Berita Wisata

6 tempat wisata di Magelang yang wajib dikunjungi, tidak hanya itu

Magelang, kota sejuta bunga, menjadi salah satu tempat favorit yang dikunjungi wisatawan mancanegara maupun lokal.

Bagaimana bisa? Kota yang sarat akan informasi sejarah sekaligus kuliner unik menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Berikut beberapa destinasi wisata yang harus Anda kunjungi jika berada di Magelang.

Baca Juga: 5 Tempat Kuliner Paling Legendaris Di Magelang, Ikonik Banget!

1. Candi Borobudur

6 tempat wisata di magelang yang wajib dikunjungi, tidak hanya borobudur sajaIlustrasi oleh Borobudur (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Siapa yang tidak mengenal candi Borobudur? Candi yang terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini menyimpan kisah sejarah dari zaman kerajaan yang masih menjadi favorit wisatawan.

Lokasi candi Borobudur berjarak sekitar 15 km dari kota Magelang dan 40 km dari kota Yogyakarta.

Walaupun relief dinding dan bangunan candi tidak seperti semula akibat letusan gunung berapi, namun tempat ini tetap menimbulkan rasa penasaran banyak orang.

Saat ini akses menuju candi borobudur sangat mudah, kendaraan umum juga tersedia untuk menuju tempat ini.

Harga tiket saat ini adalah Rp 50.000/orang dan anda sudah bisa melihat kemegahan candi Borobudur dan menikmati pemandangan dari atas candi. Jam operasional adalah pukul 07:00 WIB hingga 17:00 WIB setiap hari.

2. Nepal dari Jawa

6 tempat wisata di magelang yang wajib dikunjungi, tidak hanya borobudur sajahttp://traveloka.com

Tempat ini merupakan desa wisata yang terletak di lereng Gunung Sumbing, Dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang.

Tempat ini memiliki keunikan tersendiri karena terdapat rumah penduduk setempat yang dicat warna-warni jika dilihat dari atas desa ini.

Di sana kita bisa menikmati pemandangan pegunungan dan pedesaan yang indah. Jika Anda puas dengan kondisi cuaca yang dingin dan sejuk, tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau kolega Anda.

Tidak hanya menawarkan keindahan alam, terdapat juga warung makan dan kafe yang bisa Anda coba sambil menikmati pemandangan, dengan harga yang relatif murah dan sangat terjangkau.

Harga tiket masuk saat ini hanya Rp 10.000/orang, namun Anda harus berhati-hati menuju ke sana karena jalannya sangat menanjak mengingat tempat ini berada di puncak.

Selain itu, tidak banyak transportasi umum untuk menuju tempat ini, namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat memesan moto taxi. on line atau luring siap untuk memberikan.

3. Desa Wisata Gunungspring

6 tempat wisata di magelang yang wajib dikunjungi, tidak hanya borobudur sajadok pribadi/Muchammad Veriyanto

Magelang tidak hanya memiliki pesona alam yang indah, tetapi juga memiliki tempat wisata religi yang setiap hari dikunjungi oleh wisatawan lokal, tempat ini sangat fenomenal di kalangan pelajar.

Terletak di Desa Gunungpring Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang yaitu Wisata Religi dan Edukasi Gunungpring. Disini terdapat makam para wali, diantaranya yang paling terkenal adalah makam K.H Dalhar dan Kyai Raden Santri.

Wisatawan yang datang sering menggunakan bus rombongan, karena tempat ini merupakan salah satu tujuan saat berziarah ke makam para wali.

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

Pilihan Editor

Makam tersebut berada di bagian atas dan para peziarah biasanya menaiki tangga untuk menuju ke tempat ini.

Selain ziarah, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat edukasi, berbagai acara pada saat hari besar umat Islam sering diadakan seperti pengajian dan kegiatan keagamaan.

