Berita Wisata

6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Kebun Raya Bogor

KOMPAS.com – Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat wisata alam di dekat Stasiun Kereta Api Bogor. Alamatnya di Jalan Ir.H.Juanda nomor 13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Tempat ini berfungsi sebagai tempat konservasi dan penelitian tumbuhan tropis, sekaligus sebagai tempat wisata. Berbagai kegiatan bisa dilakukan di tempat ini diantaranya piknik dan mengenal lebih dalam tentang berbagai tumbuhan.

Baca juga :

Jika Anda berencana untuk mengunjungi tempat ini, ada sejumlah syarat perjalanan yang harus dipenuhi. Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di kawasan Kebun Raya Bogor.

Jangan lakukan ini di Kebun Raya Bogor

1. Gunakan tenda yang ditancapkan ke tanah

Pengunjung dapat menyewa tanah di Kebun Raya Bogor untuk mengadakan acara.

Namun, mereka tidak diizinkan menggunakan tenda yang dipasang di tanah.

2. Pasang spanduk atau baliho di pohon

Selama beraktivitas di Kebun Raya Bogor, pengunjung tidak diperbolehkan menempelkan spanduk atau baliho di pohon.

Oleh karena itu, pengunjung yang ingin memasang spanduk atau baliho sebaiknya memastikan terlebih dahulu lokasi pemasangannya.

Baca Juga : Cara Pesan Tiket Kebun Raya Bogor Via Website

3. Menyelenggarakan acara politik

Salah satu acara yang bisa dilakukan di Kebun Raya Bogor adalah pernikahan, namun tidak untuk acara yang berhubungan dengan politik.

“(Peminjaman lahan di Kebun Raya Bogor) tidak boleh untuk kepentingan politik,” kata General Manager Corporate Communications Kebun Raya, Zaenal Arifin. Kompas.com, Kamis (10/11/2022).

Baca Juga: Bisa Beli Tiket Kebun Raya Bogor Langsung Tanpa Online?

4. Bawa makanan dan minuman dari luar tanpa wadah dapat digunakan kembali

Ilustrasi kebun raya - Kebun Raya Bogor di kota Bogor, Jawa Barat. Ilustrasi kebun raya – Kebun Raya Bogor di kota Bogor, Jawa Barat.

Jika ingin piknik di Kebun Raya Bogor, pengunjung diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar.

Namun, mereka diharuskan membawa makanan dan minuman dalam wadah yang tidak dapat dibuang (dapat digunakan kembali).

“Pengunjung diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar, namun harus menggunakan wadah yang dapat digunakan kembali,” kata Zaenal.

Baca juga: Kebun Raya Bogor Resmikan Forum Griya Anggrek Baru

5. Bawa dan gunakan kompor portabel

Selain wadah makanan sekali pakai, pengunjung yang ingin piknik di Kebun Raya Bogor juga dilarang membawa dan menggunakan kompor portabel.

Oleh karena itu, jika pengunjung ingin membawa makanan dari luar untuk piknik, sebaiknya membawa makanan yang sudah jadi agar lebih nyaman.

Baca Juga: 12 Hotel Dekat Kebun Raya Bogor, Bisa Dilintasi

Wisatawan melihat koleksi anggrek di Kebun Raya Griya Anggrek Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/5/2022).  Griya Anggrek merupakan salah satu kawasan konservasi tumbuhan ex-situ untuk pelestarian jenis-jenis di luar habitat aslinya. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww. Wisatawan melihat koleksi anggrek di Kebun Raya Griya Anggrek Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/5/2022). Griya Anggrek merupakan salah satu kawasan konservasi tumbuhan ex-situ untuk pelestarian jenis-jenis di luar habitat aslinya.

6. Buang sampah sembarangan

Pengunjung dilarang membuang sampah sembarangan di Kebun Raya Bogor.

Dengan demikian, mereka tidak hanya membantu menjaga kebersihan Kebun Raya Bogor, tetapi juga membantu melestarikan lingkungan.

Baca Juga: 10 Tempat Pertemuan Dekat Stasiun Bogor Cocok Untuk Santai Sambil Ngobrol

Sebagai informasi, Kebun Raya Bogor buka mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB pada hari Senin hingga Jumat dan pukul 07:00 hingga 16:00 WIB pada hari Sabtu hingga Minggu dan hari libur nasional.

Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor bervariasi tergantung waktu kunjungan.

Dari Senin hingga Jumat, harga tiket mulai dari Rp 16.500 untuk wisatawan domestik dan asing.

Sedangkan untuk tiket masuk pada akhir pekan dan hari libur mulai dari Rp 26.500 untuk wisatawan domestik dan mancanegara.

Baca Juga: Tiket Masuk Kebun Raya Bogor dan Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button