Berita Wisata

6 Wisata Populer dan Terjangkau di Madura, Pemandangannya Menakjubkan

Merdeka.com – Wisata di Madura bisa menjadi tujuan berlibur. Jika mendengar kata Madura, pasti sebagian dari Anda memikirkan sajian sate ayam yang gurih dan nikmat. Jangan salah, Madura memang terkenal dengan kulinernya yang enak.

Selain terkenal dengan berbagai kulinernya yang enak, wisata di Madura juga tak kalah populer. Mulai dari Kebun Bunga Matahari Pamekasan, Bukit Jaddih Bangkalan, Bukit Kapur Arosbaya, Kolam Goa Pote, Bukit Tinggi Damarista, hingga Puncak Ratu di Sumenep.

taboola tengah artikel

Beberapa tempat wisata di Madura telah menjadi tujuan liburan favorit bagi penduduk lokal dan wisatawan. Berbagai tempat tersebut menyajikan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. Tak hanya itu, tempat wisata di Madura ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas spot foto yang menjadi daya tarik tersendiri.

Bagi Anda yang berencana berlibur ke Jawa Timur, tempat wisata populer di Madura berikut ini bisa jadi pilihan. Tak perlu khawatir, beberapa tempat wisata ini cukup murah dan terjangkau, sehingga Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk berlibur bersama.

Dari berbagai sumber, berikut kami rangkum beberapa pilihan wisata di Madura yang bisa menjadi rekomendasi Anda.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Madura : Taman Bunga Matahari, Bukit Jaddih

taman bunga matahari

Pilihan tempat wisata di Madura yang murah dan terjangkau pertama adalah Kebun Bunga Matahari Pamekasan. Di sini Anda bisa melihat hamparan bunga matahari yang tumbuh subur dengan warna kuning cerah yang indah. Sejak dibuka, tempat wisata di Madura ini langsung menyedot perhatian masyarakat karena menampilkan pemandangan dan spot foto yang menarik.

Jika Anda tertarik, Anda harus mengunjungi ladang bunga matahari ini pada hari yang cerah. Dengan latar belakang langit biru cerah dan bunga matahari kuning, Anda akan mendapatkan banyak foto menarik.

Tentunya hal ini dapat menambah koleksi download feed instagram anda. Obyek wisata ini terletak di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Pamekasan yang dibuka secara gratis.

Bukit Jaddi

Kunjungan populer ke Madura selanjutnya adalah Bukit Jaddih. Ini adalah bekas lokasi penambangan gunung kapur yang dialihfungsikan menjadi objek wisata bagi masyarakat. Di sini Anda bisa melihat tebing gunung kapur dengan pahatan unik bekas galian tambang.

Apalagi di tengahnya juga terdapat danau yang cukup besar dengan air berwarna biru muda cemerlang. Perpaduan warna putih tebing kapur dengan birunya danau inilah yang menarik banyak pengunjung untuk melihat langsung keindahannya.

Jika tertarik bisa langsung menuju tempat wisata Jakan, Parseh, Socah, Bangkalan, Madura. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06:30 hingga 17:00. Tempat ini dibuka secara gratis, jadi Anda hanya perlu membayar parkir kendaraan saja.

3 dari 4 halaman

Wisata Madura : Bukit Kapur Arosbaya, Kolam Goa Pote

Bukit Kapur Arosbaya

©2021 Merdeka.com/Kaitovid

Bukit Kapur Arosbaya

Kunjungan populer dan terjangkau lainnya ke Madura adalah bukit kapur Arosbaya. Berbeda dengan wisata bukit kapur sebelumnya, di sini Anda bisa melihat pegunungan kapur dengan dominasi warna putih kecoklatan. Tebing kapur di bukit ini diukir indah dengan pahatan buatan manusia. Tak heran, jika Anda melihat patung-patung yang terbentuk dengan baik.

Di dalam bukit ini juga terdapat gua dengan ruang yang terbentuk secara alami. Saat Anda berkunjung di pagi hari, celah-celah di gua ini disinari matahari yang indah dan cerah. Jika ingin berkunjung, jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan tempat-tempat menarik di sana.

Tempat wisata ini terletak di Pallangan Madura, Buduran, Arosbaya, Bangkalan. Anda bisa berkunjung dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Tiket masuk dikenakan biaya 10.000 per orang, belum termasuk parkir kendaraan.

Kolam Goa Pote

Kolam Goa Pote juga merupakan salah satu wisata paling populer di Madura. Berbeda dengan kolam renang pada umumnya, di sini ada kesan berenang di alam terbuka yang dikelilingi tebing kapur putih.

Kolam di lokasi ini juga cukup luas, sehingga Anda bisa berenang dengan leluasa sambil menikmati keindahan alam yang mengelilinginya. Inilah tempat wisata di Madura yang cocok untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga. Meski begitu, Anda tetap perlu mengawasi anak yang ingin berenang.

Jika berminat bisa langsung ke lokasi wisata dusun Jakan, Jakan, Parseh, Socah, Bangkalan. Kolam renang buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah, Anda bisa langsung berenang dan menikmati keindahan alam.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Madura : Bukit Tinggi Damarista, Puncak Ratu

Bukit Tinggi Damarista

Pilihan tempat wisata di Madura yang populer selanjutnya adalah Bukit Tinggi Damarista. Ini adalah bukit yang dikelola secara khusus dengan berbagai spot foto yang unik dan menarik, mulai dari rumah pohon hingga jembatan kayu yang didesain menyerupai negeri dongeng.

Tentunya, Anda bisa berburu foto menarik sambil menikmati pemandangan alam yang terbentang dari atas. Selain itu, Anda juga bisa mencoba aktivitas seru lainnya seperti wahana flying fox yang ditawarkan kepada pengunjung.

Jika tertarik, Anda bisa menuju tempat wisata Billa Tompok, Lenteng, Sumenep, Madura. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 20.00. Untuk biaya masuk, Anda hanya perlu membayar 5.000 rupee.

Puncak Ratu

Kunjungan populer terakhir ke Madura yang tak kalah menarik adalah Puncak Ratu. Tempat wisata baru di Madura ini baru resmi dibuka pada Desember 2018. Di sini Anda bisa melihat pemandangan alam dengan jelas dari atas. Ada juga beberapa balkon di atas pepohonan untuk Anda berfoto dan bersantai dengan nyaman.

Sebelum mencapai puncak, Anda harus melewati hutan pinus yang tertata rapi dan bersih. Hutan pinus ini juga menjadi salah satu spot foto menarik yang diburu pengunjung. Di hutan pinus Anda bisa bersantai dan menikmati udara segar di hammock yang disediakan.

Selain itu di tempat ini Anda juga bisa mencoba pengalaman seru memetik buah durian langsung dari pohonnya. Buah yang Anda peti dapat dibeli dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Bagi yang berminat bisa langsung mengunjungi tempat wisata Puncak Ratu, Kongsi, Pamekasan, Madura. Tempat wisata Madura ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

(mdk/ayi)

TOPIK TERKAIT

Setelah

taboola di bawah artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button