Tempat Wisata

7 danau terbesar di Indonesia yang cocok dijadikan tujuan wisata

7 danau terbesar di Indonesia yang cocok dijadikan tujuan wisata

Danau terluas di Indonesia ini membentang di seluruh Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Danau merupakan sumber daya alam yang melimpah di Indonesia karena Indonesia merupakan negara kepulauan.

Beberapa danau di Indonesia dijadikan tujuan wisata, khususnya bagi wisatawan yang menyukai wisata alam. Jika Anda berencana mengunjungi danau terbesar dan terindah di Indonesia, simak artikel ini sampai selesai!

Rekomendasi danau terbesar di Indonesia sebagai tujuan wisata

Menghabiskan liburan di danau merupakan hal yang baik karena menawarkan pengalaman baru dan memungkinkan berwisata ke alam. Wisata alam menawarkan energi baru bagi Anda yang memang membutuhkan refreshing.

Berikut beberapa rekomendasi danau di Indonesia yang patut dikunjungi menjelang musim liburan:

1. Danau Towuti

Rekomendasi wisata bahari yang pertama adalah Danau Towuti. Danau ini merupakan danau terbesar kedua di Indonesia dengan luas sekitar 561,1 kilometer persegi. Danau ini terletak di provinsi Sulawesi Selatan.

Danau ini tidak hanya luas, tapi juga terkenal dengan kedalamannya. Kedalaman danau ini sekitar 203 meter. Hal ini disebabkan adanya pergerakan lempeng tektonik bumi yang memisahkan Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Berwisata di danau ini, Anda bisa melihat berbagai spesies hewan endemik yang menjadi ciri khas danau ini. Anda juga bisa naik perahu jika ingin menikmati pemandangan di tengah danau.

2.Danau Poso

Rekomendasi selanjutnya adalah Danau Poso yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah. Danau ini memiliki luas 323 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter.

Danau ini terbentuk akibat pergerakan bumi sekitar 12 hingga 16 juta tahun yang lalu. Keunikan danau ini adalah tepian pasirnya yang putih dan airnya yang bergelombang seperti di laut.

Jadi jika anda berwisata ke danau ini, anda bisa menghabiskan waktu seperti berlibur di pantai. Selain itu air di telaga ini juga sangat biru di bagian tengahnya dan berwarna biru kehijauan di bagian pinggirnya.

3.Danau Singkarak

Selanjutnya Anda bisa menuju Danau Singkarak yang berada di provinsi Sumatera Barat. Danau ini mempunyai luas sekitar 107,8 kilometer persegi.

Danau ini merupakan hulu dari Sungai Batang Ombilin. Terbentuknya danau ini disebabkan oleh pergeseran lempeng tektonik Sesar Sumatera. Danau ini mempunyai pemandangan alam yang sangat menarik.

Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi pemandangan jajaran perbukitan yang mengelilingi danau ini. Anda juga bisa melihat langsung jenis ikan endemik Danau Singkarak yaitu ikan Bilih.

Ikan bilih ini hanya bisa hidup di Danau Singkarak. Ada beberapa kali orang yang menyukai ikan ini kemudian membawanya pulang, namun tidak lama kemudian ikan ini mati karena hanya cocok untuk hidup di danau ini.

4.Danau Kelimutu

Rekomendasi berikut ini sangat menyimpang dari bentuk danau pada umumnya. Danau ini terletak di puncak Gunung Kelimutu. Ada tiga Danau Kelimutu yang ketiganya bisa berubah warna dari hijau, hitam, merah, atau biru.

Ketiga danau tersebut memiliki nama yang berbeda yaitu Tiwu Nuwa Muuwi Koo Fai, Tiwu Ata Polo dan Tiwu Ata Mbupu. Ketiga danau ini dipisahkan oleh dinding kawah Gunung Kelimutu.

