Berita Wisata

6 Tempat Wisata Bugbug Karangasem, Banyak Hidden Gems

Jika anda berlibur ke Bali, pastikan untuk mampir ke Kabupaten Karangasem. Selain beragam tradisinya, Karangasem juga memiliki banyak tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Salah satunya adalah Desa Bugbug.

Desa ini kemungkinan besar dijuluki “Daris, satu atau dua pulau dilintasi”. Karena desa ini tidak hanya menawarkan satu tempat wisata saja, melainkan enam tempat wisata sekaligus. Berikut rekomendasi tempat wisata Bugbug Village yang wajib kamu kunjungi saat liburan.

Baca juga: 5 Desa Bali Aga di Buleleng, Ada Tradisi Menjemur Jenazah

Baca Juga: 5 Tips Memilih Paket Travel yang Aman dan Tepat

1. Bukit Asah

6 Tempat Wisata Bugbug Karangasem, Banyak Hidden Gems(Dok. Pribadi/Pande Jana)

Dari namanya memang sangat menarik, pesona alam yang ditawarkan tempat wisata ini terdiri dari perbukitan dengan view hamparan laut lepas dan tebing-tebing tinggi. Anda dapat menikmati dua persegi foto keduanya di sini yaitu. Matahari terbit dan matahari terbenam.

Hanya dengan tiket masuk Rp 10.000 per orang, Anda bisa melakukan banyak aktivitas di Bukit Asah. Salah satu kegiatan yang paling populer adalah berkemah. Anda tidak perlu repot membawa perlengkapan camping karena pengelola tempat ini telah menyewakan perlengkapan camping bahkan kayu bakar untuk api unggun.

Pengelola tempat ini menyewakan berbagai jenis tenda seperti tenda sedang, tenda VIP, kubah, sampai glamping, dengan harga sewa Rp 170.000 hingga Rp 440.000 per malam. Selain kegiatan camping, anda juga bisa bermain ayunan sambil menikmati pemandangan yang indah, memancing ikan, sekedar duduk-duduk dan piknik bersama keluarga.

Akses jalan yang memadai dapat memudahkan kunjungan wisatawan ke tempat ini. Jarak tempuh menuju tempat ini sekitar 1 jam 30 menit dari pusat kota Denpasar. Jadi kapan bisa menikmati tempat selengkap ini?

2. Pantai Kosong

6 Tempat Wisata Bugbug Karangasem, Banyak Hidden Gems(Dok. Pribadi/Pande Jana)

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi Bukit Asah tanpa mengunjungi pantai ini. Ya, destinasi wisata ini masih satu kawasan dengan Bukit Asah. Anda tidak perlu lagi membayar tiket masuk untuk mengunjungi tempat ini. Jadi dengan tiket masuk Rp 10.000 per orang, kamu sudah bisa memiliki dua destinasi wisata sekaligus, keren kan?

pantai perawan atau Pantai Pasir Putih menawarkan pesona alam dengan pantai yang bersih, air laut yang biru Toscadan pasir putihnya yang halus, kamu akan betah berlibur disini kok.

Pantai ini mudah diakses melalui jalan darat, namun jarang diketahui wisatawan dan sering disebut permata tersembunyi-ini bali. Dari kota Denpasar, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam 45 menit.

Tempat ini sangat cocok untuk dinikmati akhir pekan dengan keluarga, pacar atau teman. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini. Duduk santai, piknik, berenang dan menyewa perahu untuk menambah pengalaman berwisata di tengah laut sambil menikmati keindahan Bukit Asah dan Pulau Paus yang unik.

3. Subak Lumpadang

6 Tempat Wisata Bugbug Karangasem, Banyak Hidden Gemsinstagram.com/sadiartana

Tidak jauh dari Bukit Asah dan Pantai Perawantempat wisata ini masih asing di telinga para wisatawan. Bagi anda yang suka bepergian lintas alam, benar-benar harus mencoba tempat ini. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan hamparan sawah luas yang diapit oleh dua buah bukit.

Anda harus tahu bahwa waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di pagi hari. Suasana Matahari terbit yang muncul di balik bukit dan kicauan burung yang saling bersahutan, sangat cocok sebagai tempat peristirahatan untuk melepas penat.

