Harga Tiket

6 Cara Mengatasi Memori Penuh Tanpa Hapus Aplikasi di HP Samsung

Mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi di ponsel Samsung pada dasarnya mudah. Memori ponsel yang penuh seringkali menjadi masalah bagi para pengguna smartphone. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti: B. dengan menyimpan terlalu banyak file atau menggunakan aplikasi berat.

Meskipun menghapus aplikasi merupakan solusi yang cukup efektif, namun seringkali menimbulkan dilema bagi penggunanya, oleh karena itu artikel ini menawarkan cara mengatasi memori ponsel yang penuh tanpa harus menghapus aplikasi.

Penyebab Memori HP Penuh

Sebelum kita membahas cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi di ponsel Samsung, penting juga untuk mengetahui penyebabnya. Memori ponsel yang penuh membuat pengguna tidak bisa melakukan hal tertentu. Ada beberapa penyebab memori ponsel penuh, antara lain sebagai berikut:

1. Menggunakan terlalu banyak aplikasi ponsel

Semakin banyak aplikasi yang terinstal di ponsel, semakin besar pula memori yang dibutuhkan. Bahkan ada beberapa aplikasi yang memiliki file berukuran besar seperti aplikasi gaming atau aplikasi edit foto dan video.

Oleh karena itu, sebaiknya selalu periksa aplikasi dan setel aplikasi yang penting saja. Aplikasi yang tidak digunakan dapat dihapus.

2. Penggunaan kapasitas penyimpanan rendah

Memori ponsel merupakan bagian penting dari ponsel dan kapasitasnya bahkan meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Namun, semakin besar kapasitas penyimpanannya, maka semakin banyak orang yang menggunakannya.

Kapasitas penyimpanan yang lebih rendah menyebabkan ponsel lebih cepat terisi dan membatasi jumlah file dan aplikasi yang dapat diinstal. Oleh karena itu, sebaiknya beli ponsel dengan kapasitas penyimpanan lebih besar.

3. Menyimpan banyak file foto, video dan musik

Kita semua suka menyimpan foto, video, dan musik di ponsel kita. Semakin banyak, semakin cepat memori ponsel terisi. Foto dan video memerlukan lebih banyak ruang penyimpanan karena ukurannya. Disarankan agar Anda menghapus foto atau video yang sudah tidak diperlukan lagi.

4. Jangan hapus Cache

Cache merupakan file yang dihasilkan oleh aplikasi yang digunakan. Cache membuat aplikasi lebih mudah diakses dan cepat.

Namun, Cache juga memakan banyak memori. Sebaiknya bersihkan cache secara berkala untuk memastikan memori ponsel kita bebas dari cache yang tidak diperlukan.

5. Jangan gunakan penyimpanan eksternal

Kita juga bisa menggunakan penyimpanan eksternal sebagai penyimpanan tambahan. Meskipun penyimpanan eksternal biasanya lebih lambat dibandingkan penyimpanan internal, namun hal ini dapat membantu mencegah penyimpanan internal kita terisi.

Cara mengatasi memori penuh tanpa hapus aplikasi di hp samsung dengan mudah

Samsung memang menjadi salah satu merek ponsel yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Masalah umum yang dihadapi pengguna adalah memori penuh. Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa cara membersihkan memori hp Samsung:

1. Pindahkan file ke penyimpanan eksternal

Memindahkan file ke penyimpanan eksternal cukup aman untuk mengosongkan penyimpanan ponsel. Berikut penjelasan cara memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal menggunakan smartphone berbasis Android:

  • Buka menu Pengaturan Pada Ponsel pintar
  • Pilih menu Aplikasi atau Manajer Aplikasi sesuai dengan versi Android Ponsel pintar
  • Klik aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke penyimpanan eksternal.
  • Pilih satu opsi Pindah ke kartu SD yang tersedia di menu aplikasi.
  • Tunggu hingga proses transfer aplikasi selesai dari sistem di ponsel Anda.

Mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi di hp Samsung tidak akan mempengaruhi aplikasi atau data yang ada di dalamnya. Selain itu, memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal tidak mempengaruhi kinerja aplikasi di smartphone Anda.

2. Hapus Cache

Ada cara lain untuk mengosongkan ruang penyimpanan tanpa harus menghapus aplikasi di smartphone Anda. Anda dapat melakukannya dengan membersihkan cache.

