pantai Baikole yang memiliki keunikan tersendiri. Bagaimana tidak uniknya, bentuk lautan yang memanjang dari pantai ini seperti sungai namun dengan warna air yang sangat jernih.

Saat pertama kali melihat pantai ini, Anda mungkin mengira bahwa pantai ini adalah sungai yang bermuara di laut lepas. Namun jika Anda membaca tulisan “Pantai Baikole” di depannya, Anda akan percaya bahwa tempat tersebut adalah sebuah pantai.

Karena bentuknya yang memanjang, maka dibangunlah jembatan kayu yang menghubungkan kedua desa di kiri-kanan pantai. Jembatan ini tidak hanya berfungsi sebagai jalur transportasi warga sekitar, namun juga menjadi spot berfoto bagi pengunjung pantai.

Warna hijau toska yang mendominasi jembatan akan menyempurnakan foto terbaik Anda di Pantai Baikole. Karena pantai ini merupakan salah satu pantai wisata terindah di Pulau Buru, maka semakin populer di kalangan pengunjung dari luar daerah.

Karena pantai ini dekat dengan pemukiman penduduk, tak jarang warga setempat menawarkan akomodasi bagi pengunjung yang ingin bermalam di kawasan tersebut. Sikap ramah warga terhadap pengunjung pantai menjadi nilai tambah wisata pantai.

Kondisi laut yang sebagian besar tenang membuat pengunjung betah berada di pantai berpasir putih tersebut. Meski hari sudah gelap, banyak anak-anak dari desa sekitar yang berenang di kawasan pantai ini. Saat mereka mulai bermain air di laut, keceriaan anak-anak akan terlihat jelas dari gelak tawa yang mereka dengar.

Kesegaran air laut di pantai ini bisa Anda rasakan saat berenang bersama anak-anak setempat. Jika ingin suasana lebih seru, Anda bisa mencoba melompat dari ketinggian jembatan. Dari sekian banyak aktivitas tersebut, pantas jika Pantai Baikole menjadi destinasi wajib saat berkunjung ke pulau ini.

Harga tiket: -; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Provinsi, Jikumerasa, Kab. Namlea, Kab. Buruan, Maluku.

3. Air Babangun

Air BabangunFoto: Google Maps/Adi Soetrisno

Destinasi wisata selanjutnya adalah air terjun yang terletak di dekat Pantai Air Babangun. Air terjun eponymous yang terletak 50 meter dari bibir pantai ini memiliki daya tarik tersendiri.

Saat anda berkunjung ke tempat ini anda akan sangat merasakan suasana khas interior hutan. Karena jauh dari pemukiman penduduk, lingkungan air terjun masih terlihat asri. Pohon-pohon besar tampak menyatu dengan bebatuan di sekitarnya.

Di sekitar air terjun terdapat pepohonan rimbun yang terlihat tua. Pada jalur yang Anda lewati untuk menuju objek wisata ini, mulailah sampai ke kolam air tempat air jatuh dari ketinggian. Percikan air terdengar dari jauh.

Suasana sejuk memang erat kaitannya dengan objek wisata yang pernah menjadi tuan rumah salah satu festival daerah ini. Udara segar di sekitarnya menjadi bonus bagi Anda yang bersantai di tepi air terjun ini. Khusus bagi Anda yang sedang mencari tempat bersantai, wisata ini bisa jadi jawabannya.

Selama berada di kawasan wisata Air Babangun, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas menarik, salah satunya adalah berenang. Karena perairannya yang cukup dalam, mungkin ini bisa menjadi spot utama bagi Anda yang ingin melompat dari tebing yang mengelilingi air terjun.

Anda juga bisa menikmati aktivitas menarik lainnya seperti memancing atau tracking. Karena banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan dalam wisata ini, Air Babangun memang layak untuk dikunjungi.

Jadi ketika anda sedang berada di Pulau Buru jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi objek wisata bahari ini. Keindahan alam dengan suasana yang indah akan menjadi kenangan indah bagi anda nantinya.

Harga tiket: Rp 20.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Leksula, Kec. Namrole, Kab.Buru Selatan, Maluku.

