Berita Wisata

6 Pantai Indah Di Lamongan Ada Yang Namanya Pantai Jalinan

Lamongan (beritajatim.com) – Bagi Anda yang ingin menikmati liburan akhir pekan bersama keluarga dan teman dekat, kawasan pesisir Lamongan bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Pasalnya, ada sejumlah pantai indah dan menawan yang patut Anda kunjungi.

Beritajatim.com telah merangkum 6 pantai yang ada di kawasan Pantura Lamongan. Keenam pantai ini memiliki pemandangan yang menawan dan Instagrammable, sehingga cocok untuk Anda yang suka berfoto selfie. Hanya saja, ada sebuah pantai bernama Pantai Kutang.

1. Pantai Joko Mursodo

Pantai Joko Mursodo Lamongan.

Pantai ini terletak di Desa Lohgung, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan. Pantai ini memiliki pasir putih, dengan air laut yang bersih dan jernih. Selain itu, ombak di pantai ini juga tergolong tenang.

Di sekitar lokasi pantai Joko Mursodo terdapat hutan bakau yang terlihat unik. Meski penempatan pohon mangrove terbilang tidak menentu, namun saat digunakan untuk selfie terlihat Instagrammable.

Diketahui, pantai ini diresmikan pada tahun 2020 silam. Meski baru berusia 2 tahun, pesona alam pantai ini berhasil menarik perhatian banyak wisatawan.

Fasilitas penunjang yang bisa ditemui di sekitar pantai ini antara lain ayunan, jembatan kayu dengan cat warna warni, gazebo, bumi perkemahan, beberapa warung makan dan lain-lain. Pengunjung dijamin betah berlama-lama di pantai ini.

Untuk masuk ke pantai ini, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket Rp 2.000 dan biaya parkir kendaraan Rp 2.000. Pantai ini buka setiap hari mulai pukul 07:00 WIB hingga 18:00 WIB.

2. Pantai Putri Klayar

Pantai Putri Klayar Lamongan.

Pantai Putri Klayar terletak di Dusun Klayar, Desa Sidokelar, Kecamatan Paciran, yang menawarkan pemandangan dan suasana yang alami dan asri. Selain itu, kekhasan lain dari pantai ini adalah pasir putihnya yang lembut.

Ada pula deretan pohon bakau dan bebatuan karang, serta keberadaan ratusan burung merpati laut yang beterbangan di sekitar pantai. Panorama pantainya juga akan membuat setiap orang yang datang betah berlama-lama.

Memang, pengunjung yang suka selfie tidak akan kesulitan menemukan spot Instagram yang bagus. Banyak yang mengatakan bahwa pantai Putri Klayar adalah surga tersembunyi di Lamongan.

Menariknya, di pantai Putri Klayar juga tersedia area yang cukup luas dan bisa digunakan untuk camping. Bagi Anda yang ingin mendirikan tenda, Anda hanya perlu izin dari kepala desa atau kepala dusun setempat.

3. Pantai Pengkolan

Pantai Pengkolan Lamongan.

Pantai Pengkolan terletak di Desa Kandangsemangkon, Kecamatan Paciran. Keberadaan pantai ini sudah tidak asing lagi ribuan tahun. Meski tidak ada pasir putih di pantai ini, namun Pantai Pengkolan terlihat sangat kokoh dan menawarkan panorama yang tidak kalah indahnya dengan pantai lainnya.

Di sekitar pantai ini juga terdapat bebatuan yang berjajar indah. Jika air laut surut, pengunjung bisa leluasa menikmati keindahan alam dengan berjalan menyusuri batu karang mati.

Hanya saja, terdapat bebatuan yang seolah membentuk pulau mini, di mana sebuah gazebo disiapkan untuk beristirahat para pengunjung. Kehadiran sekawanan kuntul kecil (Egretta garzetta) di pantai ini juga akan memberikan kesan yang sangat membanggakan.

Jika ingin berkunjung ke tempat ini, waktu yang tepat adalah sore hari. Selain cuacanya yang sejuk, pengunjung juga bisa menyaksikan sunset di kala senja. Ditambah lagi, suasana alamnya sangat menyenangkan bagi pengunjung yang suka selfie.

Untuk memasuki Pantai Pengkolan, pengunjung terlebih dahulu harus melewati jalur kecil menuju pelabuhan pendaratan ikan Desa Kandang Semangkon yang lebarnya sekitar 3-4 meter.

4. Pantai Jalinan

Pantai Kutang Lamongan.

Pantai Kutang yang terletak di Dusun Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Lamongan ini menawarkan pemandangan yang tak kalah indahnya. Ada hamparan pasir putih dan ombak yang mampu menciptakan suasana syahdu.

Pantai Kutang memiliki banyak keistimewaan, mulai dari beberapa spot bagus untuk selfie, birunya air laut yang menakjubkan, pasir putih, rimbun pohon bakau, ayunan yang menempel di pohon, gazebo untuk istirahat hingga jembatan panjang yang menjorok ke laut.

Panjang jembatan sekitar 400 meter. Di pintu dipasang wallpaper yang menarik untuk membuat bidikan ala selebriti. Tentunya jembatan ini menjadi salah satu spot foto yang paling favorit dari semua tempat yang ada di Pantai Kutang.

Ombak di pantai ini juga tidak besar sehingga bisa digunakan untuk bermain dan tidak berbahaya untuk anak-anak. Pantai ini akan terlihat sangat Instagrammable saat matahari terbenam. Dikombinasikan dengan langit jingga, laut biru, dan pepohonan hijau yang menciptakan gradien menakjubkan.

Pantai Kutang buka mulai pukul 07:00 hingga 20:00 WIB. Tiket masuk Pantai Kutang cukup terjangkau dan mudah dibawa. Hanya dengan Rp 5.000, pengunjung sudah bisa masuk dan menikmati keindahan alam Pantai Kutang.

5. Pantai Lorena

Pantai Lorena Lamongan.

Pantai Lorena berada persis di sebelah Jalan Raya Paciran, Kabupaten Lamongan. Nama “Lorena” sendiri diambil dari nama desa dan letak pantainya. Lorena merupakan singkatan dari bahasa Jawa “LORE-NAnjan” yang artinya terletak di sebelah utara dusun Penanjan, di desa Paciran.

Pantai ini cukup strategis dan mudah ditemukan, berada di sebelah barat Wisata Bahari Lamongan (WBL). Pantai ini ramai dikunjungi pengunjung, terutama pada akhir pekan.

Pengunjung yang singgah disini biasanya adalah mereka yang ingin menikmati sunset atau sekedar ingin istirahat, menikmati kuliner dan melepas penat. Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk tiket masuk saat mengunjungi tempat ini.

6. Pantai Maladewa

Pantai Maladewa Lamongan.

Pantai Maladewa terletak di Desa Kemantren, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Lokasinya dekat dengan wisata religi makam Maulana Ishaq.

Dengan demikian, pengunjung yang datang ke pantai ini tidak hanya bisa menikmati panorama alam, tetapi juga bisa berziarah dan mencicipi kuliner yang disajikan di sekitar pantai.

Di kawasan pantai terdapat pondok-pondok bambu yang beratap daun kering. Ada juga beberapa gubuk yang dihubungkan satu sama lain dengan jembatan dan dibangun di tepi laut.

Cabana bisa digunakan untuk beristirahat dan menikmati keindahan pantai sambil bercengkerama dengan teman dan keluarga. Bisa dibilang pantai ini murah. Pasalnya, pengunjung hanya dikenakan biaya parkir kendaraan. [riq/but]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button