Berita Wisata

6 Pesona Wisata Bahari di Probolinggo Pilihan tepat untuk liburan anak usia dini

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, tak hanya memiliki pesona Gunung Bromo yang sukses menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Di balik keindahan gunung tersebut, juga terdapat sejumlah wisata bahari yang menyuguhkan pesona epik dengan keunggulan berbeda. Ada 6 destinasi wisata yang direkomendasikan bagi wisatawan untuk mengisi liburan tahun baru.

Padahal, tidak hanya 6 destinasi wisata pantai yang berada di pesisir Probolinggo. Dari sekian pantai yang ada, TIMES Indonesia mencoba merekomendasikan 6 pantai paling epic dan masih hits hingga saat ini. Keenam destinasi ini memiliki pandangan dan aset yang berbeda.

1. Pantai Bahak

Pantai ini berada di wilayah paling barat Kabupaten Probolinggo. Tepatnya di Desa Curah Dringu, Kecamatan Tongas. Jarak menuju tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari jalan pantai Surabaya Utara-Banyuwangi. Bahkan akses jalan tersebut dapat digunakan oleh kendaraan roda dua atau empat. Serta disiapkan tempat parkir yang luas untuk wisatawan.

Wisata-Bahari-di-Probolinggo-2.jpgPemandangan Pantai Bahak di Distrik Tongas. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)

Di kawasan wisata, wisatawan langsung disambut dengan indahnya pemandangan hutan udang cemara di sisi barat pantai. Jika menengok ke arah timur, Anda bisa melihat sejumlah warung berjejer yang menyajikan aneka kuliner.

Apalagi ada juga anjungan panjang yang membelah bibir pantai sepanjang 100 meter. Nah, di sisi timur pendopo terdapat tiga menara observasi yang juga terbuat dari kayu solid. Pengunjung dapat menaiki menara untuk melihat garis pantai dari ketinggian.

2. Pantai Bentar

Siapa yang tidak tahu wisata ini. Selain lokasinya yang berada dipinggir jalan pantura. Sirkuit ini juga dipandu oleh bukit tinggi yang dilintasi jalan akal. Lintasannya yang berliku mengingatkan banyak anak muda.

Pantai Bentar yang terletak di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo ini telah berganti wajah. Fasilitas yang ada ditingkatkan. Paviliun atau jembatan kayu yang menjulur ke tepi pantai telah diperbaiki. Membuat pemandangan alam lebih menarik.

Jika bosan di pinggir pantai, pengunjung bisa menuju bukit tinggi di samping pantai. Di sana pengunjung bisa melihat hamparan lautan dan panorama alam yang cukup menakjubkan. Wisata bahari yang satu ini bisa menjadi referensi liburan keluarga.

3. Pantai Klasik

Pantai Klasik atau bisa juga disebut Tanah Lot Proboliggo merupakan destinasi wisata yang terbilang baru. Menara ini baru diresmikan pada Juli 2022. Selain memiliki anjungan atau jembatan kayu yang cukup panjang, menara ini memiliki keunggulan view yang menarik.

Pemandangan tersebut dapat dilihat dari adanya batu karang raksasa di tengah laut, di atas tumpukan batu terdapat semak belukar dan tumbuhan bakau. Dilihat dari kejauhan terlihat seperti pulau kecil, mirip seperti Tanah Lot Bali.

Pantai yang terletak di Desa Klaseman, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo ini sangat digemari pengunjung. Lokasinya juga berjarak 1 kilometer dari jalan pantura. Sangat cocok untuk liburan keluarga sambil berfoto selfie.

4. Pantai Duta

Jika Anda mencari pantai yang menawarkan pemandangan epik dan ombak yang tenang. Jawabannya adalah Pantai Duta. Ombaknya yang tenang memungkinkan pengunjung untuk bermain bebas di pantai bersama teman dan keluarga.

Selain ombaknya yang tenang, pantai yang terletak di Desa Randutatah, Kecamatan Paiton ini memiliki kawasan konservasi hutan mangrove dan hutan pinus. Pengunjung bisa berfoto selfie menikmati rindangnya hutan dengan pemandangan pantai. Jika bosan, pengunjung bisa menyusuri jembatan kayu yang mengelilingi Mangoreve Conservancy.

Pantai ini berjarak 2 kilometer dari jalan pesisir utara. Akses jalan dapat digunakan oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Tempat parkir cukup luas.

5. Pantai Bohay

Wisata bahari ini terletak di ujung timur Kabupaten Probolinggo. Tepatnya terletak di sebelah barat objek vital nasional, PLTU. Wisata yang berjarak 100 meter dari jalan pantura ini menyajikan panorama pantai yang dihiasi bangunan PLTU. Di malam hari, kelap-kelip lampu PLTU membuat malam semakin sempurna.

Apalagi pengunjung bisa menikmati sajian kuliner seafood yang ditawarkan selama berwisata. Lokasinya yang dekat dengan bibir pantai membuat sensasi kulinernya semakin nikmat. Ada banyak menu spesial yang menjadi favorit dan diburu pengunjung setiap datang ke sini.

6. Pantai Gili Ketapang

Pantai ini terletak di sebuah pulau kecil di sisi utara dataran Kabupaten Probolinggo. Secara administratif, wilayah pulau ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Butuh waktu 30 menit untuk menyeberangi laut dengan perahu dari pelabuhan Mayangan.

Pariwisata-Bahari-di-Probolinggo-3.jpgPemandangan bawah laut Pantai Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)

Berkunjung ke tempat wisata ini tentunya banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari menikmati keindahan pantai hingga berenang di pantai. Namun dari sekian banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini, aktivitas utama wisatawan adalah snorkeling. Apalagi Gili Ketapang menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa. Berbagai jenis ikan tampak berenang dengan santai dan sangat familiar bagi para penyelam.

Inilah 6 destinasi wisata bahari versi TIMES Indonesia yang bisa dijadikan referensi untuk mengisi musim liburan di awal tahun. Selain itu masih banyak juga wisata alam lainnya yang tidak kalah menariknya antara lain air terjun Bidadari, air terjun Guyangan, Seruni point, Gunung Bromo dan masih banyak wisata lainnya.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di berita Google

Klik link ini dan jangan lupa follow.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button