Berita Wisata

7 hal yang perlu diketahui tentang runtuhnya jembatan gantung di India

Jakarta

Sebanyak 135 orang tewas akibat ambruknya jembatan gantung di India. Jembatan ini baru saja direnovasi.

Kabar duka dari India. Sebuah jembatan gantung berusia seratus tahun telah runtuh dan merenggut nyawa. Jembatan ini terletak di Morbi, Gujarat, India.

Laporan CNN, Rabu (11/2/2022) menurut pihak berwenang, sebelum tragedi itu, diperkirakan hingga 200 orang berada di jembatan yang melintasi sungai Machchhu di kota Morbi. Jembatan itu ambruk pada 30 Oktober sekitar pukul 18.30 waktu setempat.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Berikut ini rangkuman peristiwa runtuhnya jembatan gantung di Gujarat, India.

1. Jumlah korban meninggal 137 orang

Korban tewas akibat runtuhnya jembatan penyeberangan di India terus bertambah. Hingga saat ini, insiden tersebut telah menewaskan 137 orang. Kapolsek P. Dekavadiya mengatakan, jumlah korban tewas bertambah menjadi 137 pada Senin (31/10) sore.
Dari ratusan korban yang meninggal, 50 di antaranya adalah anak-anak. Korban termuda yang meninggal berusia 2 tahun.

Tim penyelamat di atas kapal mencari korban ambruknya jembatan cable-stayed di atas Sungai Machchu di negara bagian Gujarat, India barat, Senin (31/10/2022) waktu setempat.  Sebanyak 81 orang meninggal dunia.Tim penyelamat di atas kapal mencari korban ambruknya jembatan cable-stayed di atas Sungai Machchu di negara bagian Gujarat, India barat, Senin (31/10/2022) waktu setempat. Sebanyak 81 orang meninggal dunia. Foto: AP/Ajit Solanki

2. Saya memfilmkan sekelompok anak muda yang mencoba mengguncang jembatan

Klip video 36 detik yang dibagikan oleh Administrasi Distrik Morbi melalui afiliasi CNN News-18 menunjukkan kerumunan anak muda berkumpul di jembatan beberapa saat sebelum runtuh. Video itu menunjukkan beberapa pria mengayun-ayunkan jembatan dari sisi ke sisi sebelum struktur itu runtuh, menjatuhkan mereka yang berdiri di atasnya ke sungai.

3. Saksi menceritakan betapa menderitanya hatinya untuk membantunya kehilangan anggota keluarga

Korban selamat dan saksi dari insiden mematikan itu menggambarkan adegan kekacauan.

“Orang-orang tergantung di jembatan setelah kecelakaan itu, tetapi mereka terpeleset dan jatuh ke sungai ketika jembatan itu runtuh,” kata Raju, seorang saksi mata yang hanya menyebutkan satu nama, kepada Reuters.

“Saya tidak bisa tidur sepanjang malam karena saya telah mengambil bagian dalam operasi penyelamatan. Saya membawa banyak anak ke rumah sakit.”

Narendrasinh Jadeja, yang temannya kehilangan tujuh anggota keluarga termasuk empat anak, mengatakan: “Saya tidak bisa mengungkapkan betapa marah dan tak berdaya yang saya rasakan.”

Juga seorang pemuda mengatakan kepada saya bahwa dia telah kehilangan saudara perempuannya yang berusia 6 tahun dan telah mencarinya sejak Minggu malam. “Saya pegang tangannya saat jembatan ambruk dan kami jatuh ke sungai. Saya selamat dan mencarinya kemana-mana ke rumah sakit. Tapi adik saya tidak ditemukan”, ujarnya.

Personel penyelamat melakukan operasi pencarian setelah sebuah jembatan runtuh di atas sungai Machchhu di Morbi, di negara bagian Gujarat, India, pada 31 Oktober 2022. – Sedikitnya 130 orang tewas di India setelah jembatan penyeberangan era kolonial runtuh, mengirim puluhan orang jatuh ke sungai di bawah, kata polisi 31 Oktober.  (Foto oleh Sam PANTHAKY/AFP) (Foto oleh SAM PANTHAKY/AFP via Getty Images)Personel penyelamat melakukan operasi pencarian setelah sebuah jembatan runtuh di atas sungai Machchhu di Morbi, di negara bagian Gujarat, India, pada 31 Oktober 2022. – Sedikitnya 130 orang tewas di India setelah jembatan penyeberangan era kolonial runtuh, mengirim puluhan orang jatuh ke sungai di bawah, kata polisi 31 Oktober. (Foto oleh Sam PANTHAKY / AFP) (Foto oleh SAM PANTHAKY/AFP via Getty Images) Foto: AFP via Getty Images/SAM PANTHAKY

4. Jembatan berumur lebih dari satu abad

Jembatan gantung Morbi dibangun pada masa pemerintahan Inggris sekitar tahun 1900 dengan panjang 230 meter dan lebar hanya 1,25 meter. Selama beberapa dekade, jembatan telah menjadi objek wisata populer di kota.

Jembatan ditutup selama enam bulan renovasi pada bulan April, menurut direktur pelaksana Oreva, produsen peralatan listrik yang berbasis di Gujarat yang mengawasi pekerjaan pemeliharaan. Selama upacara pembukaan kembali pada 26 Oktober, kepala eksekutif mengatakan kepada wartawan bahwa struktur tersebut tidak akan membutuhkan pekerjaan besar selama 10 tahun.

Namun, kecelakaan ini adalah bukti bahwa pernyataan sutradara itu salah.

5. India membentuk komisi penyelidikan khusus

Sebuah komisi penyelidikan khusus beranggotakan lima orang telah dibentuk untuk menyelidiki insiden itu, kata Menteri Dalam Negeri Gujarat Sanghavi pada 31 Oktober. Operasi pencarian dan pemulihan oleh ratusan personel dari tim bantuan bencana negara bagian dan nasional serta Angkatan Darat India sedang berlangsung.

Sembilan orang telah ditangkap dan sedang diselidiki atas pembunuhan dan semua tersangka terkait dengan Oreva. Mereka termasuk dua manajer, dua agen tiket, dua kontraktor dan tiga penjaga keamanan.

Pencarian korban jembatan gantung yang runtuh di India terus berlanjut.  Penyelam terus mencari mayat korban yang jatuh ke sungai.Pencarian korban jembatan gantung yang runtuh di India terus berlanjut. Penyelam terus mencari mayat korban yang jatuh ke sungai. Foto: Reuters

6. Kabel jembatan lama tidak diganti

Dokumen Oreva mengungkapkan bahwa beberapa kabel jembatan belum diganti atau masih kabel lama.

7. Oreva tidak memberi tahu pihak berwenang tentang pembukaan jembatan

Saat jembatan dibuka, Oreva tidak memberi tahu pihak berwenang tentang pembukaan kembali lokasi wisata ini. Dan perusahaan juga tidak mengeluarkan sertifikat keamanan.

Tonton video “Ada 400 orang di jembatan runtuh di India, pencarian semakin intensif”
[Gambas:Video 20detik]
(sim/sim)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button