Berita Wisata

6 tempat wisata di salatiga yang wajib kamu kunjungi,hibur dan edukasi

Merdeka.com – Rekomendasi tempat wisata di Salatiga berikut ini mungkin bisa menjadi panduan bagi Anda yang akan berlibur ke sana. Salatiga merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki potensi wisata yang menarik untuk dijelajahi.

Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata keluarga bisa Anda temukan di kota ini. Akses menuju tempat wisata di Salatiga juga relatif mudah. Dan harga tiket masuknya sangat terjangkau, sehingga cocok untuk semua kalangan.

taboola di tengah artikel

Berbagai tempat wisata di Salatiga dapat Anda jelajahi dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Selain itu, jarak antara satu tempat wisata dengan tempat wisata lainnya rata-rata tidak terlalu jauh sehingga memudahkan Anda untuk menjelajahi banyak tempat dalam sehari penuh.

Dirangkum dari Liputan6, berikut 6 tempat wisata di Salatiga terpopuler yang tidak boleh Anda lewatkan, yang telah kami pilihkan secara khusus. Selamat berlibur!

2 dari 3 halaman

1. Benteng Jock Salatiga

Tempat wisata yang direkomendasikan pertama di Salatiga adalah Fort Hock. Terletak di Jl. Diponegoro, Sidorejo Lor, Kota Salatiga, benteng ini merupakan situs peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1834.

Terletak di kawasan Asrama Polres Salatiga, hingga kini bangunan benteng tersebut masih berdiri megah dan anggun. Benteng yang juga merupakan Cultural Heritage Building (BCB) ini memiliki banyak fasilitas ala turis seperti kafe dan spot foto yang instagenic.

2. Lapangan Pancasila Salatiga

Tempat wisata yang direkomendasikan kedua di Salatiga adalah Lapangan Pancasila. Terletak di Jl.Wipe. Pancasila, Kalicacing, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, lapangan ini merupakan ruang publik yang ramai dengan penduduk lokal dan pendatang.

Pada malam hari, kawasan ini berubah menjadi pasar malam. Lapangan Pancasila dibuat untuk mengenang para pahlawan Salatiga Indonesia, yaitu Yos Soedarso, Adi Sucipto dan Brigjen Sudiarto.

3. Kuil Organik Hok Tek

Tempat wisata yang direkomendasikan ketiga di Salatiga adalah Klenteng Hok Tek Bio. Terletak di Jl. Sukowati No.13, Kalicacing, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Klenteng Hok Tek Bio merupakan tempat peribadatan umat Buddha di Salatiga.

Bangunan candi yang didominasi warna merah dan kuning diketahui dibangun pada tahun 1872. Warna merah candi melambangkan kesuksesan dan kebahagiaan sedangkan warna kuning menyiratkan sifat ketuhanan atau religiositas.

3 dari 3 halaman

4. Taman Tingkir Kota Salatiga

Taman Tingkir adalah salah satu tempat wisata di Salatiga yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Jika Anda membutuhkan tempat terbuka untuk bersantai dan bermain bersama anak-anak, Taman Tingkir Kota Salatiga bisa menjadi pilihan destinasi. Di sini, ada area bermain anak yang pasti menarik minat si kecil.

Berlokasi di Jl. Tritis Sari No.17, Sidorejo Kidul, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Taman Tingkir merupakan salah satu taman di kota yang ramai oleh penduduk lokal dan turis yang singgah di kota ini.

5. Taman Wisata Sejarah Kota Salatiga (TWSS)

Tempat wisata di Salatiga yang direkomendasikan kelima adalah Taman Wisata Sejarah. Berlokasi di Jl. Nogosari, Bugel, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, taman ini merupakan arena wisata edukasi yang cocok untuk menambah pengetahuan anda selama liburan.

Di taman ini terdapat berbagai monumen seperti tugu alutsista Cureng AURI, kendaraan lapis baja Saladin, replika KRI Matjan Tutul 62, patung tiga pahlawan nasional yang mewakili tiga dimensi TNI, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Hotel Emmerik Salatiga

Jika Anda membutuhkan tempat menginap dan mengisi ulang tenaga setelah padatnya aktivitas sehari-hari di Salatiga, Anda bisa memilih untuk menginap di D’Emmerick Hotel. Hotel kuno ini menawarkan kenyamanan yang memadai di kawasan ini.

Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan yang indah dan udara segar saat menginap di sini. Suasana tenang hotel ini akan memungkinkan Anda untuk bersantai dan beristirahat secara maksimal.

(mdk/edl)

TOPIK TERKAIT

Setelah

taboola di bawah artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button