Berita Wisata

6 Destinasi Wisata Kulon Progo Terbaik Untuk Liburan Akhir Pekan

Yogyakarta

Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki sejumlah destinasi wisata menarik yang cocok untuk liburan akhir pekan. Bagi wisatawan luar kota yang baru saja tiba di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), tidak ada salahnya untuk mampir dan menikmati wisata Kulon Progo.

Kabupaten do-it-yourself ini menawarkan beragam wisata alam, mulai dari pantai, air terjun hingga kebun teh.

Nah berikut beberapa destinasi wisata di Kulon Progo yang wajib dikunjungi saat akhir pekan, dirangkum detikJateng dari halaman review Google dan situs travel Trip Advisor.

6 destinasi wisata Kulon Progo:

1. Kalibiru

Wisata alam Kalibiru merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Kulon Progo. Dikutip dari situs resmi dinas pariwisata Kulon Progo, Kalibiru terletak di Hargowilis, Kokap, Kulon Progo.

Jarak antara Bandara YIA dengan Kalibiru adalah 19,5 kilometer yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 42 menit dengan kendaraan bermotor. Kalibiru merupakan tempat wisata yang terletak di dataran tinggi berbukit dengan pemandangan alam yang indah dan berhasil menarik perhatian para wisatawan.

Di sini wisatawan juga bisa menikmati fasilitas exit seperti flying fox dan trekking.

2. Perkebunan Teh Nglinggo

Dikutip Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY, Kebun Teh Nglinggo terletak di Perbukitan Menoreh, tepatnya di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo yang berjarak 44 kilometer dari bandara YIA.

Kebun teh ini berada di ketinggian 700-900 meter di atas permukaan laut yang memberikan pemandangan perkebunan teh populer dengan udara bersih dan sangat segar, sehingga cocok untuk agrowisata di kebun teh.

Selain menikmati pemandangan kebun teh, pengunjung dapat menyeruput nikmatnya seduhan teh sangrai ala petani Samigaluh yang disajikan di warung makan atau tempat istirahat di sekitar kebun teh.

3. Pule Payung

Pule Payung merupakan destinasi wisata yang terletak di Soropati, Clapar 2, Hargotirto, Kokap, Kulon Progo. Destinasi wisata ini berada di ketinggian 450 mdpl, sehingga Pule Payung menawarkan pemandangan alam yang indah.

Di sini, wisatawan bisa menikmati keindahan torehan perbukitan hijau dengan pemandangan Waduk Sermo dari ketinggian. Selain itu, wisatawan juga bisa berfoto di beberapa spot foto di sini seperti Space Spot, Lollipop Spot, Wolu Spot, Heaven Bridge Spot, Flying Fox, Sky Bike Spot, Sky Swing dan Sky Chair. .

4. Air Terjun Kembang Soka

Apalagi ada destinasi wisata Air Terjun Kembang Soka yang berlokasi di Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Air terjun yang berada di lembah sungai yang terhampar di perbukitan Menoreh ini memiliki udara yang sejuk sehingga membuat suasana tempat wisata ini sejuk dan segar.

Dikutip dari website dinas pariwisata Kulon Progo, untuk menuju air terjun Kembangsoka, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 200 meter dari tempat parkir. Setelah sampai di lokasi air terjun, wisatawan melanjutkan perjalanan menuju dasar lembah.

Jalan yang melekat padanya adalah jembatan kayu yang melintasi air terjun. Di ujung jembatan kayu, wisatawan disuguhi kolam cukup besar yang bersumber dari dua aliran air yang mengalir deras.

5. Ayunan Surgawi Watu Jaran

Destinasi wisata Ayunan Langit Watu Jaran terletak di desa Purwosari, Girimulyo. Ayunan ini dihubungkan oleh tiang sepanjang 10 meter dan berada di tepi tebing setinggi 800 meter.

Bagi pengunjung yang ingin memacu adrenalin bisa menaiki ayunan ini dan berayun di atas tebing sambil menikmati pemandangan perbukitan Menoreh.

6. Hutan bakau

Dikutip dari situs Dinas Pariwisata Kulon Progo, hutan mangrove ini awalnya merupakan kawasan konservasi mangrove yang dibuat oleh sekelompok masyarakat setempat dengan tujuan untuk mencegah abrasi. Namun kini hutan mangrove yang letaknya tak jauh dari Pantai Congot tepatnya di Dusun Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kulon Progo ini menjadi destinasi wisata yang menarik.

Hutan seluas 3 hektar ini menghadap ke hamparan hutan bakau di pesisir pantai dan Sungai Bogowonto. Destinasi wisata hutan mangrove terbagi menjadi tiga kawasan wisata, yaitu Wisata Mangrove Pasir Mendit (paling barat), Mangrove Jembatan Api-Api (tengah) dan Mangrove Pantai Kadilangu (paling timur).

Lanskap hijau hutan bakau yang asri dan garis pantai yang indah menjadi daya tarik utama objek wisata ini.

Simak video “Perjalanan Geng Gendruwo di Kulon Progo yang Diselimuti Cerita Horor”
[Gambas:Video 20detik]
(saya saya)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button