Berita Wisata

6 tempat wisata di Jogja yang dibuka kembali, sempat ditutup akibat pandemi

Yogyakarta

Pandemi COVID-19 menyebabkan semua pergerakan ekonomi tersendat, termasuk di sektor pariwisata. Ada beberapa tempat wisata di Jogja yang saat virus COVID-19 mulai masuk ke Indonesia terpaksa ditutup sementara.

Namun, seiring berjalannya waktu, beberapa tempat wisata di Jogja yang sebelumnya ditutup kini mulai dibuka kembali berdasarkan kondisi yang membaik akibat pandemi COVID-19.

Ringkasan detikJateng dari review Google, media sosial dan beberapa situs resmi hingga tempat wisata itu sendiri, berikut beberapa wisata di Jogja yang sempat ditutup selama pandemi COVID-19, kini telah dibuka kembali.

1. Museum Kereta Istana

Seperti dikutip dari situs Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jogja, Museum Kereta Keraton Jogja merupakan museum khusus yang berisi koleksi kereta kuda milik Keraton Kasultanan Yogyakarta.

Museum ini terletak di sekitar wilayah keraton Yogyakarta. Tepatnya di seberang kecamatan Pagelaran, atau sisi barat Jalan Rotowijayan dimana keberadaan museum kereta mudah dijangkau.

Pada umumnya museum kereta kuda ini dikunjungi setelah mengunjungi kecamatan Pagelaran dan kecamatan Sitihinggil, sebelum menuju keraton.

2.Tamansari

Taman Sari merupakan salah satu tempat wisata yang sempat ditutup selama masa pandemi COVID-19, namun kini kompleks wisata Tamansari telah dibuka kembali.

Mengutip dari halaman sibakuljogja.jogjaprov.go.id, Taman Sari merupakan warisan budaya Keraton Yogyakarta yang masih kuat. Bangunan cagar budaya di Keraton Yogyakarta ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan HB I pada tahun 1758.

Selama ini Istana Taman Sari telah mengalami beberapa kali renovasi, sehingga bangunannya terlihat lebih menarik tanpa menghilangkan nilai sejarahnya. Taman Sari terletak sekitar 300 meter di sebelah barat Kraton Yogyakarta, tepatnya di Patehan, Kraton, Jogja.

Salah satu ciri khas Taman Sari adalah adanya genangan air yang dikelilingi benteng setinggi 6 meter.

3. Benteng Vredeburg

Salah satu tempat wisata di kawasan Titik Nol KM Jogja adalah Benteng Vredeburg. Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, benteng ini dikelilingi oleh bangunan-bangunan tua zaman Belanda, seperti Gedung Agung (bekas Rumah Residen), Gereja Ngejaman (GPIB Margamulya), bekas Senisono (satu dengan Gedung Agung). ), kantor BNI 1946, kantor pos, Bank Indonesia dan kantor Paguyuban.

Benteng Vredeburg merupakan destinasi wisata budaya yang unik dan khas di Yogyakarta. Benteng Vredeburg kini difungsikan sebagai museum sejarah di Jogja.

Dalam pengabdiannya kepada masyarakat, Museum Benteng Vredeburg tidak lepas dari unsur pendidikan yang sejalan dengan fungsi museum itu sendiri yaitu sebagai tempat rekreasi dan tempat pendidikan.

Informasi tentang sejarah, budaya dan nilai-nilai luhur gulat diwariskan kepada generasi muda dalam nuansa edutainment yang berasal dari kata education and entertainment.

4. Kebun Binatang Merry Loka

Pariwisata di Kebun Binatang Gembira Loka juga terkena dampak pandemi COVID-19. Kebun binatang ini sempat ditutup beberapa saat setelah pemerintah mengumumkan adanya pandemi COVID-19.

Namun, Gembira Loka saat ini berfungsi seperti semula. Dikutip dari situs resminya, happylokazoo.com, kebun binatang ini buka setiap hari. Hari Senin sampai Jumat buka dari jam 09.00 sampai 15.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp60.000, Sabtu sampai Minggu buka dari jam 08.30 sampai 16.00 WIB dengan harga tiket Rp75.000.

5. Ayunan Surgawi Watu Jaran

Salah satu tempat wisata alam di Kulon Progo, Jogja yaitu Ayunan Langit Watu Jaran juga ditutup sementara sejak pandemi COVID-19. Seperti dikutip dari situs Dinas Pariwisata Kulon Progo, Ayunan Langit Watu Jaran terletak di desa wisata Purwosari, Girimulyo, 29 kilometer dari pusat kota Jogja.

Destinasi wisata ini menawarkan pengalaman yang memacu adrenalin dengan berayun di ketinggian 850 mdpl, sehingga saat difoto terlihat seperti ayunan yang digantung di langit.

Kini Ayunan Langit Watu Jaran telah dibuka kembali. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sini, cukup membayar Rp 7.000 saja per orang. Sedangkan untuk mencoba wahana ayunan cukup membayar Rp 10.000 saja.

6. Taman Pintar

Salah satu destinasi wisata edukasi sains populer di Jogja yakni Taman Pintar juga memutuskan tutup sementara selama pandemi COVID-19.

Berbagai wahana di Smart Park seperti Science Theatre, Oval Building, Box Building, Playground, Craft Village, dan Planetarium kembali beroperasi. Taman Pintar yang berlokasi di Jalan Panembahan Senopati, No. 1-3, Ngupasan, Gondomanan, Kota Jogja ini buka setiap hari mulai pukul 08:30 hingga 16:00 WIB.

Nah itulah sederet tempat wisata di Jogja yang sempat ditutup selama pandemi COVID-19 dan kini telah dibuka kembali.

Simak video “Pasar Malam Tugu Jogja Expo Tanpa Ijin Ditutup Satpol PP”
[Gambas:Video 20detik]
(saya/ah)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button