Berita Wisata

7 Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Day Trip Batam-Singapura

TEMPO.CO, Batam – Meskipun hanya satu hari, ini adalah hari libur perjalanan sehari Pergi ke Singapura tetap membutuhkan persiapan yang matang. Ini hanya agar perjalanannya berkualitas dan lancar.

Liburan bersama perjalanan sehari di Singapura hal ini sering dilakukan oleh warga Kota Batam. Memang kota ini sangat dekat dengan Singapura yang aksesnya melalui jalur laut hanya membutuhkan waktu 45 menit. Warga Batam biasanya berangkat pagi dan pulang sore.

Perjalanan sehari Anda tidak perlu melakukannya dengan agen perjalanan resmi, tetapi Anda bisa melakukannya sendiri. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

1. Paspor

Wisatawan yang bepergian ke luar negeri harus memiliki paspor aktif. Imigrasi di Singapura terkenal sangat ketat. Bahkan setelah verifikasi, foto paspor cocok dengan wajah pemiliknya. Disarankan agar ID foto menjadi foto terbaru. Turis Indonesia sendiri bisa lebih leluasa masuk karena mendapat Singapore bebas visa.

2. Uang kertas dolar Singapura

Transaksi di Singapura tentunya menggunakan mata uang dolar Singapura. Traveler juga bisa menukarkan uang di Singapura. Namun, untuk menghemat waktu, sebaiknya menukar uang di Indonesia sehari sebelum Anda berangkat.

3. Rencana perjalanan

Rencana perjalanan sangat penting saat bepergian perjalanan sehari di Singapura. Meski luas negara ini hanya dua kali lipat dari Kota Batam, namun banyak destinasi yang bisa dikunjungi.

Dua turis di Singapura menunggu kedatangan MRT. TEMPO/Yogi Eka Sahputra

Pertimbangkan setiap tujuan dengan waktu tempuh dan waktu pulang agar tidak ada cerita ketinggalan kapal dalam perjalanan pulang. Tidak hanya rencana perjalanan tujuan, ada baiknya juga merencanakan tempat makan siang.

4. Lengkapi ICA Singapura

Sebelum masuk ke Singapura, wisatawan diharuskan mengisi formulir ICA di situs yang diisi dengan data diri hingga status kesehatan wisatawan. Setelah pengunjung melengkapi formulir ICA, data secara otomatis dikirim ke email.

5. Power Bank

Perjalanan sehari ke Singapura sangat sulit bagi wisatawan untuk menemukan tempat tujuan pengisian ponsel cerdas atau perangkat elektronik lainnya. Selain itu, akses ke semua tujuan wisata di Singapura dapat dilakukan dengan MRT atau bus. Wisatawan sangat disarankan untuk membawa Bank Daya sebagai cadangan.

6. Pembersih tangan dan masker

Selama masa pemulihan dari pandemi Covid-19, Singapura mengimbau wisatawan untuk tetap memakai masker dan membawa hand sanitizer pribadi. Di sejumlah titik, Singapura justru menawarkan tempat cuci tangan.

7. Paket internet roaming internasional

Saat wisatawan melintasi perbatasan Indonesia dan Singapura, jaringan internet di Indonesia tidak bisa lagi digunakan. Statusnya dalam keadaan jelajah. Wisatawan harus membeli paket internasional khusus dari masing-masing pemasok sebelum berangkat ke Singapura.

Itulah beberapa tips dan hal yang harus dipersiapkan jika ingin mencoba perjalanan sehari dari Singapura ke Batam. Terlepas dari semua persiapan tersebut, hal terpenting bagi wisatawan adalah mempersiapkan fisik untuk menjelajahi Negeri Singa.

Baca juga : Mencoba One Say Trip ke Singapura, Kebiasaan Akhir Pekan Orang Batam

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terbaru dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram http://tempo.co/. Klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button