Berita Wisata

5 Wisata Religi di Medan, Menampilkan Pesona Rumah Ibadah yang Menakjubkan

5 Wisata Religi di Medan, Menampilkan Pesona Rumah Ibadah yang Menakjubkan
Mengenalkan Pesona Rumah Ibadah yang Menakjubkan, Ini 5 Wisata Religi di Medan. terraintourism.pemkomedan.go.id ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com – Banyaknya tempat ibadah di Kota Medan menambah kesan wajah multietnis yang berdampingan. Kota metropolis berpenduduk 2 juta jiwa ini memiliki beberapa destinasi wisata religi pilihan yang menawarkan keindahan tempat ibadah.

Penduduk kota Medan yang hidup dalam kemajemukan ini menyediakan tempat ibadah seperti masjid, vihara, gereja. Selain sebagai tempat ibadah, tempat ibadah ini juga bisa dijadikan tempat untuk menambah ilmu.

taboola tengah artikel

Merdeka.com kali ini akan merangkum 5 Tempat Wisata Religi yang Bagus di Kota Medan yang dikutip dari berbagai sumber.

2 dari 6 halaman

Masjid Al Osmani

Perkenalkan pesona tempat ibadah megah 5 wisata religi di Medan ini

Liputan6.com ©2022 Merdeka.com

Masjid yang terletak di kecamatan Medan Labuhan ini merupakan salah satu destinasi wisata religi. Masjid budaya melayu ini dibangun oleh Sultan Osman Perkasa pada tahun 1854.

Keunikan masjid ini adalah hampir semua dindingnya berwarna kuning. Jika Anda berkunjung ke tempat ibadah ini tidak perlu repot, cari saja bangunan berwarna kuning persis di pinggir jalan.

3 dari 6 halaman

Kuil Siu San Keng

Kunjungi Siu San Keng, vihara tertua di kota Medan

YouTube Fatih Arazi ©2022 Merdeka.com

Biara ini bersebelahan dengan Masjid Al-Osmani yang jaraknya hanya sekitar 200 meter. Keragaman dan toleransi penduduk kota Medan terlihat.

Klenteng Siu San Keng merupakan klenteng tertua di Labuhan. Dibangun pada tahun 1890, seluruh bangunan berwarna merah dengan ornamen dan patung yang dapat ditemukan pengunjung saat memasuki gerbang.

Tempat ini didirikan oleh Shia Eng Tjai bersama sebelas anggota Partai Pembangunan lainnya. Saat ini, Kelenteng Siu San Keng masuk dalam Daftar Cagar Budaya oleh Pemerintah Kota Medan.

4 dari 6 halaman

Vihara Shri Mariamman

Perkenalkan pesona tempat ibadah megah 5 wisata religi di Medan ini

terraintourism.pemkomedan.go.id ©2022 Merdeka.com

Ketiga, ada kuil Shri Mariamman di Kampung Madras. Dibalut dengan berbagai warna, tempat ini menjadi destinasi wisata religi yang wajib dikunjungi.

Dibangun pada tahun 1881, pengunjung dapat melihat Gopuram serta menara candi yang bertingkat. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat prosesi umat Hindu merayakan tradisi Thaipusam.

5 dari 6 halaman

Graha Maria Annai Velangkanni

Perkenalkan pesona tempat ibadah megah 5 wisata religi di Medan ini

Liputan6.com ©2022 Merdeka.com

Destinasi selanjutnya adalah Graha Maria Annai Velangkanni yang berlokasi di Tanjung Selamat, Medan. Pengunjung bisa masuk ke rumah ibadah ini meski berbeda keyakinan.

Tempat ibadah ini terbilang unik, ketika berdiri di depan pintu langsung terlihat seperti kuil dari India Mongolia. Ada banyak spot foto keren di tempat ini, namun tidak semua ruangan bisa diakses karena Graha Maria Annai Velangkanni masih rutin mengadakan pelayanan.

6 dari 6 halaman

Gereja HKBP Sudirman

Perkenalkan pesona tempat ibadah megah 5 wisata religi di Medan ini

disculture.pemkomedan.go.id ©2022 Merdeka.com

Terakhir, ada Gereja HKBP Sudirman yang merupakan gereja etnis Batak pertama di kota Medan. Gereja Protestan inilah yang menjadi cikal bakal perkembangan HKBP pada masa penjajahan Belanda. Gereja ini dibangun pada tahun 1954 dan beralamat di Jalan H Misbah No. 18, Medan Maimoun.

Meski merupakan bangunan tua, Gereja HKBP Sudirman telah mengalami beberapa kali renovasi. Namun, gereja ini masih mempertahankan ornamen aslinya luar dalam. Tempat ini menjadi salah satu pilihan destinasi wisata religi di Kota Medan.

[adj]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button