Berita Wisata

6 Tempat Wisata Dekat Stasiun, Masuk!

Jakarta

Kereta api menjadi pilihan moda transportasi yang tepat untuk bepergian ke luar kota saat berlibur. Banyak kota memiliki tempat wisata yang dekat dengan stasiun.

Di beberapa kota, Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang sangat dekat dengan stasiun. Ini adalah pilihan perjalanan yang menyenangkan karena hemat biaya dan tidak melelahkan.

“Stasiun ini berada di lokasi yang strategis, sehingga masyarakat dapat berkeliling tanpa harus menempuh perjalanan lebih lama. KAI juga menawarkan berbagai jenis kereta api yang dapat digunakan. Mulai dari kelas Ekonomi, Bisnis, Eksekutif, dan Mewah,” ujar Vice President of Humas KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Senin (28/11/2022).

IKLAN

GULIR UNTUK MEMBATASI KONTEN

Daftar 6 tempat wisata yang direkomendasikan di dekat stasiun kereta api

1. Galeri Nasional Indonesia, Jakarta

Tempat ini sangat cocok untuk pecinta seni. Untuk menuju ke sana, tinggal naik kereta menuju Stasiun Gambir di Jakarta. Museum Galeri Nasional Indonesia berada tepat di seberang Stasiun Gambir.

Jalur menuju Galeri Nasional dapat diakses dengan transportasi umum seperti KRL Commuter Line dan MRT.  Lihat informasi lengkapnya di sini.Galeri Nasional merupakan salah satu tempat wisata yang dekat dengan stasiun/Foto: GNI/Istimewa

Tempat wisata unik ini menjadi media pameran seni dan budaya mulai dari yang kuno, kontemporer hingga modern. Tidak hanya pameran, seminar, perpustakaan, dan laboratorium juga bisa Anda nikmati di sini.

2. Kampoeng Plered, Purwakarta

Saat berkunjung dan jalan-jalan di sekitar Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, sempatkanlah untuk singgah sejenak di tempat ini. Ada Kampung Maranggi, tempat makan khas yang menawarkan Sate Maranggi, makanan khas Purwakarta.

Surga wisata kuliner yang terletak di Alun-alun Plered tepatnya di sebelah Pelataran Stasiun Plered, bisa menjadi tempat memanjakan lidah saat berkunjung ke Purwakarta. Untuk menuju stasiun Plered, Anda bisa menggunakan kereta Serayu, Garut Cibatuan, dan Bandung Raya Ekonomi.

3. Benteng Pendem, Cilacap

Berada di Dusun Kebon Jati, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Benteng Pendem merupakan peninggalan Belanda di pesisir Pantai Teluk Penyu. Benteng ini dibangun pada tahun 1861 dan pernah menjadi markas pertahanan Tentara Hindia Belanda. Di dalamnya ada gudang senjata, benteng pengintai, benteng pertahanan, depot amunisi, penjara, tempat tinggal perwira, dan dapur.

Benteng Pendem Cilacap berjarak sekitar 3 kilometer dari stasiun Cilacap dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit. Anda bisa menggunakan kereta api Kamandaka, Wijayakusuma dan Joglosemarkerto untuk menuju stasiun Cilacap.

4. Pantai Grand Watu Dodol, Banyuwangi

Jika Anda turun di stasiun Ketapang Banyuwangi, Anda bisa menuju pantai Grand Watu Dodol (GWD). Jarak dari stasiun ke pantai Grand Watu Dodol (GWD) kurang lebih 6,8 kilometer dari stasiun. Pantai GWD menawarkan wisata snorkeling, menyelam, dan perahu ke Pulau Tabuhan.

Jika Anda berangkat dari Semarang, Anda bisa menggunakan kereta api yang baru saja beroperasi saat libur Natal dan Tahun Baru 2022 2022, yaitu kereta api Blambangan Ekspres Semarang Tawang-Ketapang (Banyuwangi) hal. Selain itu, masih banyak kereta api dari berbagai daerah yang bisa Anda gunakan untuk menuju Stasiun Ketapang.

5. Mengunjungi kampung warna-warni Jodipan, Malang

Kampung warna warni Desa Jodipan juga menjadi salah satu tempat wisata di dekat Stasiun Kereta Api Malang, dekat dengan Stasiun Kereta Api Malang. Kampung yang bangunannya dicat dengan warna cerah ini cocok untuk kamu yang suka foto selfie, karena di kampung ini banyak terdapat spot instagramable untuk background foto.

Kampung Warna-Warni MalangWarna-warni Kampung Jodipan di Malang Dekat Stasiun KA/Foto: (brigits_emilianav/d’Traveler)

Lokasinya di Jalan Ir.H.Juanda 6, Jodipan, Kota Malang, Jawa Timur. Jarak tempuh dari stasiun kereta api Malang sekitar 1,5 kilometer. Anda dapat berkendara sekitar 5 menit atau berjalan kaki sekitar 17 menit.

6. Kampung Kuliner, Binjai

Tempat wisata populer ini hanya berjarak sekitar 100 meter dari Stasiun Binjai. Berbagai makanan khas Binjai hingga makanan khas Sumatera Utara lainnya bisa Anda coba di tempat ini. Tempat ini menawarkan konsep unik sebagai food court dengan pilihan indoor dan outdoor.

Ada banyak tenda dengan kursi dengan konsep yang keren. Bagi Anda yang ingin lebih private, Anda bisa memilih makan di dalam (indoor) agar tidak terganggu oleh keramaian.

Ini enam rekomendasi tempat wisata di dekat stasiun yang bisa kamu jangkau. Tidak perlu jauh-jauh, Anda cukup berjalan kaki sekitar 5-17 menit menuju tempat wisata menarik di dekat stasiun.

Selain enam tempat wisata tersebut, sebenarnya masih banyak tempat wisata lainnya, baik wisata sejarah, seni, alam, wisata kuliner di sekitar stasiun di berbagai daerah.

“Untuk rute, jadwal dan untuk membeli tiket kereta api, masyarakat dapat mengakses website kai.id dan aplikasi KAI Accesss agar tidak bingung merencanakan perjalanan liburannya. Pelanggan juga tidak perlu ragu untuk bepergian dengan kereta api karena protokol kesehatan maksimum telah diberlakukan.” ” kata Joni.

Simak Video “Rute KAI Malang Menuju Jakarta Tertimbun Longsor”
[Gambas:Video 20detik]
(pf/dd)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button