Berita Wisata

6 Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Banjarbaru

Ilustrasi tempat wisata Banjarbaru. Foto: Unsplash/Tia Meski tidak memiliki pantai, namun banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Banjarbaru.

Mengutip dari situs resmi banjarbarukota.go.idkawasan Banjarbaru dulunya berupa perbukitan di pinggiran kota Martapura yang dikenal dengan Gunung Apam.

Kawasan Gunung Apam merupakan tempat peristirahatan para pekerja tambang intan setelah menambang di Cempaka. Pada tanggal 27 April 1999, Banjarbaru ditetapkan sebagai kotamadya.

Pemandangan & Tengara di Banjarbaru

Ilustrasi tempat wisata Banjarbaru. Foto: Unsplash/Tia.

Banjarbaru memiliki banyak tempat wisata yang tidak kalah keren dengan kota lainnya. Mulai dari situs sejarah, situs budaya, wisata alam hingga spot foto kekinian bisa Anda temukan di kota ini. Yuk, simak apa saja tempat wisata di Banjarbaru.

Kebun Raya Banua merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi kota Banjarbaru di Kalimantan Selatan. Dengan konsep kontemporer, Kebun Raya Banua sangat cocok bagi Anda yang suka berburu foto-foto menarik.

Kebun Raya Banua dibangun sebagai rescue center sekaligus kawasan konservasi lingkungan terbesar di kota Banjarbaru Kalimantan Selatan.

2. Museum Perut Mangkurat

Kota Banjarbaru juga menawarkan wisata sejarah yang patut Anda kunjungi. Tempat wisata yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Banjarbaru ini bernama Museum Perut Mangkurat.

Bangunan ini merupakan saksi nyata sejarah yang didirikan pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Keunikan museum ini terletak pada struktur bangunannya yang menyerupai bubungan tinggi.

Museum Lambung Mangkurat memiliki bentuk atap lonjong dan memanjang khas masyarakat Banjar. Ini berisi banyak koleksi sejarah. Berkunjung ke museum ini dapat menambah pemahaman Anda tentang kota Banjarbaru.

3. Pasar Terapung Lok Baintan

Kota Banjarbaru terkenal dengan kunjungan ke pasar terapung yang sangat eksotis. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi adalah Pasar Terapung Lok Baintan.

Pasar tradisional ini menjual berbagai produk mulai dari hasil pertanian, olahan ikan hingga souvenir. Sayang sekali jika Anda tidak mengunjungi pasar terapung ini.

Wisata Banjarbaru selanjutnya adalah Van Der Vijl. Nama taman ini diambil dari arsitek kelahiran Brakel, Belanda, yang mendesain kota Banjarbaru.

Taman Van Der Pijl dikelilingi oleh pepohonan rindang dan berbagai pameran hewan yang dikurung. Tujuannya agar masyarakat tahu bahwa kandang adalah tempat yang tidak nyaman bagi hewan.

Jika Anda berkunjung ke Banjarbaru, jangan lupa mampir ke Telaga Seran. Danau yang terletak di kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis.

Air danau yang begitu jernih membuat banyak pengunjung yang ingin berenang. Sayangnya, kedalaman air yang mencapai 30 meter tidak memungkinkan pengunjung berenang di sana.

Berlibur di Banjarbaru belum lengkap rasanya jika tidak mencoba wisata kulinernya. Di Alun-alun Murjani, pengunjung dapat menikmati makanan jalanan dan kafe.

Jangan salah paham lho, warung pinggir jalan di sini menyajikan kuliner yang enak dan bercita rasa tinggi. Makanan tahan lama karena dimasak dengan sempurna dan tidak mudah basi.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Banjarbaru yang bisa Anda kunjungi. Selamat berwisata!

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button