Tempat Wisata

5 Wisata Pantai Hits di Banjarmasin

5 Wisata Pantai Hits di Banjarmasin

Inilah rekomendasi wisata pantai yang populer di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Objek wisata laut penuh keajaiban, eksotisme dan hits yang mengajak Anda menjelajah untuk liburan yang tak terlupakan.

Terletak di Kalimantan Selatan, Banjarmasin sering disebut sebagai kota seribu sungai. Kawasan ini sebenarnya diapit oleh sungai Martapura dan Barito, sehingga Banjarmasin kaya akan wisata alam. Ibu kota Kalimantan Selatan ini tidak hanya memiliki sungai tetapi juga destinasi wisata pantai yang populer dan layak dikunjungi baik di akhir pekan maupun awal musim liburan. Berikut daftar pantai terindah di Banjarmasin yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Takisung

Pantai Takisung Kalimantan SelatanFoto: Google Maps/Djenar Andromeda

Wisata bahari pertama yang sangat populer di Banjarmasin adalah Pantai Takisung. Pantai ini sangat digemari masyarakat Kalimantan Selatan khususnya warga Tanah Laut, Banjarmasin, Banjarbaru dan sekitarnya. Situsnya sendiri sebenarnya berada di kawasan Tanah Laut sehingga paling banyak dikunjungi warga Tanah Laut.

Selain masyarakat lokal, Pantai Takisung juga banyak dikunjungi wisatawan dari sekitar. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Bahkan di akhir pekan pun Anda bisa melihat puluhan pengunjung memadati pantai. Jumlah ini terus meningkat menjelang musim liburan tiba.

Kepopuleran Pantai Takisung sendiri tidak lepas dari keindahan yang ditawarkan objek wisata ini. Tak main-main, destinasi ini menawarkan panorama alam yang sangat mempesona dan mempesona. Mulai dari hamparan pasir putih yang begitu bersih dan halus, air laut yang biru jernih, hingga pohon kelapa yang menjulang tinggi di pinggirnya.

Selain itu, sarana dan prasarana yang ditawarkan Pantai Takisung juga cukup memadai. Banyak aktivitas pantai yang bisa Anda lakukan di sini, seperti menyewa perahu untuk berkeliling, mencoba banana boat, atau berenang dengan pelampung atau tabung yang disewakan di pantai. Ada juga banyak pilihan akomodasi di sekitar pantai.

Jadi jika Anda datang dari luar kota dan ingin menikmati indahnya matahari terbenam di Pantai Takisung, jangan khawatir. Anda bisa bermalam di tepi pantai dan terus menikmati keindahan pantai di sore hari tanpa perlu khawatir pulang larut malam. Penginapan yang tersedia di sekitar pantai juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Takisung, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

2. Pantai Angsana

Pantai Angsana Kalimantan SelatanFoto: Google Maps/Muhammad Nuryasin

Berikutnya adalah Pantai Angsana yang tak kalah populernya dengan Pantai Takisung. Pantai yang satu ini menjadi primadona baru di Kalimantan Selatan. Untuk mengunjungi destinasi yang satu ini Anda hanya memerlukan waktu sekitar 5 jam perjalanan dari kota Banjarmasin. Dan sepanjang perjalanan Anda bisa menikmati kesejukan kawasan Angsana.

Sesampainya di pantai anda akan disuguhi pesona alam yang akan membuat siapapun yang melihatnya akan terkagum-kagum. Dalam suasana damai Anda bisa menikmati indahnya pantai berpasir putih kontras dengan birunya laut. Dimana keduanya berpadu dengan lebatnya hutan palem yang mengelilingi pantai membuat kawasan terasa semakin sejuk.

Meski cuaca di Banjarmasin sangat panas saat Anda berkunjung ke Pantai Angsana, namun rindangnya pohon palem membuat pantai tidak terasa panas. Keberadaan pepohonan tersebut pun membuat suasana sore hari di Pantai Angsana semakin asri. Dimana cahaya senja yang menerobos sela-sela pepohonan membuatnya tampak eksotis.

Selain keindahan alam yang ditawarkan Pantai Angsana, pengunjung yang berkunjung ke tempat wisata ini juga dimanjakan dengan fasilitas yang ditawarkan. Di sini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas air, seperti berenang, snorkeling, menyelam, dll. Pasalnya, banyak warga sekitar yang menawarkan penyewaan alat-alat tersebut.

Belum lagi, Pantai Angsana juga memiliki sejumlah warung makan yang menjual berbagai kuliner. Di sini tentunya Anda juga bisa menemukan masakan seafood seperti ikan, udang, cumi, kerang, dan lain-lain. Aneka olahan seafood ini selain enak, harganya juga cukup murah dan tidak mengeluarkan banyak biaya.

harga tiket: Rp8.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: J L. Sawit KM. 8, Bunati, Kec. Angsana, Cab.Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

3. Pantai Joras

Biaya masuk ke Pantai JorasFoto: Google Maps/Koko Priyanto

Pantai lain di kawasan Tanah Laut yang sayang untuk dilewatkan adalah Pantai Joras. Jika anda ingin mengunjungi pantai yang mempunyai suasana hampir sama dengan lokasi syuting drama Korea Goblin yaitu Pantai Jumunjin anda bisa menemukannya di Pantai Joras. Dimana terdapat dermaga yang seolah-olah mengarah ke laut, Anda bisa menemukannya.

