Berita Wisata

5,29 juta wisatawan mengunjungi kawasan konservasi di Indonesia pada tahun 2022 Hal

KOMPAS.com – Sebanyak 5,29 juta wisatawan mengunjungi kawasan konservasi di Indonesia pada tahun 2022, dengan rincian 5,1 juta wisatawan domestik dan 189.000 wisatawan mancanegara.

“Kondisi ini lebih tinggi atau hampir dua kali lipat dibanding data tahun 2021, dimana kunjungan wisatawan domestik 2,9 juta (orang) dan turis mancanegara 12.000 (orang),” kata Menlu, Selasa, KLHK Siti Nurbaya dalam keterangan resmi. /1/2023).

Baca juga :

Nilai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari tarif masuk wisata alam pada tahun 2022 sebesar Rp96,7 miliar, sedangkan pada tahun 2021 sebesar Rp34,2 miliar.

Ia memprediksi peningkatan jumlah kunjungan ke depan, serta perkembangan tempat wisata alam dan penerapan teknologi salah satunya dengan menggunakan sistem tiket elektronik atau tiket elektronik.

Baca juga: Konservasi laut di Alor, NTT dilakukan melalui rehabilitasi terumbu karang

Sistem ini, kata dia, juga sebagai upaya pembatasan kuota pengunjung berdasarkan hasil analisis daya dukung dan daya tampung kawasan konservasi.

Dampak terhadap lapangan kerja di kawasan konservasi

Ilustrasi lambaian merah putih di Gunung Rinjani.SHUTTERSTOCK/RICKY KURNIAWAN Ilustrasi elevasi merah putih di Gunung Rinjani.

Kunjungan ke kawasan konservasi juga berdampak pada lapangan kerja, terutama bagi sedikitnya 4.000 orang.

Mereka terdaftar sebagai pekerja berlisensi untuk melakukan bisnis di kawasan konservasi.

Selain itu, kegiatan wisata alam di kawasan konservasi telah membuka lapangan kerja bagi masyarakat sebagai penyedia jasa makanan, pemandu wisata, dan penjual cinderamata.

Pada Desember 2022, jumlah orang yang terlibat dalam kegiatan ini meningkat lebih dari 100% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga :

Sebagai contoh pada tahun 2021 dan 2022 di Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok akan terjadi peningkatan jumlah operator tur dari 70 orang menjadi 109 orang, memandu (pemandu) dari 794 orang menjadi 3.907 orang, dan porter dari 1.841 orang menjadi 11.577 orang.

Sebagai informasi, Indonesia memiliki 2.612 objek dan daya tarik wisata alam, antara lain air terjun, gunung, danau, laut atau pantai, dan gua.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan antara lain berkemah, menyelam, panjat tebing, snorkeling, hiking, melihat satwa liar, dan menjelajahi pemandangan alam.

Baca Juga: Serial Dokumenter Taman Nasional Dunia Netflix dan Obama, Ada Taman Nasional Gunung Leuser

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button