Berita Wisata

6 Tempat Cantik Instagramable Untuk Menikmati Keindahan Pulau Labengki Sulawesi Tenggara

Conawe Utara – Berwisata ke Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sulawesi Tenggara) sangat disayangkan jika tidak mampir dan mengunjungi Pulau Labengki. Pulau Labengki sejak tahun 2013 memang terkenal dengan berbagai keindahannya. Memiliki air yang sangat jernih, terumbu karang yang terawat untuk melihat pemandangan love bay dari ketinggian.

Keindahan pulau ini sudah tidak diragukan lagi. Setiap wisatawan yang datang pasti terpesona dengan panorama tempat ini. Mulai saat ini, akses menuju Pulau Labengki sangat mudah ditemukan. Jika dulu hanya ada satu waypoint menuju pulau ini, kini hampir setiap sudut kawasan bisa dijadikan jalur.

Karena letak geografis tempat ini merupakan kepulauan di sebelah utara Konawe, maka tentunya akses menuju Pulau Labengki harus menggunakan jalur laut. Waktu tempuh juga akan dipengaruhi oleh kapal yang Anda tumpangi, mulai dari hanya satu jam bahkan hingga 7 jam. Tergantung akses yang digunakan dan kondisi cuaca laut dan ombak saat itu.

Pulau Labengki terletak di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.Pulau Labengki terletak di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: dok. Bobi Nardi/Kendariinfo.

Sebut saja dia dari Desa Toli-Toli, Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe. Dari sini nelayan setempat siap menemani tamu yang datang dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam. Ada juga yang menggunakan kapal cepat dengan waktu tempuh 1 jam. Tentunya harga untuk menggunakan kedua jenis transportasi ini agak berbeda.

Penasaran dengan keindahannya, berikut 6 tempat indah di Pulau Labengki yang cocok untuk dinikmati saat berlibur.

teluk cinta

Dari semua spot yang ada di pulau ini, yang paling terkenal adalah Love Bay. Titik ini berada di atas ketinggian tebing. Padahal, tempat ini menjadi daya tarik di awal kawasan objek wisata Pulau Labengki, selain untuk dijelajahi Pandangan atas Miniatur Raja Ampat.

Untuk mencapai titik panorama Teluk Cinta, Anda harus mendaki bebatuan karst yang cukup tajam di beberapa titik. Namun seiring berkembangnya Pulau Labengki, fasilitas mulai dibangun dengan baik sehingga tangga menuju puncak dibuat demi kenyamanan wisatawan.

Sepasang kekasih mengabadikan momen berfoto dengan pemandangan love bay dari atas bukit.Sepasang kekasih mengabadikan momen berfoto dengan pemandangan love bay dari atas bukit. Foto: Facebook Pelayaran Labengki Sombori.

Tak heran jika tempat ini dinamakan Love Bay, karena dari titik tertinggi ini Anda bisa melihat tebing-tebing yang memiliki garis yang mirip dengan garis pantai. cinta atau hati dan dikelilingi lekukan pulau-pulau yang membentuk teluk. Saat yang tepat mengunjungi tempat ini adalah saat air laut surut karena lekukan hati akan lebih terlihat jelas kontras dengan warna lautnya.

Miniatur Raja Ampat

Tempat ini sama dengan Teluk Cinta yang menjadi daya tarik untuk memperkenalkan Pulau Labengki kepada masyarakat luas. Tempat ini untuk melihat dari ketinggian memperlihatkan gugusan pulau batu karst yang tersusun sebagai panorama di Piaynemo, Raja Ampat, Papua. Airnya yang tenang dan gradasi warna laut membuatnya terlihat seperti Raja Ampat versi mini di Papua.

Pulau-pulau batu karst berjajar seperti Raja Ampat di Papua.Pulau-pulau batu karst berjajar seperti Raja Ampat di Papua. Foto: Facebook Pelayaran Labengki Sombori.

laguna biru

Blue Lagoon Labengki adalah tempat keren yang tidak boleh Anda lewatkan jika berkunjung ke Pulau Labengki. Memang tempatnya kurang terlihat karena letaknya lebih ke belakang lubang Pulau Labengki Besar. Seperti namanya, tempat ini adalah sebuah laguna. Laguna ini memang merupakan kumpulan air laut yang dipisahkan dari lautan lepas oleh bebatuan karst. Blue Lagoon ini juga menyandang nama Mahumalalang Fund.

