Tempat Wisata

7 Air Terjun Bidadari : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Pesona alam Aceh Utara seakan tak ada habisnya untuk dijelajahi. Masih ada beberapa tempat wisata yang belum terjamah di kabupaten ini dan jarang dikunjungi. Meski demikian, keindahan tempat wisata yang cerdik tersembunyi di balik kekayaan alam Aceh tak pernah gagal menggugah rasa penasaran wisatawan. 7 Air Terjun Bidadari menjadi salah satunya dan menawarkan keindahan air terjun di balik hutan belantara yang lebat.

7 Air Terjun Bidadari terkenal dengan panorama alamnya yang sungguh indah dan mempesona. Tersembunyi di tengah hutan belantara, tempat wisata ini seolah dilindungi dan dilestarikan. Suara gemericik air yang jatuh di bebatuan menimbulkan suasana menyenangkan dan membuat wisatawan betah dan menikmatinya berlama-lama.

Air Terjun 7 Bidadari

Secara geografis, Air Terjun Bidadari ke-7 terletak di Desa Pulo Meuria, Kecamatan Geureudong Pase, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. Untuk menuju tempat wisata ini, wisatawan harus menempuh perjalanan minimal 50 kilometer atau satu jam perjalanan dari kota Lhokseumawe.

Perjalanan menuju air terjun ini awalnya cukup mudah, jalanan sudah beraspal baik dan banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan wisatawan. Namun setibanya di Kecamatan Geureudong Pase, wisatawan harus menempuh jalan yang cukup ekstrim melewati hutan belantara. Kondisi jalan yang masih tanah dan bebatuan sehingga cukup menantang dan memacu adrenalin.

Oleh karena itu, banyak wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun 7 Bidadari biasanya menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda motor trail yang mampu melintasi medan kasar. Jalur yang melewati hutan ini kerap mengharuskan pengunjung berjalan naik turun bukit, melewati perkebunan kelapa sawit, dan sungai hingga setinggi pinggang orang dewasa. Bukan perkara mudah untuk menikmati keindahan air terjun ini.

Wisatawan yang menyukai trail riding dapat mengejar passionnya dengan menjajal medan yang sulit ini. Banyak juga pengemudi yang tidak mampu melakukannya dan menyerah di tengah jalan hingga terpaksa mengungsi. Tempat wisata ini sangat cocok bagi seseorang yang berjiwa petualang dan menyukai tantangan.

Pesona 7 Air Terjun Bidadari

Di tengah perjalanan melewati hutan, wisatawan disuguhkan pemandangan alam berupa pepohonan rindang, perbukitan hijau, dan perkebunan kelapa sawit yang luas. Pemandangan ini seolah menjadi oase dari medan berat dan jalanan sulit yang harus dilalui wisatawan.

Setelah berkendara sejauh 10 kilometer ke dalam hutan, wisatawan menemukan Barak Komando, tempat peristirahatan para pekerja di perkebunan kelapa sawit. Wisatawan bisa beristirahat disini, terdapat beberapa bangunan permanen yang dapat digunakan untuk melepas penat dan mengusir rasa lapar.

Air Terjun 7 Bidadari

Dari barak komando, wisatawan harus melanjutkan perjalanan menuju Bukit Tualang. Pengunjung harus memarkir sepeda motor di sini dan berjalan kaki, karena kawasan tersebut sudah tidak bisa diakses kendaraan. Setelah mendaki dan menuruni bukit serta melewati ruas perkebunan kelapa sawit dan sungai, wisatawan dihadapkan pada fenomena air terjun yang sangat indah: Air Terjun Bidadari ke-7.

Masih belum diketahui secara pasti darimana nama air terjun ini berasal. Yang pasti air terjun ini sungguh mempesona, bak bidadari yang turun dari kayangan. Keindahan air terjun ini sangat terjaga seolah dilindungi oleh hutan belantara yang lebat. Selain itu, suara gemericik air yang jatuh ke bebatuan besar di bawahnya seakan memikat wisatawan untuk segera menikmati segarnya air.

Setelah menempuh perjalanan panjang yang menguras tenaga, wisatawan bisa langsung terjun ke kolam yang terletak tepat di bawah air terjun 7 Bidadari. Di bawahnya juga terdapat batu sungai besar yang sering digunakan wisatawan untuk menikmati derasnya air terjun.

Air Terjun Bidadari yang ke 7 konon mempunyai 7 tingkatan air terjun dengan keindahan yang berbeda-beda, bahkan ada yang mengatakan tingkatan pada air terjun ini mencapai 10. Jarak antara satu anak tangga dengan anak tangga lainnya sekitar 3 hingga 4 meter, dengan rata-rata ketinggian air terjun mencapai 5 meter. Jika wisatawan penasaran, mereka bisa menjelajahi air terjun tingkat demi tingkat dengan memanjat bebatuan yang ada di sekitar tempat tersebut.

Pesona Air Terjun 7 Bidadari memang sangat mempesona. Airnya yang jernih dan berwarna kebiruan bisa langsung diminum untuk menghilangkan dahaga. Keindahan alam liar disekitarnya juga menciptakan suasana yang rindang dan asri. Ini benar-benar tempat wisata istimewa yang layak untuk dicapai.

