Berita Wisata

6 rekomendasi tempat wisata yang cocok untuk anak, liburan saat kuliah

TEMPO.CO, Jakarta – Bukan hanya anak-anak yang butuh liburan. Anak-anak juga harus diajak menyegarkan pikiran. Liburan juga bisa membuat anak senang.

Saat ini banyak tempat wisata yang menawarkan berbagai wahana khusus untuk anak-anak. Bahkan tidak hanya itu, tempat wisata juga bisa menjadi tempat belajar. Berikut rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu bersama buah hati tercinta, menurut Pegipegi:

Akuarium Jakarta

Lokasinya berada di Neo Soho Central Park di lapangan LG 101–LGM 101. Jakarta Aquarium & Safari memiliki sekitar 3.500 spesies hewan air, seperti pari elang, kebanggaan kardinal, dan ikan mandarin. Di sana, pengunjung juga dapat berinteraksi dengan beberapa hewan, seperti hiu bambu pita coklat, bintang laut biru, berang-berang, dan burung beo di kawasan tersebut. Sentuh dan temukan area tersebut. Anak-anak tidak hanya terhibur, tetapi mereka menemukan dunia binatang.

Selain melihat berbagai hewan air dan non-akuatik, pengunjung dapat melihat pertunjukan dongeng bawah laut dengan teknik ilusi dan keterampilan perenang profesional yang epik serta melihat putri duyung menari bersama ikan. Jika ingin merasakan sensasi mengemudikan kapal selam sungguhan, ada wahana Sea Explorer.

Tiket masuk Jakarta Aquarium and Safari dari Senin hingga Jumat mulai Rp 147.000 (dewasa) dan Rp 112.700 (anak-anak). Sedangkan dari Sabtu hingga Minggu, harga tiket untuk pengunjung dewasa mulai dari Rp171.500 dan anak-anak mulai dari Rp147.000.

Museum Transportasi

Museum ini terletak di Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Ngaglik, Kota Batu, Jawa Timur. Museum ini sangat cocok untuk anak-anak yang menyukai mobil atau berbagai alat transportasi lainnya.

Di sinilah tempat untuk melihat berbagai koleksi wahana dan transportasi yang terbagi dalam 11 zona, mulai dari zona Batavia, Las Vegas, Hollywood hingga zona Eropa. Pengunjung juga bisa mencoba simulator penerbangan, lihat parade dan atraksi dalam realitas virtual, untuk menguji kemungkinan balapan menggunakan simulator F1. Ada juga beberapa spot foto yang menarik, seperti suasana Paris di Menara Eiffel, English Beefeater, City Station, dan fitting kostum di Buckingham Palace.

Museum Angkut beroperasi setiap hari, mulai pukul 12.00 hingga 20.00 WIB. Untuk harga tiket masuk pada hari Senin sampai Jumat dan pada akhir pekan tetap sama yaitu Rp 100.000 per orang.

Taman Safari Bogor

Hampir semua anak menyukai binatang, jadi mengunjungi kebun binatang selalu menjadi hal yang menyenangkan di dalam pikiranmu relatif. Taman Safari Bogor memiliki sekitar 3.000 hewan dari seluruh dunia dan penduduk lokal, seperti orangutan dan harimau putih.

Animal keeper bersama harimau sumatera melakukan atraksi saat pertunjukan satwa di Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Jumat, 25 Desember 2020. Jumlah kunjungan wisatawan ke TSI Bogor menyusut hingga 40 persen tahun ini. Libur Natal karena pemberlakuan surat keterangan hasil tes rapid antigen COVID-19 bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke tempat wisata di wilayah Kabupaten Bogor. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Pengunjung dapat melihat hewan yang berbeda seolah-olah berada di habitatnya. Ada juga wahana lain di sana, seperti wahana balon udara dengan ketinggian 40 meter, pertunjukan Wild-Wild West, Baby Zoo, akuarium air tawar, dan rumah pohon. Pengunjung juga dapat menikmati wahana Istana Panda, 13 wahana permainan, delapan pajangan edukasi, baby zoo, kubah burung, pulau komodo, pusat primata, air terjun Curug Jaksa, Penguin Humboldt dan Kampung Papua.

Harga tiket masuk mulai dari Rp 200.000 per orang di hari biasa dan Rp 220.000 per orang di akhir pekan. Pada waktu-waktu tertentu, tempat ini juga menawarkan safari malam.

Ladang Lembang

Lokasinya ada di Jalan Raya Lembang nomor 108, Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang, Bandung Barat. Beragam aktivitas untuk anak-anak bisa dilakukan di sini, mulai dari berinteraksi dengan berbagai hewan ternak yang menggemaskan, seperti domba dan kambing, hingga mencicipi susu murni langsung dari peternakannya.

Banyak juga objek wisata yang bisa dijelajahi, salah satunya Para Hobbit – replika rumah kecil dari film itu Hobbit. Ada juga spot foto menarik berupa backdrop bangunan ala Eropa dan pengunjung bisa berfoto di sana sambil mengenakan kostumnya.

Farm House Lembang buka setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 18:00 WIB. Harga tiket masuknya kurang lebih Rp 30.000 per orang untuk pengunjung berusia dua tahun ke atas.

Taman Scientia Square

Tempat wisata ini terletak di Jalan Scientia Boulevard, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Setidaknya ada 10 kegiatan yang bisa dilakukan untuk anak-anak, seperti Kisah Kelinci berinteraksi dengan kelinci; Kandang burung berinteraksi dengan ayam dan burung; dan Gudang Teepee untuk melihat alpaka, keledai, kuda kecil, dan lainnya. Ada juga tujuh aktivitas keren lainnya yang bisa kamu coba, seperti panjat tebing, temui dan sapa para pria berbulu, pertunjukan burung hantu.

Biaya masuk per orang Rp 45.000 (weekdays) dan Rp 95.000 (akhir pekan dan hari libur nasional). Harga tersebut belum termasuk tiket sejumlah wahana yang ada di Scientia Square Park.

Taman Safari dan Laut Bali

Lokasinya berada di Jalan Bypass Prof. Dr Ida Bagus Mantra, Kilometer 19,8, Gianyar, Bali. Taman safari ini adalah rumah bagi lebih dari 1.000 hewan serta kawasan konservasi satwa liar, langka, dan terancam punah.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk meningkatkan kesadaran anak-anak terhadap dunia binatang. Ada berbagai wahana yang bisa dicoba, seperti Jigsaw Hutan dimana pengunjung dapat berkeliling Bali Safari & Marine Park menggunakan tram khusus sambil berinteraksi dengan hewan atau Safari punggung gajah untuk berinteraksi dengan gajah.

Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang berbeda, cobalah Sarapan dengan Singa untuk merasakan pengalaman sarapan dengan latar belakang habitat alami singa. Tak perlu khawatir soal keamanan, karena restoran bertema Afrika ini memiliki panel kaca yang memisahkan pengunjung dengan singa.

Tiket Bali Safari & Marine Park mulai dari Rp135.000 per orang untuk Paket Safari Explorer, Rp235.000 per orang untuk Paket Safari Legend, Rp400.000 per orang untuk The Night Safari dan Rp420.000 per orang untuk Elephant Back Safari.

Beberapa destinasi tersebut bisa menjadi pertimbangan destinasi liburan bersama anak nantinya. Jangan lupa untuk mempersiapkan perjalanan Anda dengan baik bersama anak-anak Anda agar liburan Anda berjalan dengan baik dan menyenangkan.

Baca juga : Temukan 15 tips menghindari stres selama liburan

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terbaru dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button