IKLAN

Padahal, laguna ini memiliki daya tarik tersendiri karena dari tempat ini Anda bisa melihat batu-batu karst yang menjadi pembatas seolah membentengi tempat ini dengan bebatuan tajam yang kontras dengan warna abu-abunya. Ditambah lagi, airnya berwarna hijau tosca, membuat gradasi warna rimbunnya pepohonan di sekitarnya terlihat.

Wisatawan mengabadikan momen di Blue Lagoon.Wisatawan mengabadikan momen di Blue Lagoon. Foto: Facebook Pelayaran Labengki Sombori.

Airnya payau dan terdapat berbagai jenis ikan yang berkeliaran di laguna ini. Anda harus berhati-hati jika ingin mengunjungi tempat ini karena lokasinya berada di balik bebatuan karst tajam yang bisa melukai Anda, meskipun pengelola setempat telah membangun dermaga dan jalan lintas.

Pantai pasir merah

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri dibanding banyaknya pantai di Pulau Labengki. Umumnya pasir di kawasan wisata Konawe Utara berwarna putih dan bersih. Namun, tempat ini berbeda. Hanya dengan menyebutkan namanya, Anda sudah bisa menebak apakah pasir tersebut berwarna.

Dua pohon kelapa yang bengkok menjadi ikon di Pantai Pasir Merah.Dua pohon kelapa yang bengkok menjadi ikon di Pantai Pasir Merah. Foto: Facebook Pelayaran Labengki Sombori.

Ya, pasir di pantai ini berwarna merah. Saat matahari sedang terik, akan semakin kontras dengan birunya air laut. Selain warna pasirnya yang unik, ada satu hal yang membuat pantai ini wajib dikunjungi wisatawan, yaitu adanya dua batang pohon kelapa yang menjorok ke laut dengan bentuk melengkung. Anehnya, kedua pohon ini berbeda dengan pohon kelapa lain yang sudah ada.

Berfoto dengan untuk melihat Kedua pohon kelapa ini paling sering dibuat oleh wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut.

Tempat menyelam

Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke Pulau Labengki tanpa mencoba melakukan aktivitas snorkeling. Pulau ini memiliki banyak biota laut seperti ikan dan karang yang sangat terjaga kelestariannya. Anda tidak memerlukan lisensi khusus untuk menikmati objek wisata ini. Yang harus Anda lakukan adalah melompat ke laut dan melihat hewan laut yang menggemaskan dan itu bisa dilakukan dengan peralatan yang lebih sederhana.

Seorang turis menyelam ke dasar laut untuk melihat terumbu karang di kawasan Pulau Labengki.Seorang turis menyelam ke dasar laut untuk melihat terumbu karang di kawasan Pulau Labengki. Foto: Facebook Pelayaran Labengki Sombori.

Airnya yang jernih dan jernih membuat semua spot karang di Pulau Labengki cocok untuk snorkeling. Bahkan ada parabola yang mengesankan, jika jarum dilempar ke air laut di Labengki, bisa terlihat dengan jelas.

Masyarakat Bajo di Labengki Kecil

Bagi orang yang sudah lama mengenal pulau ini, mereka menyimpulkan bahwa pulau ini ada dua yaitu pulau besar dan pulau kecil Labengki. Labengki adalah titik besar di mana banyak tempat wisata seperti Love Bay, Miniatur Raja Ampat, Pasir Panjang dan Merah dan gua-gua yang tersebar. Sedangkan Labengki Kecil merupakan kawasan yang didiami oleh suku Bajo, penduduk setempat.

Keramahan masyarakat Bajo di pulau ini sangat tinggi. Mereka juga sangat antusias saat berkunjung ke wilayah mereka. Anak-anak kecil yang berenang di laut kerap menyapa wisatawan dengan senyum khasnya. Menyadari potensi wisata tempat ini, masyarakat Bajo terus berbenah terutama dalam hal kebersihan.

Suasana perkampungan masyarakat Bajo di Pulau Labengki.Suasana perkampungan masyarakat Bajo di Pulau Labengki. Foto: Info Kendari (24/7/2022).

Di kampung kecil ini juga terdapat beberapa fasilitas umum mulai dari gedung serbaguna, sekolah, lapangan sepak bola, perumahan hingga masjid. Apalagi jaringan telekomunikasi sudah ada di pulau tersebut.

Ke enam spot tersebut ditambahkan beberapa objek wisata yang tak kalah banyaknya instagrammable lainnya seperti Danau Kembar, Danau Tobelo, Pasir Panjang, Goa Pool untuk melihat mercusuar. Nggak rugi deh kalau kamu berkunjung ke Pulau Labengki dengan berbagai keindahan dan tempat wisatanya yang keren!

Tampilan postingan: 71

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button