Cache adalah data dari aplikasi yang disimpan sementara di memori smartphone. Semakin menumpuknya cache maka memori smartphone menjadi penuh dan ruang penyimpanan yang tersedia menjadi terbatas.

Sebagai pengingat Ponsel pintar tidak penuh, Anda dapat menghapus cache secara rutin. Berikut langkah-langkah menghapus cache di smartphone Android:

  • Buka menu pengaturan di ponsel cerdas Anda.
  • Mengalahkan Manajer Aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya, misalnya WhatsApp. Klik pada ikon aplikasi WhatsApp.
  • Pilih satu opsi penyimpanan di aplikasi WhatsApp.
  • Klik bersihkan cache yang kiri menghapus data untuk menghapus cache aplikasi.

3. Unggah ke Google Foto

Bagi Anda yang sering berfoto dengannya Ponsel pintar, mungkin ada masalah penurunan kinerja smartphone. Alasannya adalah seringnya mengambil gambar, yang dengan cepat memenuhi memori ponsel cerdas.

Namun, ada cara mudah untuk mengatasinya, yaitu dengan mencadangkan atau mengunggah foto ke Google Foto. Dengan cara ini, foto Anda akan disimpan di cloud Google Foto, sehingga tidak akan menghabiskan penyimpanan Anda Ponsel pintar Anda.

Cara mengatasi memori penuh tanpa hapus aplikasi di hp samsung :

  • Unduhan dan buka aplikasinya Foto Google.
  • Registrasi ke akun Google Anda.
  • Klik Foto profil atau inisial akun Anda di pojok kanan atas.
  • Pilih pengaturan Foto > Cadangkan dan sinkronkan.
  • Klik untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Cadangan & sinkronisasidisesuaikan dengan keinginan Anda.

Mencadangkan atau mengupload foto ke Google Foto akan tetap menyimpan foto Anda, namun tidak akan menghabiskan kapasitas penyimpanan Ponsel pintar. Selain itu, Anda dapat mengakses dan melihat foto Anda kapan saja, di mana saja dengan mengaksesnya langsung di Google Foto.

4. Membersihkan sampah

Cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi di ponsel Samsung lainnya adalah dengan membersihkan sampah. Langkahnya adalah dengan membersihkan file sampah atau cache yang menumpuk akibat penggunaan aplikasi.

Anda bisa menggunakan aplikasi seperti CCleaner, SD Maid dan 1Tap Cleaner yang bisa diunduh langsung dari Play Store. Hanya dengan mengunduh dan menginstal aplikasi, Anda dapat dengan mudah menghapus file sampah secara rutin dan mengoptimalkan kinerja Ponsel pintar.

Dengan membersihkan file sampah secara rutin, kamu juga bisa mencegah smartphone kamu rusak akibat terlalu banyaknya file sampah yang menumpuk.

5. Hapus video

Anda sering kali dapat mendownload video dari YouTube atau Netflix untuk ditonton tanpa menghabiskan kuota. Namun, hal ini menyisakan ruang penyimpanan Ponsel pintar terisi dengan cepat karena file video lebih besar daripada foto.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menghapus video yang sering Anda tonton agar memorinya kembali kosong. Selain itu, Anda juga dapat menghapus video dari grup WhatsApp atau Line untuk mengosongkan ruang penyimpanan Ponsel pintar.

6. Gunakan aplikasi Mengalir

Dengan hadirnya layanan Mengalir Saat ini, Anda tidak perlu lagi menyimpan file musik untuk mendengarkan musik Ponsel pintar. Anda dapat mendengarkan musik favorit Anda hanya dengan membuka aplikasi Mengalir Musik seperti Google Play, iTunes, atau Spotify.

Dengan menggunakan Layanan Mengalir Anda dapat menyimpan musik di memori Ponsel pintar. Anda dapat terus menikmati playlist favorit Anda kapan saja, di mana saja. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot mendownload atau memindahkan file musik ke penyimpanan eksternal.

Memori internal yang penuh padahal masih kosong seringkali menjadi masalah bagi pengguna. Namun, ada beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah ini. Caranya cukup mudah untuk dilakukan sesuai dengan penjelasan di atas.

Dengan menerapkan cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi di ponsel Samsung, Anda bisa membuat memori smartphone Anda lebih longgar dan berfungsi maksimal. Oleh karena itu, selalu lakukan rutinitas membersihkan dan mengoptimalkan smartphone Anda agar tetap dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga:

Source: www.abockbusup.com

Related Articles

Back to top button