Keindahan Danau Kelimutu dengan tiga warnanya sudah terkenal hingga ke pelosok tanah air dan mancanegara. Tak heran jika banyak wisatawan yang rela mendaki Gunung Kelimutu untuk melihat langsung keindahan danau ini.

5.Danau Ranau

Nama danau terbesar di Indonesia selanjutnya adalah Danau Ranau. Danau ini terletak di dua provinsi yaitu Sumatera Selatan dan Lampung. Danau ini memiliki luas sekitar 125 kilometer persegi dan kedalaman 229 meter.

Saat berkunjung ke danau ini, Anda juga bisa berwisata ke beberapa tempat di kawasan tersebut, seperti Gunung Seminung dan Pulau Marisa. Bersantailah di pemandian air panas di Pulau Marisa.

Di Danau Ranau Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas wisata yaitu bermain jet ski, menikmati makan malam di tepi danau, berenang dan berbagai aktivitas menarik lainnya.

6. Danau Sentani

Rekomendasi selanjutnya ada di ujung Indonesia yaitu di Jayapura. Danau Sentani memiliki luas sekitar 9.360 ha, Danau ini banyak dikunjungi wisatawan karena keindahan alamnya.

Pemandangan danau ini sangat menarik karena di sebelah utaranya terdapat Pegunungan Cyclops yang masih sangat hijau dan belum terjamah tangan manusia. Sejauh mata memandang terhampar dataran hijau yang mempesona.

Saat berkunjung ke danau ini, Anda bisa menghabiskan waktu menikmati keindahan danau, bermain permainan air, naik perahu menuju pulau kecil bahkan menikmati makanan khas Jayapura sambil memandangi pemandangan danau yang mempesona.

7. Danau Toba

Terakhir, Danau Toba menjadi destinasi wisata danau yang wajib dikunjungi. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Danau ini memiliki luas 1.130 kilometer persegi dan kedalaman 505 m.

Berkunjung ke danau terbesar di Indonesia ini, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas atau aktivitas di sini, seperti bermain kayak di sekitar Danau Toba, mencicipi makanan khas Batak yang dijual di sekitar Danau Toba, dan menikmati keindahan Danau Toba dari atas.

Namun untuk menikmati keindahan Danau Toba dari atas, harus mendaki Gunung Pusuk Buhit. Anda akan menempuh perjalanan singkat untuk mendaki gunung ini melalui jalur yang berkelok-kelok. Namun rasa lelah Anda akan terbayar dengan pemandangan yang sangat indah dari puncak gunung ini.

Tips berwisata di tepi danau

Jika Anda belum pernah melakukan wisata di danau, siapkan tips berikut ini agar liburan Anda tetap aman dan nyaman.

1. Bawalah baju ganti

Saat mengarungi danau, Anda akan menjumpai air dan kemungkinan besar mencoba fitur air yang ditawarkan di danau. Oleh karena itu, membawa baju ganti adalah suatu keharusan agar Anda tidak kebingungan saat mencari baju ganti jika baju yang Anda kenakan basah.

2. Membawa kamera tahan air

Saat ini banyak kamera yang dilengkapi dengan fungsi tahan air. Saat Anda akan berada di danau, ada baiknya Anda membawa kamera tahan air untuk alasan keamanan.

3. Bawalah topi

Sebagian besar danau di Indonesia tidak memiliki tanaman tinggi yang tumbuh di sisinya, sehingga Anda bisa terkena sinar matahari langsung saat cuaca panas. Ada baiknya Anda membawa topi sendiri untuk melindungi wajah dari terik sinar matahari.

Menutup

Menjelajahi wisata danau terbesar di Indonesia ini bisa menjadi pengalaman baru yang tak terlupakan karena setiap danau memiliki keunikannya masing-masing. Anda juga bisa melihat hewan-hewan yang hanya bisa ditemukan di danau.

Jadi tak ada salahnya Anda menghabiskan liburan dengan mengunjungi danau-danau indah Indonesia untuk menghilangkan penat.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button