4. Pantai Telaga

Pantai TelagaFoto: Google Maps/Isnaeni Puji Prihatin

Mungkin nama Pantai Telaga sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Perlu anda ketahui kalau kekhasan wisata ini terletak pada lokasinya. Pantai ini sangat dekat dengan pusat kota pulau dan dapat ditempuh hanya dalam waktu 5 menit saja.

Hal ini membedakannya dengan pantai lain yang menyuguhkan pemandangan laut lepas dengan warna birunya yang mencolok. Pantai ini menyuguhkan pemandangan laut dan Gunung Bata Bual sebagai latar belakang. Banyak orang yang memanfaatkannya sebagai spot foto utama mereka di pantai.

Pengunjung paling banyak datang ke Pantai Telaga pada sore hari. Dari jam 3 sore sampai jam 5 sore kedatangan pengunjung dimulai, ada yang sendirian, ada pula yang datang bersama pasangannya.

Sengaja saya datang karena pengunjung ini ingin menikmati indahnya matahari terbenam di tepi pantai. Langit biru berubah warna menjadi jingga dan terlihat begitu indah seiring terbenamnya matahari.

Momen ini sangat digemari para pengunjung tempat wisata ini karena keindahannya semakin terlihat ketika muncul siluet pohon kelapa disekitarnya. Pesona lukisan di atas kanvas terlihat jelas pada momen itu.

Tidak hanya warga sekitar saja yang menjadi pengunjung objek wisata pantai Telaga ini, pengunjung dari luar pun kerap datang menjelang musim liburan. Saat ini nama pantai ini sudah cukup terkenal sehingga tempat ini menjadi tempat yang wajib untuk dikunjungi.

Pengunjung dari luar juga bisa menghabiskan beberapa hari di pantai ini. Akan ada akomodasi di sekitar pantai yang bisa disewa dengan harga pantas. Dari nominal ratusan saja, Anda sudah bisa nyaman bermalam di kawasan pantai ini.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Kodim Nametek, Kec. Namlea, Kab. Buruan, Maluku.

5. Pantai Merah Putih

Pantai merah putihFoto: Google Maps/Atılgan Soruç

Di Pulau Buru terdapat sebuah pantai dengan cerita sejarah menarik yang bisa Anda kunjungi. Sejarah pantai bernama Pantai Merah Putih ini berkaitan dengan perebutan wilayah pada masa penjajahan.

Tempat wisata ini juga menjadi saksi bisu beberapa peperangan yang terjadi pada masa itu. Bahkan salah satu warga yang masih memiliki keturunan pejuang NKRI mengatakan, pantai ini harus dikelola dengan baik.

Karena nilai sejarah yang dimiliki pantai ini, pemerintah setempat masih berupaya memperbaiki kondisi tempat wisata ini. Sebelum dikenal dengan nama Pantai Merah Putih, kawasan ini dulunya merupakan pasar malam bagi warga sekitar.

Setiap sore kawasan di tepi pantai ini dipenuhi pedagang pakaian dan makanan di kiri dan kanan jalan. Pasar malam ini selalu dipadati warga, banyak di antaranya hanya sekedar jalan-jalan.

Namun saat ini Pantai Merah Putih telah berkembang menjadi kawasan wisata yang bersih dan terawat. Terdapat beberapa kursi dan meja yang dibuat khusus untuk wisatawan yang ingin beristirahat.

Yang tak kalah menarik perhatian adalah pohon kelapa di sekitar pantai yang di sekelilingnya dibangun pot besar berbahan campuran semen. Fasilitas yang ditawarkan kepada pengunjung pantai ini juga cukup lengkap.

Di salah satu sudut pantai terdapat masjid dan beberapa kamar mandi. Selain itu, wisatawan dapat dengan mudah menemukan restoran yang menyajikan menu-menu pilihan. Fokusnya tentu saja pada makanan khas Maluku.

Harga tiket: -; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Kecamatan Namlea, Cab. Buruan, Maluku.

Inilah daftar rekomendasi wisata bahari di Pulau Buru yang bisa menjadi referensi jika Anda berencana mengunjungi pulau eksotik ini. Tentu sayang jika melewatkan keindahan alam yang mempesona. Menariknya, jarak menuju kelima tempat wisata ini tidak terlalu jauh. Jadi Anda bisa mengunjungi semua tempat sekaligus ketika berkunjung ke Pulau Buru dalam waktu yang bersamaan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button