Dermaga menjadi salah satu tempat favorit pengunjung untuk berfoto. Selain dermaga, salah satu daya tarik pantai ini adalah adanya mercusuar yang hingga kini belum rampung pembangunannya. Banyak pengunjung yang memanfaatkan bangunan mercusuar sebagai spot foto Instagram kekinian.

Mercusuar setinggi sekitar 20 meter ini menawarkan ruang untuk maksimal 7 orang dewasa. Jadi jika ingin berfoto di atas mercusuar pastikan mengantri dan tidak melebihi jumlah maksimal. Sebab jika melebihi batas, dikhawatirkan mercusuar tua tersebut akan roboh dan merugikan Anda.

Selain dermaga dan mercusuar yang banyak dicari pengunjung, Pantai Joras sendiri memiliki keindahan tersendiri yang terlihat dari pasir pantai dan air lautnya. Dimana pasir putihnya memiliki butiran yang sangat lembut dan tidak akan membuat kaki anda perih, sedangkan air lautnya sangat jernih dan dapat menggoda anda untuk langsung terjun ke dalamnya.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Jorong, Kec. Swarangan, Cab.Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

4. Pantai Asmara

Pantai Asmara Kalimantan SelatanFoto: Google Maps/Tri Wardani

Apakah Anda ingin menghabiskan liburan romantis bersama pasangan? Maka Pantai Asmara bisa menjadi pilihan yang tepat. Nama pantai ini sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari Asam Asam Muara, namun karena terdapat tulisan CINTA warna-warni di tengah pantai, banyak yang mengira dari sanalah nama Pantai Asmara berasal.

Tulisan CINTA di tengah pantai menjadi salah satu daya tarik dan sangat digemari wisatawan. Banyak pula pasangan yang mengabadikan momen romantisnya di spot foto instagramable tersebut. Selain kesempatan berfoto, pengunjung juga bisa menyewa kano dan menjelajahi pantai.

Berkano saat senja bisa menjadi salah satu aktivitas romantis yang bisa Anda lakukan bersama pasangan. Jangan lupa abadikan momen di atas sampan, karena latar belakang cahaya oranye matahari terbenam bisa membuat potret Anda semakin indah dan eksotis.

Keunikan lain dari Pantai Asmara adalah Anda akan menemukan dermaga kayu mini saat berkunjung ke sini. Dermaga mini juga sering digunakan pengunjung untuk berfoto bersama teman dan keluarga. Selain itu, pengelola pantai telah menyediakan banyak pendopo di tepi pantai yang dapat digunakan untuk beristirahat.

Selain karena berbagai fasilitas dan keunikan yang terdapat di pantai Asmara ini, para pengunjung yang berkunjung ke tempat ini juga untuk mencari keindahan pantai tersebut. Dimana pasir pantainya terasa begitu halus dan lembut serta air lautnya yang begitu jernih dan ombaknya yang begitu tenang membuat anda bisa menikmati bermain air disana.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Muara Asam Asam, Kec. Pelaihari, Cab.Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

5. Pantai Gedambaan

Pantai Gedambaan Kalimantan SelatanFoto: Google Maps/M. Dzikri Anshari Anshari

Terakhir ada Pantai Gedambaan yang tak kalah indah dan populer dibandingkan pantai lainnya. Dengan garis pantai kurang lebih 1 kilometer, objek wisata ini menyuguhkan pemandangan indah yang mampu memikat hati siapa pun yang mengunjunginya. Jika menyusuri pesisir pantai, pesona Pantai Gedambaan terlihat jelas.

Pada siang hari Anda bisa menyaksikan bagaimana pasir putih yang sangat bersih tampak berkilau jika terkena sinar matahari. Sebaliknya jika Anda datang ke sini pada sore hari, cahaya jingga matahari terbenam yang semakin meninggalkan kawasan pantai memberikan rona kontras pada birunya laut sehingga terlihat sangat eksotis.

Jadi ketika anda berkunjung ke Pantai Gedambaan, keindahan pantainya tidak akan berkurang sedikitpun. Apalagi fasilitas yang ditawarkan wisata laut ini cukup lengkap karena pihak pengelola wisata kawasan Pantai Gedambaan sudah banyak melakukan pembenahan untuk memanjakan pengunjungnya.

Fasilitas yang ditawarkan di Pantai Gedambaan antara lain tempat parkir yang luas, fasilitas toilet dan cuci piring, rumah liburan, kolam air tawar, taman bermain anak, tempat perkemahan dan restoran yang menyajikan berbagai kuliner seafood. Para pecinta seafood pastinya wajib mencoba makanan yang dijual di Pantai Gedambaan.

Selain fasilitas di atas, masih ada fasilitas pendukung lainnya yang akan menambah kenyamanan Anda. Sebagai seorang muslim, Anda tidak perlu khawatir untuk mengunjungi pantai pada waktu salat. Karena di pantai ini juga terdapat musala yang bisa anda gunakan untuk melakukan ibadah keagamaan.

harga tiket: Rp 11.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Gedambaan, Kec. Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Banjarmasin telah lama dikenal dengan wisata alamnya yang indah dan mempesona, termasuk wisata bahari di kawasannya. Deretan pantai di kota seribu sungai ini masing-masing menawarkan keindahan dan keunikan tersendiri yang wajib Anda jelajahi. Apakah Anda ingin mengunjungi pantai di Banjarmasin?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button