Tempat Wisata

5 wisata pantai di Pulau Alor yang bakal bikin betah

Pulau Alor, NTT menawarkan beragam pilihan wisata pantai yang mempesona dengan hamparan pasir putih bersih berpadu dengan air laut yang jernih.

Pulau Alor, surga tersembunyi di tengah Nusa Tenggara Timur (NTT), tak hanya dikenal dengan keragaman budayanya, tapi juga keindahan alamnya yang luar biasa.

Salah satu daya tarik utama pulau ini adalah keindahan pantainya yang menakjubkan, yang menawarkan pengalaman unik bagi setiap pengunjung. Karena keanekaragaman bawah lautnya, pulau ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bahkan, pada tahun 2016, pulau ini dinobatkan sebagai “tempat menyelam terpopuler” di Indonesia oleh Anugerah Pesona Indonesia. Berikut ini daftar pantai di Pulau Alor yang wajib Anda kunjungi saat berada di NTT.

Rekomendasi pantai di Pulau Alor

1. Pantai Maimol

Pantai MaimolFoto: Google Maps/Tari Djou

Destinasi pantai yang wajib dikunjungi di Pulau Alor adalah Pantai Maimol. Terletak di bagian utara pulau, pantai ini menawarkan panorama laut yang tenang dan pasir putih yang menarik serta cocok bagi Anda yang mencari kedamaian dan ketenangan jauh dari hiruk pikuk kota.

Keunikan pantai ini terletak pada air lautnya yang jernih dengan warna biru kehijauan. Tentunya sangat cocok untuk melakukan aktivitas olahraga air seperti snorkeling atau diving. Di pantai ini Anda dapat menjelajahi beragam dunia bawah laut dan mengagumi keindahan alam bawah laut yang menakjubkan.

Selain itu pantai Maimol juga terkenal dengan keindahan matahari terbenamnya. Pemandangan langit yang berubah warna ini menciptakan momen romantis yang tak terlupakan bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari dan menikmati pemandangan matahari terbenam di sore hari.

Tentu saja pemandangannya semakin indah di sore hari. Anda bisa mengambil foto sebanyak-banyaknya untuk mengabadikan momen kunjungan Anda ke pantai ini.

Harga tiket: -; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Kabola, distrik. Kabola, Kab.Alor, Nusa Tenggara Timur.

2. Pantai Mali

pantai maliFoto: Google Maps/Risweni Risweni

Rekomendasi pantai di Pulau Alor selanjutnya adalah Pantai Mali. Pantai ini terkenal dengan indahnya panorama matahari terbenam di balik Pulau Sika.

Warna-warni langit dan birunya air laut menjadi kombinasi sempurna untuk menikmati momen romantis di pantai Mali. Air laut di sepanjang pantai terkenal jernih.

Sinar matahari yang menyinari air laut yang tenang menciptakan bayangan indah di dasar laut. Tanpa menyelam pun, Anda bisa melihat dengan jelas keindahan bawah laut pantai ini.

Salah satu kelebihan Pantai Mali adalah tidak terlalu ramai. Menikmati ketenangan alam ditemani semilir angin pantai dan panorama laut biru, menjadikan tempat ini sangat cocok untuk bersantai dan melepas penat dari kebisingan kota.

Selain itu, ada keistimewaan lain di pantai ini: terdapat putri duyung atau dugong bernama Mawar yang berteman dengan manusia. Persahabatan mereka yang kerap disorot media membuat pantai ini menjadi daya tarik tersendiri.

Untuk menuju kawasan pantai ini, Anda bisa menggunakan perahu dari Kupang, NTT. Waktu perjalanan kurang lebih 16 jam.

Harga tiket: -; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Kabola, distrik. Kabola, Kab.Alor, Nusa Tenggara Timur.

3. Pantai Sebanjar

Pantai SebanjarFoto: Google Maps/lintang Indah Permatasari

Selanjutnya anda bisa mengunjungi pantai Sebanjar. Daya tarik utama dari pantai ini adalah pasirnya yang putih, karang berwarna merah muda dan air lautnya yang biru sangat jernih.

