Berita Wisata

6 ide liburan bersama anak di akhir tahun

TEMPO.CO, Jakarta – Akhir tahun ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengajak anak berlibur. Ada banyak pilihan destinasi liburan bersama anak di Indonesia yang tidak hanya berwisata, tapi juga sambil belajar.

Berikut beberapa rekomendasi destinasi liburan bersama anak yang cocok untuk dikunjungi di musim liburan kali ini perjalanan ke indonesia:

1. Belajar tentang alam di Danau Toba, Sumatera Utara

Merupakan salah satu destinasi wisata super prioritas yang menawarkan pesona luar biasa. Sambil menikmati keindahan danau purba ini, anak-anak sekaligus bisa belajar tentang sejarah dan proses terbentuknya danau akibat letusan Gunung Toba Purba.

Danau Toba menjadi primadona destinasi wisata kebanggaan Indonesia, khususnya bagi masyarakat Sumatera Utara. Uniknya, danau yang berada di tengah Pulau Samosir ini merupakan danau vulkanik terbesar di dunia.

Danau ini juga merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dengan luas 1.145 kilometer persegi dengan Pulau Samosir di tengahnya. Selain itu, ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan bersama anak, seperti belajar di desa wisata dan bermain kayak.

2. Bermain air di Pantai Tanjung Kelayang, Bangka Belitung

Anak-anak pasti senang bermain air. Destinasi yang satu itu bisa jadi anak-anak bermain air dan berenang dengan bonus tambahan pemandangan yang bagus.

Perpaduan antara pasir putih, air laut yang jernih, dan bongkahan batu granit besar yang mempesona siap memanjakan mata siapapun yang berkunjung. Dasar laut pantai yang dangkal membuat pantai ini ideal untuk berenang bersama anak-anak.

3. Ekowisata di Kepulauan Seribu

Bagi penduduk ibu kota, Kepulauan Seribu merupakan destinasi yang mudah dijangkau namun selalu menyenangkan. Ada berbagai tempat ekowisata yang menarik untuk anak-anak, antara lain penangkaran penyu di Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Pengunjung dapat melihat tempat pemijahan di Pulau Peteloran Timur, Penjaliran Barat, Penjaliran Timur, dan Pulau Belanda. Pengunjung juga bisa melihat langsung proses penetasan, pembesaran dan pelepasan penyu sisik di Pulau Pramuka, Pulau Kelapa Dua, Pulau Harapan dan Pulau Sepa. Jangan lupa ada burung murai yang berbiak di Pulau Pari.

4. Belajar Sejarah di Candi Borobudur Jawa Tengah

Destinasi yang satu ini sudah sering menjadi tujuan study trip sekolah. Tentunya menjadi destinasi liburan yang ideal bersama anak untuk perayaan akhir tahun, karena anak sekaligus bisa belajar sejarah.

Area II Candi Borobudur. Dermaga. PT.TWC

Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra. Kuil megah ini terdiri dari jutaan balok batu yang dijalin menjadi tiga struktur yang menggambarkan tingkatan alam semesta menurut filosofi Buddha. Candi ini mengalami beberapa kali renovasi hingga akhirnya ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.

5. Mempelajari satwa liar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Di sekolah, anak-anak sering mengenal komodo, spesies langka endemik Indonesia. Kini saatnya mengajak mereka untuk melihat satwa tersebut dari dekat di Taman Nasional Komoo.

Selain komodo, terdapat hewan lain, seperti kuda, kerbau, komodo, rusa timor, ular, lumba-lumba, biawak, dan berbagai hewan lainnya. Anak-anak juga bisa belajar melestarikan alam sambil diajak menikmati pemandangan indah Labuan Bajo.

6. Mempelajari budaya di Pulau Morotai, Maluku Utara

Budaya Indonesia begitu kaya dari Sabang sampai Merauke. Pulau Morotai di utara Maluku yang layak disinggahi menawarkan wisata budaya yang lengkap.

Anak-anak dan keluarga dapat merasakan budaya lokal melalui keramahan penduduk setempat. Pemandangan alam di sana akan membuat wisatawan betah. Wisatawan dapat mengunjungi Festival Tokuwela Morotai dan Desa Wisata Pulau Kolorai dengan atraksi bahari yang eksotik untuk berlibur bersama anak tahun ini.

Baca juga : Pelajari langkah-langkah mempersiapkan musim liburan agar nyaman dan hemat

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terbaru dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button