Tempat Wisata

7 kafe populer di Salatiga yang nyaman untuk nongkrong

Kota Salatiga merupakan salah satu tujuan wisata di Jawa Tengah. Selain menawarkan berbagai tempat wisata, juga wisata kuliner. Tak heran banyak kafe dengan tema berbeda bermunculan. Tidak hanya menyenangkan untuk anak muda tetapi juga untuk keluarga. Bagi yang ingin menghabiskan waktu sekedar nongkrong, berikut 7 kafe di Salatiga yang bisa dijadikan tempat bersantai.

Suasana sejuk di kafeoleSuasana sejuk di kafeole. Foto: instagram/kafeole.salatiga

Berlokasi di Jalan Tentara Pelajar, kafe ini memiliki konsep kafe di taman. Sebagian besar area outdoor merupakan taman yang penuh dengan tanaman. Mulai dari bunga hingga pohon besar yang rindang. Meja dan kursi juga tersedia di taman bagi yang ingin menikmati suasana yang lebih alami. Di sisi lain, dengan konsep semi terbuka tanpa jendela dan pintu, sama nyamannya dengan di luar. Perbedaannya adalah bagian dalamnya lebih sejuk, apalagi jika datang di hari yang panas.

Untuk menunya ada menu Indonesia dan Western. Seperti Gado-Gado, Lasagna atau Caesar Salad Ole, porsinya cukup besar dan mengenyangkan. Jika ingin makanan yang lebih ringan, Anda wajib mencoba Shrimp Mayo dan Chocolate Fried Bananas yang menjadi menu spesial di Kafeole. Sedangkan minuman yang menjadi favorit adalah coklat milkshake,
Strawberry Milkshake dan Wedang Uwuh yang bisa diminum hangat-hangat.

Baca: Tiket dan Wahana ELING BENING

Kopi Klepon spesial dari Aromaa CafeKopi Klepon spesial dari Aromaa Cafe. Foto: Instagram/aroma_coffee

Kafe ini memiliki area indoor yang cukup luas dengan konsep nyaman dan hangat layaknya rumah sendiri. Meja dan kursi terbuat dari kayu dan besi, serta dinding bata ekspos mendominasi interior kafe. Meski berada di jalan utama yang ramai, suasana di dalam kafe tetap tenang dan nyaman. Kamarnya tidak terlalu luas tapi tetap terasa luas. Cahaya masuk tanpa hambatan melalui jendela kaca besar di bagian depan.

Untuk bersantap, kafe ini menyajikan beragam menu, baik masakan Indonesia maupun masakan Indonesia film barat, seperti Nasi Goreng khas Aromaia, Krispie Buttermilk Burger, Chicken Cheese Aglio Olio, Sate Rembiga dan Tuna Dabu-dabu. Jika ingin yang lebih ringan, Anda bisa memesan Crispy Chicken Skin yang gurih atau Chewy Soft Cookies yang manis. Kemudian untuk minuman spesial dari kafe ini adalah Klepon Coffee dan Speculoos Frappe.

deretan bangku kafe yang menghadap ke jalanSuasana kafe dengan kursi bangku dan dekorasi tanaman hias. Foto: Google Maps/ Anisti R. Rahardjo

Berlokasi di Jalan Kartini, Salatiga, kafe yang satu ini mengusung konsep garden café dengan interior semi outdoor. Tidak ada jendela di kafe ini. Meja dan kursi untuk pengunjung ditata dalam ruangan luas yang menghadap ke taman di bagian belakang kafe. Udara dan cahaya masuk dengan leluasa dari luar, dengan siluet indah tanaman gantung dan taman vertikal di malam hari.

Seperti namanya, kafe ini menyajikan banyak hidangan berbahan dasar cokelat, terutama pada menu minuman dan makanan ringan. Yang istimewa tentu saja minuman utama Soklatok yaitu Soklatok Premium. Ada juga dessert yang sangat populer yaitu Choco Cheese Cake Pudding dan Choco Taro Pudding.

Bagi yang kurang suka coklat bisa memesan menu lain seperti banana ngangkang dengan es krim, tropical juice, ginger-lemon tea atau salad buah. Sedangkan untuk makanan berat tersedia iga Dimadu, Soklatok steak, dan ayam tumbuk.

Menu sarapan favorit di Pinog CoffeeMenu sarapan favorit di Pinog Coffee. Foto: instagram/pinogcoffee.salatiga.

