Berita Wisata

6 Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Gunung Merapi Terbaik

Nilai Gunung Merapi sudah terkenal di seluruh Indonesia. Dikenal sebagai salah satu gunung teraktif, ternyata keindahannya yang dilihat dari jauh juga membuatnya sangat populer.

Tidak sulit ditemukan tempat lihat gunung merapi terbaik di jogja seperti pada 6 tempat wisata alam berikut ini. cocok untuk sembuh dan temukan kedamaian!

1. Taman Alam Tankaman

6 Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Gunung Merapi TerbaikTaman Alam Tankaman (instagram.com/tankaman.kaliurang)

Taman Wisata Alam Tankaman merupakan tempat baru untuk menikmati alam Kaliurang. Berjarak sekitar 800 meter dari Tugu Udang Kaliurang, lokasi ini bisa dibilang hidden gem di ujung timur Kaliurang dan berada di lingkungan Hutan Kemasyarakatan Kaliurang.

Jika Anda ingin melihat Gunung Merapi di Taman Wisata Alam Tankaman, sebaiknya datanglah pada pagi hari dan saat cuaca sedang bagus. Saat ini Anda bisa melihat keindahan Merapi dengan dua bukitnya, yaitu Bukit Plawangan dan Bukit Kendil. Ini juga merupakan persinggahan yang bagus untuk pengendara sepeda!

Alamat: Kaliurang, Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Bunker Kaliadem

6 Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Gunung Merapi Terbaikbunker kaliadem (instagram.com/chssina)

Saksi bisu dahsyatnya muntahan Gunung Merapi, Bunker Kaliadem memang meninggalkan bekas legenda urban yang membuat merinding. Meski begitu, keindahan Merapi jika dilihat dari lokasi ini saja tidak bisa dipungkiri.

Berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, Anda bisa melihat langsung Gunung Merapi dari jarak minimal 5 km. Selain itu, Anda juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan menarik dalam bentuk wisata jip adrenalin.

Alamat: Kinarejo, Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga: Bunker Kaliadem Merapi: Info Lokasi, Harga Tiket & Tips

3.Plunyon Kalikuning

6 Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Gunung Merapi Terbaikplunyon kalikuning (instagram.com/sayyidatunnisa98)

Sebelum naik karena menjadi salah satu lokasi syuting yang hits KKN di kampung penari, Plunyon Kalikuning terkenal dengan keindahannya sebagai jalur bersepeda dan melihat gagahnya Gunung Merapi. Pemandangan alam yang serba hijau membuat suasana di sini cukup syahdu, apalagi jika Anda datang di pagi hari, masih ada kabut yang menutupinya.

Harga tiket masuknya cukup murah yaitu Rp 12.000 per orang. Jarak ke kota juga tidak terlalu jauh, sekitar 25 km atau 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Alamat: Kedungsriti, RT.01/RW.06, Umbulharjo, Kapanewom Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

4.Nawang Jagad

6 Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Gunung Merapi Terbaiknawang jagad (instagram.com/idanorman75)

Nawang Jagad adalah salah satu bumi perkemahan di Jogja yang menyuguhkan pemandangan Gunung Merapi. Dari pusat kota membutuhkan waktu sekitar 50 menit atau jarak 25 km, jauh bukan?

Fasilitasnya cukup lengkap, mulai dari toilet yang bersih, mushola dan tempat parkir yang luas. Selain bisa berkemah, Anda juga bisa naik sepeda gunung, jip, di jalan setapak. Harga tiket masuk jika tidak ingin menginap adalah Rp 10.000 namun jika ingin berkemah mulai dari Rp 25.000 per orang.

Alamat: Padukuhan Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca juga: Misteri Bungker “Menangis” Kaliadem di Gunung Merapi

5. Bukit Klangon

6 Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Gunung Merapi Terbaikbukit klangon (instagram.com/mala_sary23)

Bukit Klangon atau disebut juga Bukit Indah Glagaharjo berada di ketinggian 1.100 mdpl. Jangan heran jika dari tempat wisata ini pemandangan Gunung Merapi begitu jelas, karena jaraknya hanya 4 KM. Namun jika ingin mengambil foto yang lebih jelas, Anda bisa menaiki beberapa pos pengamatan.
Daripada sekedar foto-foto, kamu bisa mencoba aktivitas lain seperti trekking dan downhill biking. Apakah Anda suka berkemah? Nah, Bukit Klangonan juga menawarkan bumi perkemahan yang bisa disewa oleh siapa saja, termasuk kamu!
Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Kafe Merapi

6 Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Gunung Merapi Terbaikkafe merapi (instagram.com/oktvnindita_)

Jika sebelumnya tempat wisata banyak yang berbentuk tempat perkemahan, berbeda dengan Kopi Merapi yang tidak lain adalah sebuah café di kaki Gunung Merapi. Tempatnya sederhana, tapi selalu ramai dikunjungi turis yang mencarinya hangat makan di tengah sejuknya suasana Kaliurang.

Kopi yang disajikan merupakan hasil dari petani kopi lokal lho. Rasanya yang kental, cocok bagi Anda yang menyukai kopi hitam. Selain kopi, ada juga jajanan berupa kacang rebus dan aneka gorengan sebagai teman bersantai sambil menikmati alam bebas.

Alamat: Kepuharjo, Cangkringan, Petung, Kepuharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Di tengah padatnya kendaraan dan gedung-gedung tinggi di Jogja, menyimpang sejenak dari wisata alam akan memberikan pengalaman tersendiri. sembuh berbeda dan lebih santai. Apalagi melihat langsung Gunung Merapi, ah, kapan lagi bisa begitu?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Dekat Plunyon Kalikuning, Sleman yang Sedang Viral

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button