Berita Wisata

6 tempat wisata di Purwakarta akan memberlakukan tiket masuk

KOMPAS.com – Sejumlah tempat wisata di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat akan memungut biaya atau biaya masuk bagi pengunjung mulai Januari 2023. Sebelumnya, tidak ada biaya alias gratis.

Tempat wisata tersebut adalah Taman Air Mancur Jancing, Diorama Nusantara, Bale Panyawangan Purwakarta, Bale Indung Rahayu, Galeri Wayang, dan Taman Surawisesa. Keenamnya dijalankan oleh pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga: 25 Tempat Wisata di Purwakarta, Dari Wisata Alam Hingga Museum Canggih

“Biaya tempat rekreasi dan olah raga merupakan salah satu jenis retribusi jasa usaha yang dipungut oleh pemerintah daerah pada saat memberikan pelayanan kepada perorangan atau badan sebagai sumber PAD (Pendapatan Sumber Daya Daerah)”, ujar Kabid Pariwisata Pemuda, Dinas Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta Acep Yulimulya, dikutip dari Di antaraJumat (18/11/2022).

Sebagai informasi, tiket masuk Parc de la Fontaine akan terdiri dari dua kelas. Kelas pertama mulai dari Rp 15.000, sedangkan kelas kedua mulai dari Rp 10.000.

Baca juga :

Sedangkan lima tempat wisata lainnya akan menerapkan tarif masuk yang sama, mulai Rp 5.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp 3.000 untuk pengunjung anak-anak.

Acep mengatakan tarif tersebut mengacu pada peraturan daerah nomor 11 tahun 2020 tentang remunerasi tempat rekreasi dan olahraga.

Sipinter Berisi, Jasa Terkait Pariwisata di Purwakarta

Pemerintah Kabupaten Purwakarta juga telah mengembangkan layanan pariwisata berbasis teknologi bernama Sistem Informasi Pariwisata Terpadu Purwakarta (Sipinter Berisi).

Sipinter Berisi bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat terhadap informasi wisata dan melengkapi aplikasi Sampurasun Purwakarta yang sudah ada.

Baca juga :

“Saat ini semua informasi mengenai pariwisata di Purwakarta dapat diakses melalui alat khusus seperti ponsel pintar yang disimpan di beberapa area publik,” ujarnya.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button