Berita Wisata

6 Kategori Biaya Hidup Bali untuk Hidup Hemat

Bali merupakan salah satu daerah yang kaya dengan pesona keindahan alam dan adat budaya yang masih lestari hingga saat ini. Bali atau yang dikenal dengan pulau dewata juga menjadi salah satu tujuan wisata favorit.

Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara singgah dan menghabiskan waktu di Bali. Namun, apakah menjadi tujuan wisata mancanegara membuat biaya hidup di Bali menjadi tinggi?

Dikutip dari halaman Idxchannel.com, biaya hidup di Bali 2022 tidak mahal. Padahal pulau cantik itu sudah menjadi tujuan wisata internasional.

Namun, mahalnya biaya hidup di Bali bergantung pada kemampuan Anda mengelola uang. Karena biaya hidup di pulau dewata tentu berbeda dengan hari raya yang umumnya cenderung menghabiskan uang.

Biaya hidup di Bali yang perlu disiapkan setiap bulan berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 5 juta. Namun, semuanya kembali ke dirinya sendiri.

Berikut rincian biaya hidup di Bali yang dirangkum dari halaman Idxchannel.com dan ekrut.com.

1. Biaya makan

MAKANAN BALI

MAKANAN BALI (Resep Koki)

Makanan adalah salah satu pengeluaran utama hidup di Bali, tapi jangan khawatir, karena anggaran harian tidak akan terlalu banyak masuk ke kantong Anda.

Harga makanan di Bali cenderung murah, mulai dari Rp 5.000 – Rp 25.000, ada juga makanan yang mematok harga tinggi jika pergi ke kafe atau resto dengan pemandangan instagrammable.

Meski dengan biaya hidup murah di Bali, Anda tetap bisa menikmati makanan enak. Misalnya nasi jinggo, sate lilit dan lain-lain.

Biaya makan ini juga tergantung pada masing-masing individu, apakah ia lebih memilih kebutuhan ekonomi atau duniawi yang harus dipenuhi.

2. Biaya akomodasi

Tempat tinggal atau akomodasi merupakan biaya hidup di Bali yang perlu Anda perhatikan. Tersedia banyak kamar kost, disewakan, hingga villa dengan harga dan fasilitas yang bervariasi.

Kisarannya sendiri mulai dari Rp600.000 hingga Rp8 juta. Itu semua tergantung lokasi dan kelengkapannya.

Sebagai informasi, biaya akomodasi tentunya akan jauh lebih murah jika memilih wisma di kawasan Denpasar atau Singaraja. Namun biaya akomodasi di sekitar tempat wisata seperti Kuta, Canggu, Seminyak, Sanur pasti akan lebih mahal karena akses menuju tempat wisata yang mudah.

3. Transportasi

Ilustrasi motor listrik

ilustrasi motor listrik (Katadata)

Bali bukanlah kota yang ramah transit. Namun, jika Anda tidak membawa kendaraan ke kota, pilih opsi sewa sepeda motor untuk mobilitas yang lebih mudah.

Harga sewa motor di Bali cukup terjangkau, mulai dari Rp 600.000 hingga Rp 1,5 juta per bulan. Dengan menyewa sepeda motor, Anda bisa menghemat biaya dan tidak harus menggunakan transportasi online untuk bepergian.

Selain itu, Anda dapat mengharapkan biaya bensin sekitar Rp 100.000. Orang Bali cenderung tidak menggunakan transportasi umum karena mudah mendapatkan kredit sepeda motor.

Kondisi jalan juga tidak terlalu ramai. Meski ada juga beberapa titik di daerah yang jalannya padat, seperti daerah Kuta pada malam hari.

4. kuota internet

Biaya hidup lain di Bali adalah internet yang kini menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Jika ingin lebih hemat, cari penginapan yang dilengkapi jaringan Wi-Fi.

Namun jika belum punya, pertimbangkan untuk menambah paket internet yang berkisar antara Rp50.000 hingga Rp150.000 per bulan.

5. Pembelian bulanan

Ilustrasi supermarket, makanan beku, makanan beku

Ilustrasi supermarket, makanan beku, makanan beku (Pixabay)

Biaya hidup di Bali sebagai orang asing perlu dikelola dengan baik. Oleh karena itu, Anda harus menganggarkan pengeluaran bulanan untuk kebutuhan pokok seperti bahan masakan, makanan ringan, makanan bekualat kebersihan dan lain-lain.

Setidaknya Ada bisa menyiapkan Rp 300.000 hingga Rp 500.000 setiap bulan untuk berbelanja kebutuhan bulanannya. Usahakan belinya hanya di pasar tradisional, karena kalau ke supermarket besar, jumlahnya akan membengkak.

6. Hiburan

Anda juga harus menyiapkan anggaran untuk kebutuhan Anda hiburan dengan liburan singkat. Biasanya, jika Anda sudah tinggal di Bali, Anda tidak terlalu memikirkan liburan.

Namun demikian, tetap perlu untuk mengantisipasi stres. Jika Anda sudah menjadi penduduk lokal, sepertinya Anda harus menghindari tempat wisata yang ramai.

Anda bisa menjelajahi kawasan wisata di daerah seperti Tabanan, Badung, Gianyar dan sekitarnya untuk menyegarkan kembali semangat Anda. Cukup siapkan dana mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 500.000. Pilih tempat wisata yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button