Sebagai tempat ziarah makam orang suci pada umumnya, disini disajikan berbagai oleh-oleh dan oleh-oleh khas hasil kerajinan masyarakat setempat, mulai dari kaligrafi, tasbih kayu dan parfum.

Tempatnya cukup bersih dan nyaman. Berbagai fasilitas juga telah disiapkan, seperti toilet umum, tempat ibadah, dan akomodasi.

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 WIB hingga 16:00 WIB. Akses menuju lokasi ini sangat mudah dijangkau baik dengan sepeda motor maupun mobil.

4. Taman Kyai Langgeng

6 tempat wisata di magelang yang wajib dikunjungi, tidak hanya borobudur sajadok pribadi/Muchammad Veriyanto

Taman Kyai Langgeng merupakan tempat wisata yang menjadi primadona bagi warga setempat. Bagi Anda yang sudah menikah dan memiliki anak, ini adalah tempat yang tepat untuk mengajak keluarga Anda bersenang-senang dan bermain.

Lokasinya berada di Desa Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, tidak jauh dari pusat perbelanjaan di Kota Magelang dan tentunya sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Tempat wisata di Kyai Langgeng memiliki banyak wahana yang mendebarkan, seperti komidi putar, kincir ria, becak air, kebun binatang mini, 4 dimensi dan juga kolam renang. Tidak hanya wahana permainan, Anda juga bisa berkeliling di tempat ini menggunakan mobil terbuka dan kereta mini karena taman wisata ini sangat luas.

Harga tiket masuk per orangnya adalah Rp 30.000 dan kamu sudah bisa menikmati berbagai permainan di dalamnya. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 WIB hingga 16:00 WIB dan sangat ramai saat liburan

5. Gereja Ayam

6 tempat wisata di magelang yang wajib dikunjungi, tidak hanya borobudur sajahttp://Budaya.blog.unisbank.ac.id

Gereja Ayam merupakan tempat ibadah dan saat ini menjadi tempat wisata yang terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Setiap hari Minggu banyak pengunjung yang datang untuk menikmati pemandangan alam melalui lantai 3, melalui lantai 3 ini anda dapat melihat keindahan Candi Borobudur dan Bukit Menoreh.

Tiket masuk per orang saat ini Rp 20.000, buka mulai pukul 07:00 WIB hingga 18:00 WIB. Untuk transportasi, Anda bisa menyewa Jeep untuk menuju tempat ini atau menyewa ojek, karena akses jalannya cukup ekstrim dan tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Kendaraan pribadi telah menyediakan tempat parkir di bawah. Anda juga bisa berjalan kaki ke tempat ini, namun jaraknya cukup jauh.

Jika anda akan ke candi borobudur jangan lupa mampir ke tempat ini, karena letaknya tidak jauh dari candi borobudur dan harga tiket masuknya relatif murah.

6. Alun-alun Magelang

6 tempat wisata di magelang yang wajib dikunjungi, tidak hanya borobudur sajadoc.Pribadi

Alun-alun Magelang berada di tengah kota dan dekat dengan pusat perbelanjaan. Di tempat ini Anda bisa menikmati berbagai kuliner mulai dari nasi goreng, bakso, mie ayam, pangsit, batagor, es krim campur dan masih banyak lagi.

Kuliner ada di sebelah utara alun-alun. Selain kuliner, ada juga tempat bermain anak seperti seluncuran dan mobil mainan yang disewakan. 1 mobil disewakan Rp 10.000/ 5 putaran.

Pada malam hari, alun-alun ini biasanya dipadati pengunjung yang bersantai sambil menikmati jajanan.

Fasilitas di lokasi ini juga sangat lengkap, masjid di sebelah barat alun-alun, dan tempat parkir yang luas. Jika ingin berbelanja bisa dengan berjalan kaki, karena tempat ini dikelilingi mall dan toko pakaian.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hotel di Magelang, Liburan Mewah Nyaman Saat Menginap

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button