7 Kompleks Air Terjun Bidadari

Sayangnya tempat wisata menawan tersebut tidak berbanding lurus dengan fasilitas di sekitarnya. Hal ini bisa dimaklumi karena tempatnya terpencil dan berada di tengah hutan belantara. Wisatawan tentu tidak akan menemukan fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, atau musala.

Selain itu, jangan harap Anda bisa menemukan penjual makanan atau minuman di sekitar Air Terjun 7 Bidadari. Wisatawan disarankan membawa bekal terlebih dahulu sebelum memasuki kawasan hutan belantara. Bagi yang ingin bermalam, wisatawan dapat memilih hotel dan akomodasi di kota Lhoksukon.

Baca juga:

Mengunjungi 7 Air Terjun Bidadari memang menjadi tantangan tersendiri dan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke air terjun.

Menikmati keindahan air terjun

Meski akses menuju 7 Air Terjun Bidadari memerlukan usaha khusus, namun tetap layak untuk dikunjungi. Di tengah lebatnya hutan belantara, Anda bisa menikmati keindahan air terjun yang eksotis ini. Air yang jatuh dengan derasnya juga menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa berenang, mandi atau merasakan langsung berada di bawah air terjun karena airnya mengalir terus menerus.

Jika kurang puas, Anda juga bisa menikmati beberapa tingkat air terjun ini. Semuanya sungguh indah, dengan ciri dan pesona yang berbeda-beda. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang mendambakan kedamaian dan ketenangan serta ingin menghilangkan rasa bosan dalam beraktivitas sehari-hari.

Belah hutan dengan berkendara di jalan setapak

Jika Anda berjiwa petualang dan memiliki hobi yang menantang, Anda bisa menjelajahi hutan belantara tempat 7 Air Terjun Bidadari berada. Anda bisa menyusuri jalan setapak sekaligus mencoba jalur yang tidak rata berupa tanah bercampur bebatuan. Selain itu, Anda juga akan dihadapkan pada pegunungan, perkebunan kelapa sawit, dan aliran sungai yang menantang.

berkemah

Anda juga bisa menginap di Air Terjun 7 Bidadari dengan mendirikan tenda disekitarnya. Ajak teman atau saudara untuk bermalam di air terjun eksotik ini. Bermalam di dekat air terjun pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Jika perut keroncongan, Anda bisa mencari ikan dengan melemparkan kail ke sungai. Hanya dengan menggunakan umpan cacing tanah, Anda akan mendapatkan ikan segar yang siap untuk dipanggang menjadi santapan lezat. Saat malam tiba, buatlah api unggun, hangatnya kebersamaan akan terasa unik di tengah lebatnya hutan belantara.

Perburuan Foto

Hunting foto juga menjadi kegiatan wajib saat berada di Air Terjun 7 Bidadari. Momen tersebut bisa Anda abadikan ketika berkunjung ke tempat wisata di Aceh Utara ini. Ada beberapa objek indah yang bisa Anda foto atau dijadikan background foto, seperti air terjun, bebatuan besar, atau bahkan hutan lestari.

Jika ingin merasakan pengalaman memotret yang berbeda, sebaiknya membawa kamera tahan air. Anda bisa mengambil foto di kolam sambil berenang. Ikan-ikan di sungai akan selalu berpose setia di foto Anda.

Biaya masuk dan jam buka 7 air terjun Bidadari

Wisatawan untuk memasuki kawasan wisata ini tidak dipungut biaya masuk alias gratis. Karena jam bukanya, Anda bisa mengunjungi air terjun ini kapan saja, namun untuk menikmati keindahan wisata air terjun ini, kami sarankan Anda datang pada pagi hari.

Baca juga:

Peta lokasi 7 air terjun bidadari

Tips Berwisata ke 7 Air Terjun Bidadari

  • Persiapkan kondisi fisik dan ketahanan tubuh Anda sebelum menuju ke air terjun karena perjalanannya berat dan melelahkan.
  • Sebaiknya pantau cuaca sebelum pergi ke air terjun karena jika hujan, kawasan tersebut menjadi semakin berlumpur.
  • Berhati-hatilah saat memasuki hutan karena banyak yang menyerah karena sulitnya medan.
  • Bawalah perbekalan secukupnya karena berlebihan akan menyulitkan perjalanan.
  • Sebaiknya membawa makanan dan minuman karena tidak ada warung di sekitar tempat wisata.
  • Jaga kebersihan tempat wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Jagalah tempat wisata dan jangan merusak apapun yang ada di dalamnya.
  • Berdoalah sebelum berangkat agar liburan Anda berjalan lancar sesuai rencana.

7 Galeri Foto Air Terjun Bidadari

Potret 7 Air Terjun Bidadari di Aceh Utara
Berburu foto di bawah air terjun
Lubuk indah di bawah air terjun
Spot foto di tepi sungai
Spot foto di pinggir air terjun
Potret keindahan air terjun dari udara

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button