Kafe ini terletak di gedung dua lantai di Jalan Nakula Sadewa Raya. Ada interior ber-AC di lantai pertama yang bebas rokok. Di lantai dua terdapat ruangan outdoor yang didesain khusus untuk perokok. Dengan dekorasi dan furnitur kayu serta pernak pernik etnik di setiap dindingnya.

Untuk bersantap, kafe ini menyajikan beragam menu mulai dari Chicken Twister, Devil’s Egg Rice, Chicken Wrap hingga Lasagna. Untuk makanan yang lebih ringan, cobalah croffle,
Wafel stroberi dan roti panggang telur. Sebagai teman minum, cobalah yang segar dan spesial dari Pinog Coffee yaitu Fruit Punch dan Asinan Bogor.

Makanan gorengan modern dalam mix platter di Langit Senja CafeMakanan gorengan modern dalam mix platter di Langit Senja Cafe.

Langit Senja Cafe merupakan salah satu street cafe di Salatiga yang cozy dan viewnya bagus. Terletak
Jalan Kutowinangun Kidul berada tepat di bawah kaki Gunung Merbabu. Dengan kontur yang naik turun, membuat pemandangan di sekitar kafe tidak biasa.

Kafe ini mengusung konsep rumah kaca dan menawarkan pemandangan hijau 360 derajat langsung dari tempat duduk pengunjung. Belum lagi udara sejuk dan menyegarkan yang membuat betah berlama-lama semakin menyenangkan.

Menunya cukup lengkap. Untuk cemilan bersama teman bisa pesan mulai dari Chocolate Fried Banana dengan cita rasa lokal hingga Matcha Waffle dengan nuansa Western. Jika ingin gorengan dengan tampilan yang lebih kekinian, pesan saja Mix Platter yang menyajikan gorengan yang disajikan dalam keranjang cantik yang Instagrammable. Untuk minumannya, kamu wajib mencoba yang spesial dari kafe ini, yaitu Grandpa Coffee Cream dan Coco Beericano.

Bir kopi legendaris dijual di Waroeng LawasBir kopi legendaris dijual di Waroeng Lawas.

Seperti namanya, kafe ini memiliki konsep lama. Terlihat dari pemilihan furnitur dan dekorasi interior. Pengunjung bisa melihat koleksi barang lawas yang cukup lengkap, mulai dari ponsel hingga motor antik. Semua dipamerkan dan dirawat dengan baik. Ada juga studio musik lawas yang biasanya menjadi tempat live music.

Berlokasi di Jalan Patimura, Salatiga, kafe ini menyajikan makanan khas Indonesia yang jarang ditemukan di tempat lain. Misalnya Nasi Tumpang Koyor, Ayam Gendar Pecel Rica atau Nasi Pecel Peyek. Meski makanannya sebenarnya sederhana karena sulit ditemukan saat ini, kafe ini selalu dipadati orang yang ingin bernostalgia.

Jangan lewatkan mencoba kue lawas seperti Proll Tape, Banana Caramel atau Roti Bakar kacang. Kue-kue ini sangat cocok dinikmati dengan minuman khas kafe yaitu Vanilla Coffee dan Coffee Beer yang merupakan bir lokal legendaris non-alkohol.

Sehari di Jawa, minuman khas di Kalimera CoffeeSehari di Jawa, minuman khas di Kalimera Coffee.

Salah satu kedai kopi yang wajib dikunjungi para pecinta kopi di Salatiga adalah Kopi Kalimera. Menawarkan menu kopi spesial yaitu A Day in Java. Perpaduan bumbu dan kopi yang menyatu satu sama lain, antara kunyit dan asam jawa dengan kopi arabika. Selain itu, ada minuman non-kopi populer lainnya seperti Black Peach dan Red Pineapple. Untuk menemani minuman tersebut, pesanlah makanan khas seperti nasi goreng dan mie goreng Kalimera, roti bakar telur, dan steak ayam di kafe ini.

Kafe yang terletak di Jalan Seruni, Salatiga ini mengusung konsep modern minimalis. Dengan ruangan yang tidak terlalu besar, yang hanya mampu menampung tujuh meja, pengelola memilih furniture yang simpel dan modern, sehingga membuat suasana tidak sumpek dan lebih lega. Dinding kaca yang tembus pandang ke luar terlihat lapang dan tidak membosankan. Cahaya yang leluasa masuk ke dalam kafe membuat suasana semakin hangat dan membuat pengunjung betah di akhir pekan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button