Masuk ke tempat wisata ini tidak dipungut biaya alias gratis. Aksesnya cukup mudah karena dekat dengan Jalan Raya Bugbug. Jika Anda datang dari kota Denpasar, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 20 menit untuk sampai ke tempat ini.

Untuk mencapai tempat ini, sangat disarankan menggunakan kendaraan roda dua. Jika Anda menggunakan kendaraan roda empat, Anda cukup parkir di pinggir jalan raya dan berjalan sekitar 400 meter untuk mencapai lokasi ini.

4. Subak Pengalapan

6 Tempat Wisata Bugbug Karangasem, Banyak Hidden Gems(dok.pribadi/I Gede Sadiartana)

Jika Anda ingin berlibur jauh dari hiruk pikuk kota, Subak Pengalapan wajib Anda datangi. Destinasi wisata ini menawarkan hamparan sawah dan sungai yang jernih. Tempat ini menjadi permata tersembunyiitu Desa Bugbug, karena jauh dari keramaian. Untuk masuk ke tempat ini tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis.

Tempat ini bisa menjadi tempat dapat di-instragam. Karena saat Anda berjalan menuju tempat ini, Anda akan disuguhi pemandangan Gunung Agung yang megah dan hamparan persawahan.

Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di tempat ini seperti berenang, bersepeda, jogging, sehingga anda bisa belajar dan belajar bercocok tanam disini.

Estimasi perjalanan dari kota Denpasar ke lokasi ini kurang lebih 1 jam 45 menit. Disarankan menggunakan kendaraan roda dua, mengingat akses jalan menuju tempat ini masih belum memadai.

5. Kandida

6 Tempat Wisata Bugbug Karangasem, Banyak Hidden Gemsinstagram.com/_ptwjntha_

Siapa yang tidak kenal dengan nama Candidasa? Tempat wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Karangasem. Pandangan pertama Anda adalah ribuan bunga teratai yang mekar di tengah kolam besar. Tentunya untuk menikmati keindahan kolam ini tidak perlu mengeluarkan biaya apapun alias gratis.

Termasuk kolam teratai ini Tengara dari Candida. Bunga teratai berwarna-warni Merah Jambu dan ditemani oleh ikan-ikan kecil yang cantik yang akan memukau mata anda saat melihatnya. Dari tempat ini, Anda juga bisa menyaksikan kemegahan Candi Candidasa dengan arsitekturnya yang indah.

Untuk mencapai tempat ini sangat mudah, karena berada di pinggir Jalan Raya Candidasa. Jika Anda datang dari Kota Denpasar, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam 20 menit.

Selain menikmati indahnya kolam teratai, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti joging keliling tepi kolam renang, berenang di pantai Candidasa, snorkeling trip tuba.

6. Bukit Gunungan

6 Tempat Wisata Bugbug Karangasem, Banyak Hidden Gemsinstagram.com/kas_clicks

Dari Candidasa, Anda hanya perlu waktu 20 menit untuk mendaki bukit ini. Tempat wisata ini memang masih asing di telinga para wisatawan, namun sudah virus di berbagai beranda media sosial.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang untuk mengunjungi tempat ini. Anda bisa menikmati keindahannya Matahari terbit dan matahari terbenam satu tempat pada satu waktu. Banyak turis yang mencoba berkemah di sana. Namun Anda harus membawa peralatan berkemah sendiri karena pihak pengelola tidak menyediakan fasilitas berkemah yang memadai.

Tempat wisata ini menawarkan rekreasi petualangan dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan laut lepas dan konteks bukit hijau. Dari atas sana, Anda bisa melihat dengan jelas hamparan dan keindahan kolam teratai Candidasa.

Untuk menuju bukit ini, Anda perlu menyiapkan tenaga ekstra untuk mendakinya. Karena jalan berbukit berbatu dan sedikit terjal. Namun semua itu akan terbayar dengan keindahan pemandangannya jika berhasil mencapai puncak bukit ini. Bagi wisatawan yang menyukai tantangan, Bukit Guungan ini wajib menjadi tujuan liburan Anda selanjutnya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button