Terdapat pegunungan hijau di sekitar Pantai Sebanjar, memberikan latar belakang yang indah. Perpaduan antara pantai yang menakjubkan dan perbukitan hijau menciptakan pemandangan yang mempesona.

Pulau Alor terkenal dengan jernihnya air laut dan beragam biota lautnya. Sama seperti Pantai Sebanjar, pantai ini memungkinkan Anda menikmati keindahan bawah laut dan mengenal berbagai biota laut sambil snorkeling.

Pantai mempesona ini terletak di desa Alor Besar di barat laut Alor. Dari bandara Mali jarak menuju pantai ini 34 kilometer dan waktu perjalanan sekitar 1 jam.

Anda tidak perlu khawatir bosan sepanjang perjalanan karena Anda akan melewati tepian pantai yang menawarkan pemandangan indah.

Harga tiket: -; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Alor Besar, Kecamatan. Alor Barat Laut, Kab.Alor, Nusa Tenggara Timur.

4. Pantai Batu Putih

Pantai Batu PutihFoto: Google Maps/Hamdan Salim

Keindahan pantai ini tidak perlu diragukan lagi, nyatanya pantai ini merupakan kebanggaan masyarakat setempat. Sesuai dengan namanya, Pantai Batu Putih menampilkan pantai dengan pasir putih lembut dan tebing putih di pinggir pantai yang memperkaya panorama pantai ini.

Selain itu, pantai ini memiliki air laut yang jernih dengan warna biru kehijauan. Saking jernihnya, Anda bisa melihat dengan jelas terumbu karang dan biota laut lainnya saat snorkeling.

Pastikan untuk membawa peralatan snorkeling sendiri dari rumah karena tidak tersedia persewaan peralatan snorkeling di sekitar pantai.

Dan jika Anda ingin menjelajahi kawasan pantai Batu Putih, Anda bisa menyewa perahu nelayan yang dengan senang hati akan mengantar Anda berkeliling kawasan pantai. Tarif menggunakan perahu ini adalah 50.000 sekali jalan.

Karena keindahan pantainya, Pantai Batu Putih juga sering dijadikan oleh para fotografer sebagai lokasi pre-wedding atau berburu foto.

Pantai eksotik ini terletak di Desa Alila Timur. Untuk mencapai pantai ini dibutuhkan waktu 30 menit dan jarak 30 km dengan kendaraan pribadi.

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Alila Timur, Kec. Kabola, Kab.Alor, Nusa Tenggara Timur.

5. Pantai Deere

Pantai DeereFoto: Google Maps/Hafiz Akbar

Pantai indah di Pulau Alor yang terdekat adalah Pantai Deere. Pantai ini menyuguhkan panorama laut yang indah saat senja. Anda bisa melihat siluet pohon kelapa dengan latar langit berwarna oranye gradasi. Berbeda dengan empat pantai sebelumnya, Pantai Deere terlihat kurang mencolok.

Namun yang tak kalah indahnya, birunya air laut dan pasir putihnya yang halus membuat pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini biasanya adalah pada sore hari karena pantai ini terkenal dengan panorama matahari terbenamnya yang menakjubkan.

Di sekitar Pantai Deere juga terdapat pohon kelapa yang menjadi spot foto menarik. Pasalnya, pohon kelapa ini mempunyai bentuk yang unik yaitu batangnya miring ke samping, namun bagian atas pohonnya tetap tegak.

Bahkan, warga sekitar menyediakan kursi untuk berfoto di atas pohon kelapa. Suasana pantai yang rindang sangat cocok bagi anda yang ingin bersantai dan mencari kedamaian dan ketenangan jauh dari hiruk pikuk kota.

Kawasan pantai eksotik ini tepatnya terletak di Kalabahi. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke pantai ini dan berjarak 19 kilometer dari pusat kota.

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Pante Deera, distrik. Kabola, Kab.Alor, Nusa Tenggara Timur.

Itulah beberapa tempat wisata pantai di Pulau Alor yang wajib Anda kunjungi saat berada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Dengan beragam keindahannya, mulai dari pasir putih halus, air laut jernih, dan biota laut yang beragam, pantai-pantai ini jelas tidak bisa dilewatkan dalam wishlist liburan Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button